Berita Wisata

Jalan-jalan ke pantai Trenggalek? Cobalah 6 kuliner khas Munjungan

Kabupaten Trenggalek terkenal dengan wisata pantainya yang indah. Pantai selatan jawa terkenal dengan keindahannya yang selalu bersih dan asri, salah satunya di kabupaten Munjungan.

Jika Anda berwisata ke Trenggalek, coba saja makanan khas Munjungan. Makanan ini terkenal enak dan nikmat, sangat cocok untuk menemani wisata kuliner anda.

Sekilas munjungan, kawasan ini merupakan kecamatan terluas di Kabupaten Trenggalek. Kecamatan Munjungan memiliki luas wilayah 154,80 kmĀ².

Kecamatan Munjungan terdiri dari 11 desa yaitu desa Munjungan, Tawing, Bendoroto, Bangun, Karangturi, Besuki, Masaran, Craken, Ngulungkulon, Ngulungwetan dan Sobo.

Beberapa pantai yang terkenal di kabupaten ini adalah Pantai Blado Masaran, Pantai Ngulungwetan, Pantai Ngadipuro, Pantai Kebo, Pantai Kapulogo, Pantai Rajaan, Pantai Panehan dan masih banyak lagi.

Di sekitar pantai juga terdapat berbagai warung makan khas Munjungan. Selain kuliner di sekitar pantai, Anda juga bisa mencicipi berbagai kuliner khas Munjungan.

Iklan – geser untuk melanjutkan membaca

Menurut akun Instagram

Jalan-jalan ke pantai Trenggalek?  Cobalah 6 kuliner khas MunjunganSego Thiwul Sambel Plelek/ Foto: @vhe.veronicaa

@wisatamunjungan kuliner tradisional Munjungan seperti Sego Thiwul Sambel Plelek, Bothok, Punten dan masih banyak lagi. Simak ulasan berikut ini:

1. Sego Thiwul Sambal Plelek

Sego atau nasi yang terbuat dari singkong (berupa singkong kering) sudah sangat dikenal masyarakat Trenggalek. Nasi ini rasanya gurih dan enak. Apalagi kalau nasi thiwul dimakan dengan sambal plelek, pasti lebih nikmat.

Rasa nasi yang gurih dan pedasnya sambalnya membuat lidah Anda bergolak. Jika cuaca sedang hujan, makan nasi tiwul selagi masih hangat akan menambah nikmatnya.

2.Botok

Keduanya bagusBothok/Foto: Kelana Makan

Bothok adalah makanan olahan yang dibungkus dengan daun pisang dan diberi taburan kelapa muda yang dibumbui. Isian untuk bothok sangat beragam, seperti ikan, ayam, sayuran, dan tempe.

Orang juga biasa menyebut bothok dengan istilah geneman. Karena makanan ini dikukus maka bumbu yang digunakan akan meresap dan menambah cita rasa masakan.

Rasa bothok yang gurih akan cocok sebagai lauk. Masakan ini lebih afdol jika dinikmati saat masih panas dan nasinya masih panas juga.

3 poin

TitikItem/Foto: Cookpad

Punten dimasak dari beras yang dimasak dengan santan, daun salam dan garam. Caranya sama seperti membuat jadah jadah. Setelah ditembakkan, kemudian dipalu dan dicetak hingga membentuk persegi.

Orang biasa memodifikasinya dengan menambahkan parutan singkong kemudian dikukus dan ditumbuk bersama.
bahan – bahan lainnya. Rasanya gurih dan lezat.

Beberapa orang membuat versi manis dengan tambahan gula merah, tapi tidak menggunakan bahan nasi. Biasanya orang memanggilnya gethuk.

4. Singkong rebus

singkong rebusSingkong rebus / Foto: Cookpad

Singkong rebus merupakan jajanan Ndeso yang sudah lama disantap penduduk setempat. Cara membuatnya mudah. Rasanya yang lezat membuat singkong rebus terus diminati masyarakat.

Singkong rebus biasanya disajikan dengan sambal untuk menambah rasa pedas dan asin. Namun, jika Anda tidak menyukai sambalnya, Anda bisa menggantinya dengan sayuran lain. Kuliner, ini akan lebih nikmat jika disantap saat masih suam-suam kuku.

5. Kompot singkong

Kompot singkongKolak singkong/ Foto: @yulianaling (Instagram)

Kompot singkong dapat dianggap sebagai makanan dan minuman. Disebut makanan karena ada singkong rebus yang bisa bikin kenyang. Kemudian dikatakan sebagai minuman karena mengandung air yang manis dan menyegarkan.

Kompot ini terbuat dari singkong yang direbus kemudian ditambahkan gula. Bisa gula merah atau gula pasir. Namun ada juga yang direbus dengan air badek. Rasanya yang gurih dan manis seakan menangkis udara dingin saat musim hujan.

6. Menir sayuran

Menir sayuranMenir Sayur/ Foto: Cookpad

Sayur Menir atau Jangan Menir (Jawa menyebut sayuran “jangan”) adalah sayuran yang terbuat dari sayuran hijau dan kemudian ditambahkan menir (nasi kecil). Biasanya sayuran yang digunakan adalah daun bayam dan daun labu muda.

Menir sayur biasanya disantap saat masih panas. Sajian kuliner ini disantap dengan nasi dan kuah jahe. Rasa menir yang segar, gurih dan pedas dapat memanjakan mulut Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button