Berita Wisata

Jalur Wisata Gunung Dempo Pagar Alam Diterapkan Sekali Jalan

TIMESINDONESIA, PAGAR ALAM – Satuan Lalu Lintas Polres Pagar Alam akan memberlakukan jalur (sekali jalan) menuju kawasan wisata Gunung Dempo pada malam tahun baru 2023.

Penataan satu jalur itu untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan tersebut yang semakin meningkat menjelang pergantian tahun baru.

“Rute menuju kawasan wisata Gunung Dempo akan kami rancang. Beberapa titik jalan hanya digunakan sebagai jalur naik atau turun,” kata Kapolres Pagar Alam Polda Sumsel AKBP Arif Harsono melalui Kepala Satuan Lalu Lintas AKP Ahmad Yani, Senin 12/ 26/2022).

Berdasarkan pengalaman sebelumnya, menurut Yani, kunjungan wisatawan untuk menikmati pemandangan perkebunan teh di tempat ini diharapkan meningkat.

Dengan kondisi tersebut, lanjut Yani, kendaraan wisata baik lokal maupun asing menumpuk di jalan menuju beberapa kawasan wisata Gunung Dempo.

“Kemacetan akan terjadi karena arus lalu lintas penuh, terutama pada puncak malam tahun baru,” katanya.
Yani mengatakan, pihaknya akan melihat situasi di Gunung Dempo untuk melihat apakah bisa diterapkan satu arah dan melakukan pemenggalan kepala di jalan untuk menghindari kemacetan lalu lintas.

“Khusus di kawasan objek wisata, jika terjadi kemacetan akan dibuatkan jalur,” ujarnya.

Dikatakannya, di Gunung Dempo ada tiga tempat yang menjadi perhatian karena memiliki pariwisata terbanyak. Yakni di simpang Manna, Simpang Susun Tanjung Payang dan Simpang Tegur Wangi.

Untuk mengantisipasi kemacetan di kawasan Pagar Alam, kata Yani, Polres Pagar Alam akan menyiagakan 360 personel gabungan bersama TNI, Pemprov DKI, Dishub, Pol PP dan mitra dari kepolisian.

“Selain objek wisata Gunung Dempo, Polres Pagar Alam telah menetapkan empat titik rawan kemacetan lainnya selama liburan Nataru,” pungkasnya.

**) Ikuti berita terbaru KALI Indonesia di berita Google

Klik link ini dan jangan lupa follow.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button