Tempat Wisata

Jam buka Gento: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tidak ada alasan untuk meragukan keindahan alam Kabupaten Merangin. Berbagai tempat wisata alam tersebar di kabupaten di kota Bangkok. Selain wisata alam, Merangin juga menawarkan banyak destinasi menarik. Salah satunya adalah jam Gento yang menjadi landmark kota Bangkok.

Jam Gento sudah menjadi ikon dan menjadi bagian penting dari kota Bangkok. Di menara ini wisatawan bisa mengagumi keindahan kota Bangkok yang terlihat indah dari ketinggian. Tak heran jika tempat wisata ini juga semakin ramai dikunjungi anak muda yang sedang asyik menghabiskan waktu. Menara ini juga menawarkan spot foto yang menarik dengan sudut dan pemandangan yang berbeda.

Jam Gento

Secara administratif, Jam Gento berada tidak jauh dari Pasar Bangko, Kota Bangko, Kabupaten Merangin. Dengan lokasinya yang berada tepat di pusat kota dan tepat di pinggir jalan, menara ini mudah ditemukan wisatawan. Akses ke menara juga dipermudah oleh wisatawan dengan banyaknya pilihan transportasi.

Jam Gento tidak hanya dikenal sebagai landmark kota Bangkok, namun kini juga menarik wisatawan tidak hanya dari daerah. Jumlah pengunjung menara ini juga semakin hari semakin meningkat. Tak hanya kalangan muda, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa yang tertarik menikmati pemandangan dari menara jam ini.

Pesona jam tangan Gento

Bertengger di puncak bukit yang strategis, Jam Gento dibangun sekitar tahun 2001 di bawah kepemimpinan Bupati Rotani Yutaka. Bangunan menara lonceng ini dulunya digunakan sebagai penunjuk waktu sholat dan siaran Radio Suara Rakyat Merangin. Namun sangat disayangkan masyarakat Merangin tidak lagi dapat mendengar siaran radio tersebut.

Seiring berjalannya waktu, jam tangan Gento terbengkalai dan tidak terawat. Banyak bagian bangunan yang rusak, lampu tidak menyala dan jarum jam tidak berputar. Selain itu, di sekitar Jam Gadang juga sering dijumpai pemuda-pemuda yang melakukan perbuatan cabul dan juga warga setempat menemukan pemuda-pemuda yang sedang mabuk.

Jam Gento

Tentu hal ini sangat meresahkan warga sekitar, karena bangunan yang memiliki nilai sejarah dan menjadi sarang maksiat sebagai landmark kota Bangkok. Namun kini jam tangan Gento telah berubah wajah setelah dilakukan renovasi yang menghabiskan dana APBD hingga Rp. 4 miliar pada tahun 2016.

Kesan sepi dan suram kini hilang dan digantikan dengan bangunan menara baru berlantai tiga. Selain itu, beberapa fasilitas baru telah ditambahkan pada jam Gento, yang akan menambah kenyamanan para wisatawan. Di lantai satu menara, wisatawan akan menemukan gazebo.

Sedangkan lantai dua digunakan sebagai pusat informasi, museum dan toko souvenir. Dan di lantai paling atas, wisatawan bisa menikmati pemandangan kota Bangkok dari sana. Bangunan baru Jam Gento terlihat lebih modern dari bangunan lama, namun sayangnya beberapa relief di dinding sudah tidak terlihat lagi.

Dari puncak Menara Jam Gento, wisatawan bisa menikmati berbagai pemandangan indah yang ditawarkan kota Bangkok. Seperti Jembatan Batang Merangin, Masjid Raya Baitul Makmur, deretan perbukitan hijau dan lainnya. Pengunjung bisa puas menikmati panorama indah sambil merasakan semilir angin sepoi-sepoi.

Pada sore hari pun, pengunjung yang datang ke Jam Gento semakin banyak. Seolah menjadi daya tarik baru di Kota Bangkok, menara lonceng ini juga menjadi tempat populer untuk menyaksikan indahnya matahari terbenam. Saat bulan Ramadhan, tempat ini juga menjadi tujuan wisatawan yang nongkrong dan menunggu adzan Maghrib.

Sistem jam Gento

Meski pembangunan Jam Gento belum sepenuhnya selesai, namun sudah banyak fasilitas yang bisa digunakan pengunjung. Ada toilet, tempat parkir dan tempat sampah juga disediakan. Rencananya, beberapa fasilitas seperti taman dan pusat informasi wisata akan ditambahkan ke depannya.

Sepanjang waktu dari Gento juga terdapat beberapa pusat kuliner yang bisa dikunjungi wisatawan. Selain itu, juga terdapat pasar yang tidak jauh dari lokasi menara sehingga memudahkan wisatawan untuk mencari kuliner khas Kabupaten Merangin.

Di kota Bangkok yang strategis, wisatawan bisa menemukan banyak penginapan dan hotel. Tentunya bagi wisatawan dari luar kota yang ingin menjelajahi keindahan Kabupaten Merangin, fasilitas ini sangat melegakan.

Baca juga: Taman Hestis, taman bunga warna-warni di Kabupaten Merangin

Untuk menikmati keindahan Merangin, kunjungilah jam Gento yang juga menjadi landmark kota Bangkok. Berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di menara ini.

Menikmati panorama alam

Jika Anda berkunjung ke Gento Clock, Anda bisa menikmati indahnya panorama alam kota Bangkok dari ketinggian. Pemandangan yang luas dengan area hijau pepohonan dan perbukitan menjadi pemandangan yang menarik. Anda dapat bersantai, menghabiskan waktu, menyegarkan diri dan menghilangkan rasa lelah. Berbagai landmark seperti Jembatan Batang Merangin dan Masjid Raya Baitul Makmur juga bisa dilihat dari atas menara.

Tak hanya pemandangan alam yang mempesona di sekitar Anda, Anda juga bisa merasakan suasana asri dan lestari karena menara lonceng ini berada tepat di atas bukit. Anda bisa berlibur bersama teman atau kerabat dekat dan menikmati suasana yang ditawarkannya. Saat senja tiba, sunset yang indah juga tersaji di jam tangan Gento ini.

berburu foto

Pemandangan alam yang ditawarkan Gento Clock juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta foto. Banyak pengunjung yang datang untuk mengabadikan keindahan alam kawasan tersebut dari atas menara. Wisatawan juga akan terpuaskan, karena banyak pemandangan menarik yang bisa difoto dari berbagai sudut.

Selain itu, megahnya Bell Tower yang menjadi simbol kota Bangkok juga menarik perhatian para pecinta fotografi. Wisatawan bisa menggunakan menara ini sebagai background foto. Selain itu, banyak juga yang memotret tower ini dengan drone. Keagungan menara semakin terlihat, menyatu dengan hijaunya perbukitan saat difoto dari udara.

Biaya masuk ke jam Gento

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Gento

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Baca juga: 235 Tempat Wisata di Jambi Paling Menarik dan Wajib Dikunjungi

Peta lokasi jam Gento

Tips perjalanan di Jam Gento

  • •Datanglah pada sore hari karena sore hari merupakan waktu yang tepat untuk menikmati sunset dan keindahan kota Bangkok.
  • •Selalu berhati-hati di menara karena jam gento ini cukup tinggi.
  • • Wisatawan dilarang melakukan asusila di menara.
  • •Kami berharap agar wisatawan selalu menjaga bangunan yang menjadi landmark kota Bangkok ini.
  • •Buanglah sampah pada tempatnya agar sampah yang berserakan tidak merusak keindahan menara.

Galeri foto jam Gento

Jam Gento
Potret udara dari jam Gento
Bersepeda ke jam Gento
Potret Masjid di dekat jam Gento
Potret keindahan Jam Gento
Jam Gento saat matahari terbenam

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button