Berita Wisata

Jatigede menjadi mercusuar pariwisata Sumedang, tak kalah dengan destinasi lainnya

sumedang, JATIGEDE – Destinasi wisata dengan pemandangan alam sekitar Waduk Jatigede Kabupaten Sumedang sangat menakjubkan.

Pesona pemandangan alam Waduk Jatigede, dilihat dari sejumlah titik atau tempat, tidak kalah dengan bentang alam wilayah Indonesia lainnya.

Destinasi wisata ini kini banyak dikunjungi masyarakat dari berbagai daerah. Banyak juga fotografer yang mengabadikan destinasi wisata di sekitar Waduk Jatigede dalam bingkai foto.

Ada beberapa pemandangan alam di sekitar Waduk Jatigede yang memiliki daya tarik dan daya tarik wisata serta indah untuk diabadikan dalam foto. Diantaranya, kawasan Masjid Al Kamil dan Menara Kembar Kujang.

Meski pembangunannya belum 100% selesai, namun kawasan Masjid Al Kamil dan Menara Kembar Kujang ditetapkan menjadi mercusuar wisata di Sumedang.

Dibangun di kawasan desa Jemah Jatigede, tepatnya di pesisir Waduk Jatigede, kawasan ini memiliki keindahan yang luar biasa jika dilihat dari berbagai sudut.

Kawasan Masjid Al Kamil hasil maestro arsitek yang juga Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil ini diselimuti nuansa hijau alami Sumedang dan hamparan air dari Waduk Jatigede. Tempat ini akan menjadi objek wisata di Jawa Barat.

Pengunjung turis dan pecinta foto mengatakan bahwa kawasan ini seperti bukit di Swiss atau Swiss.

“Ini tur yang cukup mengesankan. Saya tinggal di Jakarta, setiap pulang saya selalu mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekitar Waduk Jatigede. Salah satunya Masjid Al’Kamil,” kata salah satu pengunjung Dadang, Rabu (11/9).

Juga kawasan wisata Tanjung Duriat. Kawasan wisata dengan konsep taman di tepi pantai Waduk Jatigede ini memiliki pesona yang tidak kalah dengan destinasi wisata lainnya di Jawa Barat.

Kawasan Tanjung Duriat dilengkapi dengan spot selfie dengan latar belakang Waduk Jatigede yang indah. Tempat ini juga kini menjadi tempat favorit untuk kunjungan keluarga dan wisata selfie.

Keindahan Tanjung Duriat sering dieksplorasi oleh para fotografer untuk mendapatkan foto yang indah.

Banyak fasilitas yang tersedia di kawasan Tanjung Duriat, termasuk kafe yang autentik.

Lalu ada satu lagi, kawasan wisata Buricak Burinong yang terletak di Cisema, Desa Pakualam, Kecamatan Darmaraja. Di kawasan ini, pengunjung bisa menikmati indahnya hamparan air Waduk Jatigede sambil mencicipi kelezatan kuliner Nasi Liwet, ikan bakar dan air kelapa muda.

Setelah membangun pusat kuliner dan fasilitas lainnya, kawasan Buricak Burinong kini menjadi destinasi wisata favorit di Sumedang.

Tiket masuk ke area ini sangat nyaman. Pengunjung juga bisa menyewa perahu untuk berlayar ke tengah waduk.

“Saya juga berkunjung ke desa Tanjung Duriat dan Buricak Burinong, saya kira wisata di sekitar waduk bisa berkembang, tinggal finalisasi konsep pengelolaannya saja,” ujarnya.

Apalagi kini bermunculan wisata baru di Desa Pajagan, destinasi wisata yang menjual keunikan ribuan kincir angin berwarna indah. (eri)

Baca juga: Tim Pengabdian FK UPI Gelar Pelatihan PTK dan Penulisan Makalah Melalui Strategi 4 CS

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button