Berita Wisata

Jelajahi Gua Nan Panjang, destinasi wisata alam di Simarasok

LANGIT7.ID, Jakarta – Gua Nan Panjang adalah salah satu tempat wisata alam di Desa Wisata Simarasok, Kecamatan Baso, Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Gua ini memiliki pemandangan yang sangat indah dengan adanya stalaktit dan stalagmit di dalamnya.

Gua Nan Panjang juga memiliki ketinggian sekitar 20 meter dengan lebar sekitar 15 meter, atraksi yang bisa dilakukan di goa ini adalah edukasi tentang jenis-jenis batuan yang ada di dalam goa, panjat tebing, sin.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Simarasok, Cahpten menjelaskan, wisatawan bisa masuk ke goa tersebut menggunakan perahu kayu berkapasitas enam hingga tujuh orang dengan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan pulang pergi.

“Di dalam goa, wisatawan juga bisa menemukan sumber air panas yang bisa dinikmati, selain keindahan stalaktit dan stalagmit yang berkilauan,” kata Cahpten kepada Langit7 saat dihubungi, Minggu (30/10/2022).

Baca juga: Labuan Bajo menjadi favorit para traveller, biro perjalanan menawarkan harga bersaing

Menurutnya, di kawasan gua, wisatawan juga bisa merasakan nuansa alam atau menyatu dengan alam. Pasalnya, di dalam kawasan goa terdapat sungai, pepohonan yang rimbun dan suasana yang tenang karena jauh dari keramaian.

“Jadi kalau masuk goa harus pakai perahu karena jalur sungai, biayanya sekitar Rp 80.000 per orang. Biaya pengamanan sudah kami siapkan seperti pelampung, kantong lampu, pemandu dan sejenisnya,” dia berkata.

Chapten mengatakan bahwa pada kenyataannya gua ini panjangnya sekitar enam kilometer, tetapi wisatawan hanya bisa masuk sekitar satu kilometer. Namun, wisatawan sudah bisa melihat binatang seperti kelelawar jika beruntung.

“Jadi jarak enam kilometer itu hanya bisa ditempuh oleh warga sekitar, di mana goa nan panjang ini menghubungkan desa Simarasok dengan desa Tabek Panjang,” katanya.

(zhd)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button