Berita Wisata

Jelajahi Hutan Mangrove Pantai Cikadal di Geopark Ciletuh Sukabumi

SUKABUMIUPDATE.com – Bagi wisatawan yang berkunjung ke kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGp), jangan lupa mampir ke hutan mangrove di Desa Mandrajaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi. Spot ini berada tidak jauh dari Pantai Cikadal tepatnya di Rawa atau Alor Ciateul.

Untuk mencapai lokasi hutan mangrove tersebut, pengunjung bisa masuk dari arah Tamanjaya atau kantor kecamatan Ciemas, sekitar 26 kilometer menuju pantai Palangpang di desa Ciwaru. Kemudian melewati kantor desa Mekarsakti dengan kondisi jalan yang cukup baik, diselingi jalan beraspal, menuju desa Mandrajaya.

Dari kantor desa Mandrajaya yang jaraknya sekitar dua kilometer, Anda hanya bisa menuju ke lokasi hutan bakau. Naik kendaraan roda empat bisa memakan waktu sekitar satu jam, sedangkan kendaraan roda dua membutuhkan waktu sekitar 30 menit. Ada juga jalur alternatif kendaraan roda dua dari Balai RK yaitu melalui Jembatan Kisohir.

“Saat ini luas hutan mangrove sudah mencapai enam hektare,” kata Manajer Hutan Mangrove Cikadal Opick Ariosantos. sukabumiupdate.comKamis (15/12/2022).

Baca juga: Antisipasi Banjir Pesisir, Pantai Ciroyom Sukabumi Ditanam Mangrove

Opick mengatakan, selain bisa menikmati pemandangan Pantai Cikadal dengan spot di Pulau Mandra, Hutan Lindung Gunung Badak, pengunjung juga bisa menjelajahi hutan mangrove yang dalam. “Fasilitas penunjangnya perlu dibenahi. Jogging track di hutan mangrove sudah mulai rusak. Kalau ada warung, pengunjung bisa pesan makanan atau ikan bakar,” ujarnya.

“Masuk hutan mangrove itu gratis, tapi kalau pengunjung mau ke Pulau Mandra atau tempat lain sudah disiapkan perahunya,” kata Opick.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button