Berita Wisata

Jelang Nataru, polisi fokus mengamankan tempat wisata di Nusa Penida

Petugas Polsek Nusa Penida saat pengamanan objek wisata Crystal Bay. (BP/Gik)

SEMARAPURA, BALIPOST.com – Kawasan Nusa Penida mendapat pengawasan ketat keamanan jelang Natal dan Tahun Baru 2023. Polisi mulai mengamankan sejumlah tempat wisata di Nusantara yang selalu ramai dikunjungi wisatawan menjelang akhir tahun ini. Ini sebagai upaya pencegahan kejahatan, yang mungkin terjadi di tengah kesibukan kunjungan dan beberapa perayaan menyambut Natal dan Tahun Baru 2023.

Polisi rutin melakukan patroli di tempat-tempat wisata di Nusa Penida. Seperti yang dilakukan pada Selasa (13/12), petugas Polsek Nusa Penida secara khusus melakukan patroli di objek wisata Crystal Bay, Desa Sakti, Nusa Penida. Setiap turis, baik asing maupun nasional, mendapat perhatian khusus dan menawarkan tindakan pencegahan.

Plt Kapolres Nusa Penida AKP I Nyoman Suparwata, jelang Natal dan Tahun Baru 2023, pihaknya menegaskan wajib memberikan rasa aman kepada wisatawan dan warga sekitar. Sekaligus memastikan mereka datang ke Nusa Penida, itu untuk pariwisata, bukan untuk melakukan hal-hal yang berpotensi mengganggu keamanan kawasan. “Saat patroli juga kami tekankan kehati-hatian dengan kondisi cuaca sekitar dan urusan Anda sendiri. Jika menemukan sesuatu yang mencurigakan, segera laporkan ke petugas keamanan atau langsung ke Polsek Nusa Penida”, tegasnya.

Patroli juga dilakukan di sejumlah lokasi wisata lainnya. Polisi juga terus mengimbau warga dan wisatawan untuk tetap waspada selama berwisata di Nusa Penida dan bersama-sama membantu menciptakan situasi yang aman dan kondusif.

Di sisi lain, Satgas Operasi Pencegahan Cipta Aman Agung II 2022 dan anggota SSGS Samapta Polres Klungkung juga melakukan patroli ke sejumlah titik keramaian lainnya. Sasarannya adalah pusat perbelanjaan seperti Pasar Senggol, Pasar Galiran dan komplek pertokoan, serta jalan kaki melewati perkantoran, bank dan pemukiman padat penduduk, hingga Jalan Bypass Ida Bagus Mantra. KBO Sat Samapta Ipda I Gusti Lanang Ngurah menambahkan, patroli juga menyasar sejumlah tempat nongkrong remaja di malam hari.

Langkah-langkah antisipatif harus dilakukan di tempat-tempat umum tersebut, agar hingga akhir tahun ini situasi tetap aman dan kondusif. Untuk menghindari munculnya kismis, curan dan pencurian. “Dengan hadirnya polri di masyarakat, melakukan patroli antisipasi kerusuhan kamtibmas, untuk memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat saat melakukan kegiatan malam hari. Kami akan terus melakukannya. lakukan sesuai arahan manajemen,” kata Ipda I Gusti Lanang Ngurah. (Syariah/Balipost)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button