Tempat Wisata

Jembatan Barelang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Batam merupakan salah satu kota di Kepulauan Riau yang dikenal sebagai kota dengan berbagai destinasi wisata. Di Batam hampir secara eksklusif terdapat wisata sejarah, wisata religi, dan wisata alam.

Ditambah lagi pesona Jembatan Barelang, jembatan yang menghubungkan pulau-pulau di Kepulauan Riau, menawarkan keindahan yang mempesona setiap mata yang melihatnya. Bentuk jembatan yang megah dengan pemandangan yang menakjubkan di sekeliling jembatan menjadi pemandangan yang mempesona bagi setiap mata yang melihatnya.

Balerang mempunyai konsep jembatan yang menarik dengan model jembatan dan struktur jembatan mirip dengan model jembatan yang ada di Amerika dan Eropa. Hal ini juga diberkahi dengan pemandangan alam bawah jembatan yang mempesona berupa lautan panjang tak berbatas sehingga menjadi daya tarik tersendiri bagi Balerang.

Bepergian dan belajar tentang sejarah pada saat yang bersamaan

Saat Anda mengunjungi jembatan ini, Anda tidak hanya akan mendapatkan panoramanya saja, namun juga sejarah berdirinya jembatan ini. Perkembangan Jembatan Barelang diprakarsai oleh Presiden Indonesia ke 3 yaitu Prof.DR.Ing.BJ Habibie. Pembangunannya dilakukan pada masa menjabat Menteri Riset dan Teknologi pada tahun 1992 dan selesai pada tahun 1998.

Model dan struktur jembatan ini mirip dengan salah satu jembatan yang ada di San Francisco, AS, yaitu Jembatan Golden Gate. Proyek jembatan ini merupakan proyek besar yang melibatkan ratusan insinyur Indonesia dalam pembangunannya tanpa ada campur tangan insinyur asing.

Tujuan dibangunnya jembatan ini adalah untuk menyediakan fasilitas umum guna memudahkan akomodasi dan meningkatkan aktivitas industri di tiga pulau yang diberi nama jembatan tersebut. Artinya, wilayah otonomi kawasan industri di Kepri semakin luas.

Nikmati keindahan alam

Keindahan alam yang ditawarkan Balerang sudah tidak perlu diragukan lagi. melihat Jembatan Balerang Pemandangan megah laut tak berujung di bawahnya membuat kagum para wisatawan yang berkunjung ke objek wisata ini.

Anda bisa menikmati pemandangan indah ini dari mana saja. Namun dari sekian banyak cara menikmati Balerang, panorama yang paling indah dan sulit untuk dilupakan adalah menikmati Balerang dari atas perahu kayu yang melintasi laut di bawah jembatan. Sebab dari sudut inilah Balerang terlihat gagah dan menakjubkan.

Fasilitas di Jembatan Barelang

Fasilitas untuk menikmati panorama yang ditawarkan jembatan ini cukup lengkap. Anda bisa menyewa perahu kayu untuk menikmati Balerang di bawah jembatan sambil mengelilingi laut di bawah jembatan.

Selain itu, wisatawan yang ingin menikmati Balerang secara utuh bisa menikmati pemandangan Balerang dari Pantai Dendang Melayu karena pantai ini dilengkapi dengan deretan bangku yang bisa dijadikan tempat bersantai. Terdapat juga paviliun yang cukup luas di pantai ini.

Berburu Foto di Jembatan Barelang

Panorama indah yang ditawarkan Jembatan Balerang bisa menjadi objek foto yang tepat untuk setiap momen yang Anda abadikan. Anda bisa berfoto dengan latar belakang jembatan megah dan hamparan air laut tak berujung di bawahnya. Panorama yang menakjubkan ini menjadi subjek fotografi yang sempurna dan sayang sekali jika tidak diabadikan.

Akses ke Jembatan Barelang

Karena letak Balerang yang berada di pinggiran kota Batam, maka mengakses jembatan ini dengan kendaraan umum terbilang sulit. Mudah dijangkau jika menggunakan kendaraan pribadi. Namun jika ingin menggunakan angkutan umum seperti TransBatam, Anda harus beberapa kali berganti bus untuk sampai ke jembatan ini.

Baca juga: Hutan Wisata Cat’s Eye, Keunikan Kebun Binatang di Dalam Hutan

Tips Menuju Jembatan Barelang

Balerang merupakan kawasan wisata yang bisa digunakan untuk piknik keluarga. Untuk itu, ketika Anda berkunjung ke objek wisata ini, Anda bisa menyiapkan bekal piknik yang bisa Anda santap di Pantai Dendang Melayu sambil menikmati panorama Balerang dari bawah. Dan jangan lupa membawa kamera untuk mengabadikan momen selama berada di Balerang.

Jam buka Jembatan Barelang dan peta lokasi

Anda bisa mengunjungi Balerang kapan saja karena Balerang tidak memberlakukan jam buka dan tutup untuk menikmati objek wisata ini. Selain itu, Balerang juga tidak memungut biaya masuk bagi setiap wisatawan yang datang berkunjung. Jadi Anda bisa datang ke objek wisata ini kapan saja tanpa harus memikirkan biaya masuk.

Nah itu tadi ulasan singkat mengenai Jembatan Balerang, Kepulauan Riau. Tempat wisata ini bisa menjadi tempat wisata yang tepat untuk anda kunjungi bersama keluarga, saudara, sahabat ataupun kekasih. Saya harap ulasan ini merekomendasikan Anda.

Galeri Foto Jembatan Barelang

Potret Jembatan Barelang di Batam
Berburu Foto di Jembatan Barelang
Potret keindahan laut di bawah Jembatan Barelang
Naik perahu di bawah Jembatan Barelang
Sunset di Jembatan Barelang
Hunt Foto di Jembatan Barelang Malam Hari

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button