Tempat Wisata

Jembatan Teluk Kendari, jembatan ikon kebanggaan Sulawesi Utara

harga tiket: -, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: JL.Wr. Soepratman, Kota Kendari, Sulawesi Tenggara; map: Cek lokasi

Jika Anda pergi berlibur ke Teluk Kendari, Anda terlebih dahulu akan melewati jembatan yang terkenal itu. Jembatan yang baru diresmikan pada Oktober 2020 ini menjadi ikon baru di Provinsi Sulawesi Tenggara. Jembatan ini diresmikan langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Jembatan ini dibangun sebagai fasilitas untuk mendukung pengembangan Pelabuhan Bungkutoko dan kawasan Konawe yang dijadikan kawasan industri. Keberadaan jembatan ini dapat semakin mempermudah akses dan konektivitas dalam penyelenggaraan mobilitas, baik mobilitas barang dan jasa maupun mobilitas orang dapat lebih efisien.

Selain menunjang mobilitas, jembatan ini juga menawarkan panorama yang sangat indah. Dari atas jembatan ini Anda bisa melihat hamparan Teluk Kendari yang indah di dekatnya. Tentunya hal tersebut bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi siapa saja yang melewatinya.

Atraksi Jembatan Teluk Kendari

Atraksi Jembatan Teluk KendariKredit foto: Instagram SSC Indonesia Kendari

1. Panorama Keindahan Teluk Kendari

Sebagai penghubung antara kawasan Poasia atau kota tua yang dipisahkan oleh sebuah teluk, tampilan dari jembatan ini begitu indah. Menyeberangi jembatan ini berarti Anda sudah melewati teluk ini.

Keindahan yang bisa Anda lihat dari atas jembatan ini adalah segarnya hamparan air teluk serta indahnya tampilan pepohonan yang rimbun di sekitar teluk.

2. Keindahan perbukitan yang terlihat

Jembatan ini tidak hanya menawarkan keindahan luasnya air teluk dan pepohonan yang rimbun, tetapi juga keindahan perbukitan yang mampu memukau siapa saja. Meski jauh, bukit-bukit ini bisa membuat suasana di sekitar Anda semakin indah.

3. Waktu mengemudi hanya dalam 3-5 menit

Sebelum jembatan ini dibangun, bagi anda yang ingin menuju ke daerah lain di ujung setiap Teluk Kendari, anda harus berkendara sekitar 30-35 menit dengan jarak tempuh sekitar 20 menit. Perjalanan ini dilakukan dengan mengitari teluk yang indah ini. Anda tidak hanya bisa mengelilingi teluk, Anda juga bisa menyeberanginya untuk sampai ke ujung teluk.

Namun, setelah membangun Jembatan Teluk Kendari, Anda tidak perlu repot lagi berkeliling teluk, hanya melalui jembatan ini Anda bisa mencapai ujung teluk. Waktu yang dibutuhkan juga sangat sedikit, hanya membutuhkan waktu sekitar 3-5 menit saja. Tentunya hal ini dapat meningkatkan efisiensi waktu bagi Anda.

4. Jaraknya sangat jauh

Atraksi yang dimiliki Bay BridgeKredit foto: Instagram SSC Indonesia Kendari

Jembatan ini memiliki bentangan yang panjang dari ujung ke ujung. Total panjang jembatan ini diperkirakan mencapai 1,35 kilometer. Dengan bentangan yang begitu panjang, jembatan ini merupakan jembatan terpanjang ketiga di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Jembatan Pulau Balang.

Meski menempuh jarak yang jauh, jembatan ini terbukti merupakan konstruksi dengan kualitas keamanan yang baik. Hal ini juga dibuktikan dengan diperolehnya sertifikasi dari Bridge Safety Commission.

5. Memiliki keunggulan strategis

Pembangunan Jembatan Teluk Kendari bertujuan untuk mendukung dan memperlancar konektivitas kawasan Bungkutoko dan Pulau Proasia yang terletak di wilayah selatan Kota Kendari. Pembangunan jembatan tersebut dapat mengembangkan kawasan ini menjadi kawasan industri, kawasan pemukiman baru dan juga Pelabuhan Baru Kendari.

6. Terhubung dengan jalan lingkar

Daya tarik lain dari Jembatan Kendari yang ikonik adalah menghubungkan langsung dengan jalan lingkar luar bersama dengan Jalan Nasional di Kendari. Selain lokasinya yang menghadap ke perairan biru, menciptakan keindahan yang mempesona. Anda bisa melewati jalan ini sambil menikmati keindahan yang disuguhkan.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Jembatan TelukKredit foto: Facebook Masyhuri Arifin

Jembatan Teluk Kendari merupakan jembatan di Kabupaten Kendari, lebih tepatnya di Jalan Tinumbu. Untuk menuju kawasan ini Anda bisa berkendara dari jalan tol, jalur tol ini dianggap sebagai jalur terdekat dan tercepat yang bisa dilalui.

Jika Anda berada di daerah lain, Anda bisa mengambil jalur penerbangan untuk menuju Kota Kendari di Sulawesi Tenggara terlebih dahulu. Untuk perjalanan udara, Anda perlu menyiapkan anggaran lebih karena perjalanan yang akan Anda lalui tidak dekat.

Misalnya, jika Anda berada di Jakarta, Anda perlu mengambil penerbangan ke Sulawesi Tenggara. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju lokasi jembatan. Bahkan jika Anda memiliki anggaran besar untuk dibelanjakan, itu bisa sepadan dengan kepuasan yang akan Anda terima.

Karena kawasan jembatan ini tergolong baru bagi masyarakat, maka tidak ada biaya masuk. Oleh karena itu, mengunjungi tempat ini akan sangat menguntungkan Anda. Anda bisa menikmati semua keindahan Teluk Kendari secara gratis.

Dari jembatan ini Anda bisa mengunjungi teluk yang letaknya bersamaan dengan jembatan tersebut. Teluk ini juga bisa dikunjungi tanpa biaya masuk. Anda mungkin hanya dikenakan biaya penjaga standar atau biaya parkir dan biaya penggunaan beberapa fasilitas. Namun jangan khawatir, karena biaya yang akan dikenakan relatif murah.

Jembatan dan Teluk Kendari ini bisa Anda kunjungi kapan saja, bahkan di hari libur sekalipun. Jam juga 24 jam, Alias ​​tidak pernah tutup. Sehingga anda tidak terburu-buru untuk membuang waktu dan anda dapat menikmati keindahan objek wisata bahari tanpa adanya tekanan waktu. Anda bisa mengajak teman atau keluarga untuk berlibur bersama.

Aktivitas menarik di Jembatan Teluk Kendari

Aktivitas di Jembatan Teluk KendariKredit foto: Instagram Sugito Arisandi

1. Perjalanan perahu di teluk

Lokasinya di Teluk Kendari, Anda bisa menikmati perjalanan perahu melintasi teluk. Anda bisa berkeliling teluk dengan perahu sambil menikmati jernihnya air dan pemandangan jembatan yang terlihat indah dari bawah.

Selain itu, Anda juga bisa naik kapal feri yang sebelumnya digunakan untuk transportasi dari Kota Poasia ke Kota Lama dan sebaliknya. di depan Jembatan Teluk Kendari. Namun karena sudah ada jembatan, penggunaan feri sebagai angkutan penyeberangan mulai minim.

2. Berburu foto

Baik di jembatan maupun di teluk, kawasan ini menawarkan banyak tempat yang indah dan menarik untuk berpose dan berfoto. Didukung dengan latar teluk yang begitu mempesona, membuat Anda ingin terus mengabadikan momen liburan spesial di kawasan ini.

Di sini Anda akan mendapatkan banyak foto siap Instagram yang kemudian dapat Anda unggah ke media sosial pribadi Anda. Disarankan untuk datang dalam cuaca cerah karena air di teluk dapat memantulkan warna langit biru cerah dalam cuaca cerah. Selain itu, area ini terlihat begitu eksotis saat matahari terbenam sehingga terlihat indah di foto.

3. Jalan-jalan sambil menikmati keindahan teluk

Hiking di kawasan ini merupakan kegiatan sederhana yang sangat menarik dan menyenangkan. Di tahun 2020 ini kamu bisa mengusir kebosanan dengan jalan-jalan di sepanjang jembatan yang baru dibangun.

Sambil berjalan, Anda dapat menikmati pemandangan Teluk Kendari yang indah dan juga melihat kendaraan yang berlalu lalang, yang membuat Anda merasa lebih tenang setelah seharian bekerja keras di sekolah dan bekerja.

4. Berburu Kuliner

Di area sekitar teluk dan jembatan terdapat beberapa pedagang kaki lima dan kios yang menawarkan berbagai makanan khas daerah. Anda bisa menikmati makanan bercita rasa istimewa ditemani pemandangan indah kawasan ini.

Jika Anda datang pada sore hari, Anda juga bisa menikmati pemandangan malam yang eksotis nan romantis sambil menyantap berbagai makanan yang telah Anda beli. Hal ini tentunya bisa menjadi pengalaman berburu kuliner sambil menikmati keindahan alam yang menarik.

Fasilitas yang tersedia di area jembatan

Fasilitas di Area Jembatan TelukSumber gambar: Twitter muchlis a rofik

Fasilitas di Teluk Kendari dan Teluk Kendari cukup lengkap untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan pengunjung. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir mobil yang cukup luas di dekat teluk, sehingga tidak perlu bingung hendak memarkir kendaraan Anda di mana.

Bagi Anda yang beragama Islam, Anda tidak perlu khawatir untuk mencari tempat salat. Karena di kawasan ini sudah ada masjid yang juga menjadi icon Sulawesi Tenggara. Ada juga beberapa jajanan dan stand yang tidak jauh dari lokasi.

Selain itu, jika Anda merasa ingin buang air besar atau buang air kecil saat liburan, ada fasilitas toilet yang bisa digunakan pengunjung. Anda tidak perlu khawatir dengan kualitas kebersihan di area kamar mandi, karena kamar mandi di area ini sangat bersih.

Nah, itulah beberapa ulasan tentang kawasan wisata Jembatan Teluk Kendari yang baru. Anda bisa meluangkan waktu sejenak untuk mengunjungi tempat ini dan menikmati segala keindahan yang ditawarkannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button