Berita Wisata

Jeneponto punya kampung kopi, kamu bisa ngopi sambil menikmati keindahan alam: Okezone Travel

KABUPATEN Jeneponto di Sulawesi Selatan memiliki desa wisata kopi, tepatnya di desa Jenetallasa di kecamatan Rumbia.

“Desa Wisata Kopi Rumbia ini kami dirikan sejak tahun 2017 menggunakan lahan swakelola seluas tiga hektar,” kata Manajer Kampoeng Kopi Rumbia H Nasrun kepada Jeneponto, mengutip Di antara.

Menurutnya, di desa wisata ini selain bisa melihat langsung tanaman kopi dan proses pengolahan kopi hingga siap disajikan, Anda juga bisa menikmati panorama alam yang menawarkan udara segar pegunungan.

Infografis Desa Wisata

Salah satu destinasi unggulan Kabupaten Jeneponto, kata dia, adalah Kampoeng Kopi Rumbia karena di tempat ini juga terdapat area untuk menanam sayuran dengan kesuburan tanah yang sangat baik.

Sementara itu, untuk mendukung destinasi wisata kopi di Desa Rumbia, lanjutnya, sejumlah warga telah menyiapkan rumahnya sebagai host family bagi para pengunjung.

Baca juga : Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, catat tanggalnya!

Hal itu dibenarkan oleh salah satu pengunjung, Anita. Menurutnya, tempat wisata di kawasan ini juga bisa menjadi wisata edukasi, dengan pengenalan flora berbagai jenis kopi yang dikembangkan warga Desa Rumbia, termasuk mengunjungi lokasi perkebunan sayur yang dikembangkan warga setempat. .

Kampung kopi di Jeneponto

Menanggapi destinasi Kampoeng Kopi Rumbia, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Jeneponto Elly Isriani Arief mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi warga yang mampu mengembangkan destinasi wisata dengan sistem swakelola.

“Semakin banyak destinasi wisata, semakin besar peluang untuk mendapatkan PAD di industri pariwisata,” kata Elly.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button