Berita Wisata

Jogja Kembangkan Wisata Malam di Pantai Selatan, Potensi Menarik Wisatawan : Okezone Travel

KEPALA Dinas Pariwisata Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Singgih Raharjo mengatakan konsep wisata malam di kawasan pesisir selatan DIY berpotensi untuk segera dikembangkan guna menarik lebih banyak wisatawan.

“Wilayah (pantai) selatan ini harus didorong tidak hanya pada siang hari, tetapi juga pada malam hari,” kata Singgih dalam konferensi pers di sela-sela webinar Yogyakarta Tourism Outlook 2023 di Yogyakarta, mengutip Di antara.

Menurut Singgih, konsep wisata malam di pantai selatan bisa mulai dikembangkan sejalan dengan rencana penataan kawasan oleh Pemda DIY dan Pemkab Bantul.

Infografis Wisata Malam Yogyakarta

“Tapi kalau menunggu penataan, mungkin akan lama, tapi mungkin masih ada embrio yang bisa kita lakukan,” ujarnya.

Berbagai potensi yang ada di kawasan pantai selatan, termasuk wisata kuliner khususnya seafood yang selama ini populer di Pantai Depok Bantul, kata dia, dapat dikelola untuk mendukung pengembangan wisata hiburan malam.

“Restoran (buka) malam hari bisa kita izinkan seperti di beberapa tempat di daerah lain. Itu sangat mungkin,” ujarnya.

Selain sajian kuliner, kata dia, konsep wisata malam tepi pantai akan semakin menarik minat wisatawan yang didukung dengan berbagai pertunjukan atau atraksi seni dan budaya.

Baca juga : Lifebuoy x MNC Peduli mengajak masyarakat untuk berbagi kebaikan dengan mendonasikan rambut, catat tanggalnya!

“Ada pertunjukan reguler di sana mungkin setiap akhir pekan dan seterusnya, saya pikir itu perlu,” katanya.

Menurutnya, pengembangan wisata malam di pesisir DIY juga akan berdampak pada peningkatan kualitas UMKM di daerah.

Infografis Pariwisata Yogyakarta

Singgih mengakui, berbagai inovasi mau tidak mau perlu ditingkatkan agar industri pariwisata di Yogyakarta tetap tumbuh subur menghadapi tantangan resesi di tahun 2023.

“Kami juga akan membuat inovasi selain teman-teman destinasi, kami juga akan mendorong inovasi untuk menarik wisatawan,” pungkasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button