Berita Wisata

Jumlah Pengunjung Pantai Pulau Merah di Banyuwangi Meningkat, Ternyata Ini Penyebabnya!

BANYUWANGI, Koran – Wisata pantai Pulau Merah semakin diminati wisatawan, destinasi unggulan Pulau Blambangan mengalami peningkatan pengunjung karena kini jalan menuju menara terlihat seperti jalan tol setelah diperbaiki bahkan ada yang masih diperbaiki.

Wisata pantai pasir mutiara ini terletak di Desa Sumberragung, Kecamatan Pesanggaran, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Infrastruktur pendukung di lokasi yang semakin layak membuat daya tarik tersendiri bagi para pemburu wisata khususnya pemandangan pantai semakin meningkat.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pulau Merah, Poniran mengatakan, peningkatan jumlah wisatawan sudah dirasakan sejak awal tahun 2023. Setelah selesainya pembangunan jalan beton atau sistem perkerasan kaku, jalan yang menghubungkan kedua desa tersebut. yaitu desa Sumberagung dan desa Sumbermulyo.

“Setelah pembangunan jalan ini selesai. Kunjungan wisatawan meningkat 25% pada hari biasa. Ini belum termasuk libur tahun baru lalu. Itu murni setelah tahun 2023,” ujarnya, Selasa (24/1/2023). .

Seperti diketahui, sejak menjadi incaran investasi PT Bumi Suksesindo (PT BSI), pembangunan di wilayah kecamatan Pesanggaran semakin pesat. Khususnya pembangunan infrastruktur jalan yang menjadi kunci berfungsinya perekonomian masyarakat.

Tercatat, pada April 2020, PT BSI bekerja sama dengan Dinas Pekerjaan Umum dan Permukiman Perumahan dan Permukiman Banyuwangi melaksanakan proyek pembangunan jalan sepanjang 3,85 kilometer, dari Pulau Merah-Rowojambe. Pada Juli 2021, anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk melanjutkan program pembangunan infrastruktur jalan sepanjang 1,7 kilometer.

Jelang Juli 2022, pembangunan jalan beton kembali dilakukan oleh PT BSI. Kali ini sasarannya adalah jalan utama yang menghubungkan desa Sumberagung dan desa Sumbermulyo sepanjang 4 kilometer dan lebar 6 meter.

“Respon masyarakat dan wisatawan sangat positif. Dengan infrastruktur jalan yang lebih baik, wisatawan merasa lebih nyaman berkunjung ke pantai Pulau Merah,” kata Poniran.

Adanya infrastruktur jalan akan memberikan dampak positif bagi pertumbuhan dan perkembangan sektor pariwisata di wilayah kabupaten Pesanggaran. Terutama tempat wisata di desa Sumberagung. Dari destinasi Pantai Pulau Merah, Pantai Gumuk Kancil, Pantai Cemara Pancer dan Pantai Mustika.

Apalagi, sisi aksesibilitas memang menjadi salah satu faktor penting untuk mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor pariwisata.

Sebelumnya Senior External Affairs Manager PT BSI Bambang Wijonarko mengatakan, proyek pembangunan jalan tersebut merupakan bukti komitmen perusahaan. Ia berharap rehabilitasi jalan tersebut dapat memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat. Terutama komunitas cincin dari satu perusahaan.

Dengan kondisi jalan yang baik, mobilitas semakin dipermudah, sehingga tujuan ekonomi dan non ekonomi dapat tercapai. Mewujudkan pemerataan pembangunan dan mendorong pertumbuhan dan perkembangan sektor pariwisata Banyuwangi.

“Saya berharap pembangunan ini berjalan lancar, sehingga manfaatnya dapat dirasakan oleh masyarakat luas,” ujarnya.

Seperti diketahui, kawasan Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur merupakan lokasi investasi PT BSI, selaku pemegang Izin Usaha Pertambangan Produksi (IUP OP) emas dan mineral ikutannya, nomor 188/547 /KEP/429.011/2012.

Anak usaha PT Merdeka Copper Gold Tbk ini juga telah ditetapkan sebagai Obyek Vital Nasional (Obvitnas) sesuai Keputusan Menteri ESDM nomor 159.K/90/MEM/2020. Perusahaan Penanaman Modal Dalam Negeri atau PMDN ini berproduksi di Desa Sumberagung, Kecamatan Pesanggaran, Banyuwangi, Jawa Timur.

Sebagai investor, PT BSI dan mitranya terus menjunjung tinggi komitmennya kepada masyarakat, termasuk untuk wisata pantai di Banyuwangi. Program PPM terus dilaksanakan dengan menyasar empat sektor yaitu pendidikan, kesehatan, pembangunan infrastruktur dan pemberdayaan ekonomi masyarakat. (Ry//JN).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button