Tempat Wisata

Jungwok Blue Ocean, destinasi wisata ala Santorini di Gunung Kidul

Jungwok Blue Ocean merupakan destinasi wisata di Gunung Kidul, Jogja yang konsepnya mirip dengan Santorini, Yunani.

Kabupaten Gunung Kidul dikenal sebagai salah satu daerah dengan garis pantai terpanjang di DI Yogyakarta. Di sini setiap tempat menawarkan keistimewaan tersendiri dengan keindahan bebatuan karangnya.

Selain itu, destinasi wisata buatan pun semakin banyak bermunculan. Jungwok Blue Ocean salah satunya dan terletak di Kawasan Pantai Jungwok.

Destinasi ini memiliki konsep yang mirip dengan Santorini di Yunani dan menghadirkan keunikan baru pada wisata pantai di sisi timur.

Jungwok Blue Ocean, konsepnya mirip dengan Santorini

Jungwok Blue Ocean, konsepnya mirip dengan SantoriniFoto oleh Lutfi Ihsan di Google Maps

Jungwok Blue Ocean menampilkan desain yang terinspirasi dari Santorini, Yunani, dengan perpaduan warna putih dan biru yang banyak terdapat pada beberapa bangunan di sana.

Terletak tepat di atas Pantai Jungwok, tempat ini memberikan pengunjung kesempatan untuk menikmati pemandangan indahnya pantai pasir putih khas Gunung Kidul.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Berbagai fasilitas dapat dimanfaatkan pengunjung, antara lain spot foto menarik, area bernama Santorini Center, area bermain, dan kolam renang mini. Bahkan, hidangan khas Santorini juga ditawarkan.

Manajemen mendesain kawasan ini menyerupai perkampungan Santorini, lengkap dengan pertokoan dan butik yang menjadi wadah bagi UMKM lokal.

Selain itu, mereka juga bekerja sama dengan UMKM lokal dan menyediakan ruang bagi mereka di pusat Santorini.

Tiket masuk dan jam buka

Untuk mengunjungi Jungwok Blue Ocean harga tiketnya adalah Rp 25.000 per orang. Dengan harga tersebut, pengunjung memiliki akses ke seluruh kawasan, termasuk berbagai fasilitas seperti spot foto dan pusat kota Santorini.

Destinasi wisata ini buka setiap hari dengan jam buka berbeda-beda: pada hari kerja pukul 09:00 WIB hingga 20:00 WIB dan pada akhir pekan hingga pukul 21:00 WIB.

Rute menuju lokasi Pantai Jungwok

Jungwok Blue Ocean terletak tepat di atas Pantai Jungwok, Desa Jepitu, Kecamatan Girisubo, Gunung Kidul, Yogyakarta.

Pantai Jungwok sendiri berjarak sekitar 75 kilometer dari Kota Yogyakarta dan waktu tempuh sekitar dua jam.

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Wediombo, Pantai Ngusalan dan Pantai Greweng dan dapat ditempuh melalui jalur tertentu bagi yang familiar dengan pantai-pantai di selatan kota Yogyakarta, seperti: Misalnya saja Pantai Wediombo.

Dari kota Yogyakarta perjalanan dimulai ke arah timur melalui Jalan KH Ahmad Dahlan kemudian dilanjutkan ke Jalan Panembahan Senopati 9.

Sesampainya di perempatan tersebut, ambil jalur selatan lewat Jalan Brigjen Katamso lalu lanjutkan ke timur lewat Jalan Kolonel Sugiyono. Di pertigaan berikutnya, belok ke selatan menuju Jalan Sisingamangaraja dan ikuti Jalan Imogiri Barat.

Setelah itu di pertigaan ambil arah timur menyusuri Jalan Bakulan Imogiri hingga sampai di pertigaan, lalu ambil arah barat menuju Jalan Imogiri Siluk yang berlanjut ke Jalan Siluk Panggang.

Sesampainya di pertigaan berikutnya, belok timur menuju Jalan Raya Panggang Wonosari yang akan membawa Anda ke Jalur Pantai Selatan.

Terakhir di perempatan berikutnya ambil arah selatan menuju Jalan Wediombo Jungwok. Ikuti jalan ini untuk sampai ke Pantai Jungwok.

Asal Nama Pantai Jungwok

Asal Nama Pantai JungwokFoto oleh Apa Aja di Google Maps

Nama Pantai Jungwok berasal dari sejarah Gunung Manjung di Gunung Kidul. Gunung ini hanya meletus satu kali, sekitar 400 juta tahun lalu.

Dampak letusan tersebut menyebabkan sekitar sepertiga bagian gunung tersebut terpisah sehingga membentuk sebuah pulau bernama Pulau Kalong yang terletak tidak jauh dari Pantai Jungwok.

Nama “Jungwok” sendiri merupakan gabungan dari “Jung” (mengacu pada Gunung Manjung) dan “Wok”, berasal dari kata Jawa “Krowok” yang berarti “lubang” atau “kesalahan”.

Itulah berbagai hal menarik Jungwok Blue Ocean yang lagi hits di Gunung Kidul. Mengunjungi kawasan ini tentu menawarkan pengalaman unik dan menyenangkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button