Berita Wisata

Jutaan kerang berengsel muncul di Pantai Asem Doyong, Pemalang, jadi berkah bagi nelayan: Okezone News

PEMALANG – Masyarakat pesisir Pantai Muara Indah, Desa Asemdoyong, Kecamatan Taman, Pemalang, berbondong-bondong ke pantai untuk memperebutkan panen kerang Bokor atau kerang Engsol, atau yang disebut juga kima darat, Minggu (25/12/2022).

Jutaan kerang Engsol dihantam gelombang besar yang diduga akibat terangkatnya lumpur dari permukaan bawah laut, menyebabkan kerang yang berada di dasar laut terbawa gelombang ke pantai. pantai.



Fenomena alam yang jarang terjadi ini menjadi berkah tersendiri bagi para nelayan di pesisir Pemalang saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru), ketika perahu tidak bisa melaut akibat perubahan iklim atau badai besar. mencari kerang di pantai juga menjadi pilihan bagi mereka.

Masyarakat pesisir yang berprofesi sebagai nelayan, akan memasak kerang sebagai pendamping, dan ada juga yang akan menjualnya.

Baca juga: Kapal Nelayan Tenggelam Akibat Cuaca Buruk, 3 Nelayan Selamat dan 2 Hilang

Menurut Mualif (45), warga sekitar, kejadian jutaan kerang meledak setiap musim, ombaknya sudah tidak asing lagi bagi penduduk pesisir.

“Biasanya setiap musim ada ombak besar,” kata Mualif.

Baca juga: Gelombang Tinggi, Masyarakat dan Nelayan Diimbau Berhati-hati Beraktivitas di Perairan

“Setiap musim barat atau rendeng, dimana nelayan tidak bisa melaut karena ombak dan angin kencang, sehingga muncul kerang-kerang yang muncul dari dasar laut karena diterjang ombak,” tambahnya.

Karena banyaknya kerang yang hanyut ke darat, beberapa warga mendapat dua atau bahkan tiga kantong lagi.

Baca juga : Kids Life Adventure Park memberikan pendidikan literasi digital melalui kesenangan tanpa batas

Ikuti Berita Okezone di berita Google

(fkh)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button