Berita Wisata

KA Sulsel akan terintegrasi dengan bus dan akses bandara-wisatawan

Maros

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi akan mengintegrasikan sistem pelayanan bus Beli layanannya (BTS) dengan Stasiun Kereta Api Sulawesi Selatan (Sulsel). Penyediaan layanan bus ini juga akan terkoneksi dengan Bandara Sultan Hasanuddin.

“Nanti terhubung ke bandara dengan Beli layanannya yaitu bus,” kata Budi ketika peluncuran lunak uji coba jalur Stasiun Garongkong-Maros, Jumat (2/12/2022).

Budi melanjutkan, upaya ini untuk mendukung pengoperasian KA Sulsel. Rencananya akan dihadirkan sejumlah bus..

“Pada Februari 2023, angkutan bus akan diberikan program tersebut Beli layanannya dari stasiun Rammang-rammang ke stasiun Maros ke bandara Sultan Hasanuddin,” katanya.

Budi menambahkan, sistem pelayanan bus BTS harus menjadi sarana integrasi antar moda transportasi. Layanan ini selanjutnya dapat digunakan sebagai akses untuk berkeliling tempat wisata dari dan ke stasiun.

“(Program beli bus dinas) sebagai sarana integrasi antar moda, serta akses tempat wisata sebagai sarana transportasi dari dan ke stasiun,” kata Budi.

Budi mengatakan layanan bus program BTS mendukung percepatan mobilitas pengguna KA Sulsel. Ia mencontohkan, perjalanan dari bandara ke stasiun Mandai dan sebaliknya hanya memakan waktu 15 menit.

“Jadi orang datang ke bandara lalu pakai Beli layanannya. Hanya 15 menit dari Mandai,” jelas Budi.

Sedangkan untuk pelayanan di stasiun Rammang-rammang membutuhkan waktu sekitar 20 menit. Bagi masyarakat yang ingin ke Barru, layanan ini bisa digunakan dengan estimasi perjalanan 1 hingga 1,5 jam.

“Kalau mau ke Rammang-rammang hanya 20 menit, tapi kalau langsung ke Barru bisa sekitar satu sampai satu setengah jam,” jelasnya.

Sebagai informasi, Budi membidik peluncuran besar KA Sulawesi Selatan pada Mei 2023. Layanan KA selanjutnya akan diperluas beroperasi dari Stasiun Mandai-Garongkong dengan rute sepanjang 84 kilometer melewati 10 stasiun.

“Insya Allah bulan Mei kita akan peluncuran besar“, kata Budi.

Budi menambahkan, kapan peluncuran besar Pada Mei 2023, layanan kereta api mulai dari kereta wisata, kereta penumpang hingga kereta barang untuk rute Stasiun Mandai-Garongkong akan selesai.

“Presiden akan kami undang ke sini. Saat itu kereta wisata, kereta penumpang, dan kereta barang akan penuh,” tambahnya.

Simak Video “Menhub Lantik 1.875 Perwira Angkutan: Kerja Hati dan Tanggung Jawab”
[Gambas:Video 20detik]
(sar/ata)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button