Berita Wisata

Kabupaten Agam memiliki pohon raksasa berusia 500 tahun

Kompas.com – Di Kabupaten Agam terdapat pohon kayu Medang (Litsea sp.) raksasa yang diperkirakan berusia sekitar 560 tahun. Lokasinya berada di Nagari Koto Malintang, Kabupaten Agam, Sumatera Barat, dan menjadi objek wisata.

“Pohon itu pernah dikunjungi oleh mahasiswa Universitas Negeri Padang (UNO), wisatawan domestik dan wisatawan asing dari Vietnam, Jepang dan negara lain. Lokasinya dekat dengan Danau Maninjau,” kata Wali Nagari Koto Malintang, Nazirudin, dikutip dari Di antara, Rabu (26/10/2022).

Baca juga:

Ia menambahkan, di tempat ini terdapat lima pohon besar dengan ukuran berbeda. Pohon terbesar memiliki diameter 4,6 meter, lingkaran 14 meter, tinggi tanpa cabang 34 meter dan tinggi sebenarnya lebih dari 50 meter.

Di lokasi pohon itu, lanjutnya, telah dibangun tempat peristirahatan yang bisa digunakan wisatawan, terutama sebagai tempat berteduh saat hujan.

“Tempat peristirahatan berukuran 6×8 meter ini dibangun pada pertengahan 2022 dan digunakan pengunjung saat hujan,” ujarnya.

Baca juga:

Tak hanya itu, tahun ini juga dibangun jalan sepanjang 1,2 kilometer dengan luas tiga meter untuk mencapai pohon tersebut.

Ke depan, ia berencana membangun sejumlah fasilitas pendukung lainnya.

Baca Juga: Pengalaman Jelajah Air Terjun Proklamator, Wisata Alam Sumatera Barat

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita Baru setiap hari di Kompas.com. Jom join grup telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu join. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button