Berita Wisata

Kabupaten Sobang memiliki berbagai potensi untuk meningkatkan perekonomian

Kecamatan Sobang, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, sebagai kawasan yang dekat dengan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Tanjung Lesung, memiliki berbagai potensi yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat.

Demikian disampaikan Camat Sobang Hasan Bisri, SE, MM yang dihubungi melalui telepon genggamnya, Senin (12/05/2022).

Menurut Hasan Bisri, yang juga staf ahli Bupati Pandeglang, masyarakat Kabupaten Sobang yang merupakan daerah transmigrasi antar Jawa dengan bahasa yang berbeda, berbahasa Indonesia, Sunda dan Jawa yang hidup rukun dan damai. penuh keragaman. Oleh karena itu tidak salah jika ada nama kampung menurut tempat asalnya, seperti Kampung Jawa, Kampung Garut, Kampung Sumedang dan lain-lain.

plt. Camat Sobang, Hasan Bisri, SE, MM

“Ya benar Sobang memiliki potensi besar yang dapat dikembangkan dan dipublikasikan untuk diteliti oleh pemerintah dan investor, yang dapat meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat dan menjadi sumber pendapatan asli daerah (PAD) yang menjanjikan dan investasi,” kata Pj Plt.

Ia menjelaskan, Kecamatan Sobang yang salah satunya berada di Kabupaten Pandeglang berjarak sekitar 60 Km sebagai kecamatan pemekaran yang bertujuan untuk memberikan pelayanan yang optimal dan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan serta perdagangan yang berkeadilan, memiliki luas 10.944 hektare. dengan jumlah penduduk 36.296 jiwa, dengan jumlah 8 desa yaitu desa Sobang, Kutamekar, Kertaraharja, Bojen, Pangkalan, Teluklada, Bojen Wetan dan Cimanis yang sebelumnya merupakan kecamatan Cigeulis dan Panimbang sebelum dimekarkan oleh pemerintah kabupaten Pandeglang.

“Masyarakatnya sebagian besar adalah petani, ini merupakan modal potensial bagi pembangunan daerah dalam mendukung visi dan misi Kabupaten Pandeglang,” ujar Hasan Bisri, mantan Bupati Saketi.

Posisinya sangat strategis, kata Hasan, karena merupakan salah satu kecamatan yang sebagian besar pendapatan masyarakatnya berasal dari pertanian, perkebunan dan hasil kayu dari sektor kehutanan. Selain itu Kabupaten Sobang juga merupakan daerah yang sangat potensial dalam bidang agrowisata karena wilayahnya cukup luas untuk pertanian dan perkebunan termasuk tanaman pertanian dan hortikultura.

“Kabupaten Sobang merupakan daerah dataran dan perbukitan yang menyangga wilayah pesisir dengan curah hujan relatif melimpah, sehingga rata-rata 3.739 MM per bulan, dan di wilayah utara merupakan daerah persawahan dan kecamatan Sobang, dengan seluruh pro dan kontra, memiliki potensi yang cukup produktif untuk dikembangkan sebagai kawasan pertanian, industri dan pariwisata,” ujarnya.

Dijelaskannya, budidaya padi dan budidaya sayuran merupakan keunggulan Kabupaten Sobang, sawah di Kabupaten Sobang merupakan sawah subur yang memiliki cukup air sehingga dapat ditanami padi dan tanaman tinggi (hortikultura) sepanjang tahun.

“Kabupaten Sobang juga kaya akan berbagai kerajinan (home industri) dan industri kecil (UMKM) di bidang produk makanan premium,” jelasnya.

“Lokasi kabupaten Sobang yang dekat dengan kawasan wisata Tanjunglesung juga berpotensi untuk dikembangkan sebagai kawasan yang dapat mendukung pengembangan agrowisata dan wisata alam serta menjadikan Sobang sebagai destinasi wisata alam alternatif. ,” dia berkata. lanjut.

Yang menjabat sebagai camat di wilayah administrasi Kabupaten Sobang antara lain Subro Mulisi, Sukendar, Engkos Kosasih, Yayan Trikaryana dan Hasan Bisri selama ini. (Sarang)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button