Berita Wisata

Kafe khas Manggarai Timur, desa wisata andalan baru NTT

BORONG, KOMPAS.com – Desa wisata di Flores, Nusa Tenggara Timur terus mengalami peningkatan kunjungan wisatawan.

Tak hanya mengenalkan potensi wisata alam, wisata andalan lain yang ada di desa ini adalah kopi Manggarai Timur sebagai produk lokal.

Baca juga: 15 Wisata Air Terjun di NTT yang Selalu Indah untuk Dijelajahi

Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur, Flores, Nusa Tenggara Timur terus mendorong Kelompok Penyuluhan Pariwisata (Pokdarwis) di desa wisata untuk memasarkan produk lokal, seperti minuman kopi Manggarai Timur.

Salah satu kafe yang banyak dikembangkan adalah Kafe Simponi di desa wisata Golo Loni.

Turis asing minum kopi Manggarai Timur di kedai SIMPONI KOPI, Desa Wisata Golo Loni, Senin (29/11/2022).  (DOK WISATA DOK/POKDARWIS GOLO LONI MATIM)DOK/POKDARWIS GOLO DESA WISATA LONI Turis asing minum kopi Manggarai Timur di warung SIMPONI KOPI, Desa Wisata Golo Loni, Senin (29/11/2022). (DOK WISATA DOK/POKDARWIS GOLO LONI MATIM)

Desa Wisata Golo Loni bekerjasama dengan Desa Wisata Colol menyediakan biji kopi dan kopi kemasan untuk dipasarkan di toko.

Wisatawan mancanegara sangat menikmati minuman kopi khas Manggarai Timur.

“Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Desa Wisata Golo Loni bekerjasama dengan Desa Wisata Colol untuk memasarkan minuman kopi Manggarai Timur kepada pelanggan yang berkunjung ke Kafe Simponi di Desa Wisata Golo Loni.”

“Ini konsep baru dengan berkolaborasi memasarkan minuman khas Manggarai Timur,” kata Kepala Desa Wisata Golo Loni Yohanes Berchmans Okalung saat dihubungi Kompas.com, Selasa (30/11/2022).

Baca juga: 14 Pantai Indah NTT, Ada Pasir Putih dan Diapit 2 Gunung

Secara terpisah, Staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai Timur Albertus Jehamin menjelaskan, “Simponi” adalah singkatan dari Pusat Informasi Pariwisata Golo Loni.

Kafe Simponi kini telah dibangun di kawasan desa wisata Golo Loni yang terletak di sisi Jalan Trans Flores Borong-Ruteng dan sebaliknya.

Meski milik pribadi yakni anggota Pokdarwis, namun realisasi kedai ini tetap merupakan kerja sama dengan pemerintah desa.

Baca juga: 12 Desa Wisata Manggarai Timur di NTT, Banyak Kekayaan Alam dan Budayanya

Warung yang buka mulai pukul 07.00 hingga 21.00 ini merupakan pusat informasi wisata Golo Loni.

“Khususnya kopi yang didatangkan dari desa wisata Colol ini merupakan bentuk kerjasama dan kolaborasi antar desa wisata di Manggarai timur dalam memasarkan produk unggulan desa tersebut,” jelasnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button