Berita Wisata

Kakorlantas: jalur pulang pergi dari Pansela menawarkan keindahan tempat wisata

Jakarta (ANTARA) – Kepala Korlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi mengatakan jalur alternatif mudik Lebaran 2023 di pesisir selatan Pulau Jawa menawarkan keindahan sejumlah tempat wisata bagi para pemudik.

“Kami di sini tidak menggunakan pendekatan yang dipercepat untuk sampai di tujuan, melainkan memanfaatkan jalur pantai selatan dengan waktu yang dijadwalkan untuk tiba di tujuan masing-masing,” katanya dalam keterangan di Jakarta, Jumat.

Kakorlantas dan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Hendro Sugiatno melakukan pengecekan jalur balik pantai selatan (pansela) untuk persiapan Operasi Ketupat 2023.

Kakorlantas dan rombongan mengunjungi tempat wisata Karangcut Ocean View di Sindangbarang, Cianjur, Jawa Barat yang berada di Jalan Pansela.

Melihat jalan yang tidak terlalu lebar, Firman meminta para pemudik yang akan menggunakan jalan tersebut untuk berhati-hati dan berkonsentrasi saat berkendara.

“Jalannya tidak terlalu lebar, masyarakat memang harus berhati-hati saat berpapasan dengan kendaraan lain,” pesannya.

Firman juga mengimbau masyarakat sekitar untuk tidak melakukan aktivitas yang dapat menimbulkan kemacetan dalam perjalanan pulang lebaran.

“Seruan kepada masyarakat sekitar yang perjalanannya sudah melewati arus balik, tentu kita harapkan tidak ada faktor tambahan yang menjadi faktor penghambat. Misalnya kendaraan parkir di pinggir jalan, lalu pasar tumpah ruah. pinggir jalan dan lain-lain,” ujarnya.

Sementara itu, Dirut Hubdar Kemenhub Hendro Sugiatno mengajak masyarakat yang akan mudik Lebaran melalui jalur Pansela, selain mengunjungi dan menikmati kuliner sepanjang perjalanan sebelum tiba di kota asalnya.

“Masyarakat yang menempuh jalur selatan bisa singgah di tempat wisata karena pemandangannya sangat menakjubkan,” kata Hendro.

Rute inspeksi hari kedua berangkat dari Pelabuhan Ratu menuju Djampang Kulon, Jembatan Sindangbarang Cibuni, Cidaun, Jembatan Cilaki, Cikelet, Cilauteureun, Pameungpeuk, Sancang, Jembatan Cikaengan, Cipatujah, Cikalong, Sindangsari, Cijulang, Cikangkung dan berakhir di Pangandaran.

Wartawan: Fauzi
Editor: Didik Kusbiantoro
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button