Tempat Wisata

KALIKUNING PARK Tiket Murah View Merapi

Biaya masuk ke Taman Kalikuning: Rp 12.000. Jam buka: 08.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat / Tempat : Jl. Bebeng, Pangukrejo, Ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo, Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia, 55583.

Taman Kalikuning masih dalam satu kawasan dengan tempat wisata Plunyon Kalikuning. Input juga bisa melalui saklar yang sama. Sebuah tempat wisata yang menawarkan panorama alam hijau yang luas. Dengan suasana yang asri dan masih sangat alami.

Udara sejuk menjadi daya tarik tersendiri. Ditambah lagi dengan pemandangan Gunung Merapi yang menakjubkan. Padahal tempat ini terkena dampak letusan Gunung Merapi beberapa tahun lalu. Beruntung, pepohonan yang dulu hangus diterjang awan panas kini kembali hijau subur.

Biaya masuk ke Taman Kalikuning

Sebelum memasuki pekarangan Taman Kalikuning, pengunjung harus membayar tiket masuk. Biaya masuknya pun tidak terlalu mahal, bisa dibilang terjangkau untuk semua kalangan. Pengunjung bisa berkeliling dan menikmati alam kawasan Kalikuning sepanjang hari hingga puas. Uniknya, pengunjung bisa mendapatkan tiket terusan untuk masuk ke Tlogo Muncar Kaliurang dan Plunyon.

Harga tiket per orang
tiket masuk Rp 12.000

Jam buka Taman Kalikuning

Kawasan wisata alam ini dibuka untuk wisatawan setiap hari. Dari pagi hingga malam. Ini adalah yang paling sibuk pada hari libur dan jumlah pengunjung meningkat. Namun pada hari biasa tempat ini cukup sepi dan cocok untuk Menyembuhkan.

jam buka
Sehari-hari 08.00 – 17.00

Atraksi Taman Kalikuning

Taman Kalikuning yang indahSuasana di area taman. Foto: Google Maps/Heru Prabowo

Kawasan Taman Kalikuning terletak di Taman Nasional Gunung Merapi yang merupakan wisata alam yang indah. Pesona alamnya yang sangat alami membuat pengunjung betah berlama-lama. Banyak kegiatan seru yang bisa dilakukan pengunjung. Mulai dari selfie hingga trekking hingga camping.

Banyak spot foto yang menarik

Pemandangan Gunung Merapi dari Taman KalikuningPemandangan Gunung Merapi. Foto: Google Maps/Auni Syazana

Destinasi wisata ini terletak di lereng gunung berapi teraktif di Indonesia, Gunung Merapi. Tak heran bila cuaca cerah dan tidak berkabut, kegagahan Gunung Merapi terlihat jelas dari sini. Pemandangan Gunung Merapi yang menjulang tinggi diselimuti hutan lebat yang masih hijau.

Selain itu, pihak pengelola juga menyediakan banyak spot foto pendukung. Misalnya, di pinggir tebing terdapat tempat yang menyerupai panggung kayu untuk berfoto. Ada juga wahana kursi gantung yang bisa dinaiki pengunjung. Kemudian ditunggangi seperti sangkar burung raksasa dan masih banyak pernak-pernik lainnya.

Baca: Tiket & Aktivitas Agrowisata Bhumi Merapi

Tempat terbaik untuk berburu senja

melihat matahari terbenam di Taman Kalikuning memang sangat indah dan menakjubkan. Saat matahari terbenam warna langit berubah menjadi nuansa oranye, merah dan ungu yang terlihat sangat cantik. Menciptakan suasana tenang dan romantis di sekitar taman.

Pengunjung dapat menikmati pemandangan matahari terbenam menakjubkan saat Anda berjalan-jalan di taman, duduk di bangku taman, atau berpiknik bersama keluarga atau teman. Keindahan pemandangan saat senja di Taman Kalikuning akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Baca: Tiket dan Aktivitas Museum Merapi

Trekking yang sehat

Siapapun yang gemar berolahraga dapat menggunakan taman ini sebagai lokasinya Kenaikan. Daerah ini memiliki area yang luas untuk dijelajahi. Trekking dapat mempelajari lebih lanjut tentang kekayaan alamnya. Karena terdapat berbagai macam flora dan fauna, misalnya tumbuhan balsam hingga elang jawa yang dilindungi.

Ada jalan setapak yang menghubungkan Taman Kalikuning dengan Plunyon di selatan. Situasi di sisi timur Kali Kuning masih sama. Pengunjung juga dapat berjalan kaki di sepanjang sungai yang mengalir ke taman ini. Selama trekking, perjalanan dibarengi dengan udara segar yang menyehatkan.

Baca: Tiket & Aktivitas World Landmarks Merapi Park

Mata Air Umbul Lanang dan Umbul Wadon

buluMata air di Taman Kalikuning. Foto: google maps/Elisabeth Murni

Sebuah sungai kecil mengalir di lembah di bawahnya. Sumber sungai disebut Umbul Lanang dan Umbul Wadon. Untuk melihat umbul ini, pengunjung harus menuruni tangga yang agak terjal. Airnya sangat menyegarkan dan dingin. Namun umbul Wadon Lanang ini tidak diperuntukkan untuk mandi.

Balai Joglo

Paviliun Semar JogloBalai Joglo Semar. Foto: Google Maps/Trisno Ary Budi

Di Taman Kalikuning terdapat bangunan paviliun yang berbentuk rumah joglo. Bangunannya berupa rumah tradisional khas Jawa Tengah. Joglohalle dapat disewa untuk berbagai kegiatan. Kapasitasnya bisa menampung hingga 50 orang.

Lokasi perkemahan

Perkemahan di Taman KalikuningPerkemahan dengan bangunan bergaya tradisional. Foto: google maps/Elisabeth Murni

Bahkan, Taman Kalikuning sering dipilih sebagai tempat perkemahan. Lebih seru lagi karena ada rumah kayu berbentuk segitiga yang berfungsi sebagai tenda Keluarga. Tenda-tenda tersebut disewakan untuk umum. Kapasitas per tenda bisa menampung hingga 4 orang.

Ada ayunan kayu yang mengelilingi lokasi api unggun. Pada malam hari, suasana akan terasa sangat damai sekaligus nyaman. Menikmati langit malam bertabur bintang membuat malam semakin indah.

Lava Tour Merapi

Pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini bisa bersenang-senang merasakan sensasi Lava Tour Merapi. Terletak di dekat Taman Kalikuning. Wisatawan diajak menyusuri jalan berbatu dengan jip. Pecahnya arus sungai menyebabkan wisatawan basah kuyup. Kegiatan seru ini sangat menantang dan tidak boleh dilewatkan.

Perabot

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap. Pengelola juga menyediakan mushola dan toilet untuk paviliun. Juga, beberapa bangku taman tersebar di sekitar agar pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman. Jangan takut lelah karena tersedia persewaan skuter dan sepeda motor dari penduduk setempat.

Lokasi Taman Kalikuning

Wisata ini berlokasi di Jl. Bebeng, Pangukrejo, Ngrangkah, RT.01/RW.04, Palemsari, Umbulharjo. Cangkringan, Sleman, Yogyakarta. Jaraknya sekitar 27 kilometer dari kawasan Malioboro Yogyakarta menuju lokasi. Dengan waktu tempuh hingga satu jam perjalanan.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button