Berita Wisata

Kalimantan Selatan menargetkan lebih dari 11,2 juta kunjungan wisatawan pada tahun 2023

KOMPAS.com – Lebih dari 11,2 wisatawan ditargetkan mengunjungi tempat wisata di Kalimantan Selatan pada tahun 2023.

Memang, jumlah kunjungan wisatawan domestik ke provinsi itu pada 2022 mencapai 11,2 juta wisatawan.

Baca juga :

Sementara itu, ada sekitar 42.000 wisatawan mancanegara, kata M Syarifuddin, Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Kalsel, seperti dikutip dari Termasuk antaraSabtu (14/1/2023).

Ia optimistis target 2023 tercapai dan pariwisata Kalsel akan booming dengan dicabutnya Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) pada akhir 2022.

Baca Juga: Suku Banjar, Suku Terbesar di Kalimantan Selatan

“Makanya kami optimis target tahun ini naik 10%,” katanya.

Acara Pariwisata menjadi daya tarik wisata pada tahun 2023

Ilustrasi makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kalimantan Selatan tahun 2011.Peron. Wikimedia Commons/Arief Rahman Saan (Ezagren) Ilustrasi makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari di Kalimantan Selatan tahun 2011.

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), kata dia, sudah menetapkan angka acara (event) wisata bernuansa budaya daerah di Kalimantan Selatan dalam daftar Karisma Event Nusantara 2023.

Acara Yakni Festival Budaya Pasar Terapung di Lok Baintan Kabupaten Banjar, Festival Budaya Saijaan di Kabupaten Kotabaru, Festival Budaya Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Festival Banjarmasin Sasirangan di kota Banjarmasin dan festival budaya tradisional Dayak di Kabupaten Balangan.

Baca juga :

Tak hanya itu, Kalimantan Selatan juga memiliki berbagai tempat wisata alam dan religi.

Untuk wisata religi wisatawan dapat mengunjungi makam KH Muhammad Zaini bin Abdul Gani atau Guru Sakumpul dan makam Syekh Muhammad Arsyad Al-Banjari atau Datu Kelampayan di Martapura Kabupaten Banjar.

Ada juga tempat wisata yang baru dikembangkan yaitu Gunung Batu, Taman Kiram dan Mandiangin.

Baca Juga: 5 Juta Wisatawan Kunjungi Kalimantan Selatan di H1 2022

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button