Berita Wisata

Kampung Budaya Betawi Setu Babakan: Tempat dan Daya Tarik Wisata

Jakarta, CNNIndonesia

Di tengah hiruk pikuk kota Jakarta, objek wisata Kampung Budaya Betawi Setu Babakan mungkin bisa menjadi pilihan yang tepat untuk dikunjungi.

Pasalnya, tempat ini menawarkan pemandangan alam danau yang indah dan asri sekaligus mengenal budaya Betawi.

PUBLISITAS

GULIR UNTUK MEMBATASI KONTEN

Kampung Budaya Betawi merupakan destinasi wisata edukasi yang mengangkat nilai-nilai budaya khas suku Betawi. Tempat ini dikenal sebagai desa wisata karena keberadaannya begitu dekat dengan kehidupan masyarakat.

Berdiri di atas lahan seluas 289 hektar yang meliputi daratan dan perairan, wisata ini menampilkan keragaman budaya suku Betawi. Mulai dari bangunan, pakaian adat, benda bersejarah, pertunjukan kesenian, makanan dan minuman khas masyarakat Betawi.

Kawasan Kampung Setu Babakan ditetapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta pada tanggal 18 Agustus 2000, dengan Surat Keputusan Gubernur DKI Jakarta Nomor 92 Tahun 2000.

Tujuan dibuatnya desa wisata ini adalah salah satu upaya melestarikan dan mengembangkan budaya masyarakat Betawi agar tidak lekang oleh zaman.

Jika Anda penasaran seperti apa Kampung Budaya Betawi itu, berikut informasi lengkapnya.

Lokasi dan jam buka Kampung Budaya Betawi Setu Babakan





Sejumlah warga menaiki bebek saat berwisata ke Setu Babakan, Jakarta pada Sabtu (11/12/2021).  Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif menobatkan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai juara pertama kategori Cleanliness, Health, Safety and Environmental Sustainability (CHSE) dalam Indonesian Tourist Village Awards 2021 yang diikuti oleh 1.831 desa wisata di seluruh Indonesia.  (CNNIIndonesia/Adi Ibrahim)Lokasi dan jam buka Kampung Budaya Betawi Setu Babakan (Foto: CNNIndonesia/Adi Ibrahim)

Berada di kawasan wisata Setu Babakan, Kampung Budaya Betawi cukup mudah ditemukan. Lokasinya terletak di Jl. Moch Kahfi II, RT.13/RW.8, Srengseng Sawah, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Jika ingin berkunjung, jam operasional tour ini dibuka setiap hari Selasa hingga Minggu mulai pukul 09:00 hingga 15:00 WIB. Pada hari Senin dan hari libur, tempat wisata ini tutup.

Harga tiket Kampung Budaya Betawi Setu Babakan

Bagi wisatawan yang ingin mengunjungi dan mempelajari budaya Betawi langsung di desa budaya ini tidak perlu membayar biaya masuk atau gratis.

Anda cukup membayar tiket parkir kendaraan saja yaitu Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Tempat Wisata Kampung Budaya Setu Babakan Betawi

Dilaporkan di situs web resmi Setu Babakan Betawi, kawasan wisata Kampung Budaya Betawi Setu Babakan terbagi menjadi tiga kawasan utama sesuai dengan fungsi dan unit kegiatan yang terdapat didalamnya. Ini daftarnya.

1. Wisata budaya

Zona wisata budaya ini merupakan pusat pertunjukan budaya khas Betawi. Di dalamnya pengunjung bisa melihat pertunjukan musik, tari, drama, pencak silat, dan atraksi yang dibawakan langsung oleh penduduk asli Betawi.

Selain itu, ada juga kerajinan tangan serta makanan dan minuman khas Betawi yang bisa Anda cicipi. Diantaranya kerak telor, tauge goreng, nasi uduk, bir pletok, sari karambol, soto, halibut, gado-gado dan masih banyak lagi.

2. Agrowisata

Seperti namanya, agrowisata merupakan kawasan perkebunan yang digunakan sebagai tempat rekreasi sekaligus tempat belajar.

Di kawasan ini terdapat beberapa jenis pohon buah khas Betawi yang jarang Anda jumpai, seperti kecapi, belimbing, rambutan, sawo, melinjo, pisang, jambu biji, nangka dan namanama.

Keunikan lokasi perkebunan ini bukan di areal perkebunan khusus, melainkan di pekarangan Kampung Budaya Betawi dan di pekarangan depan, samping dan sela-sela rumah penduduk.

3. Wisata bahari

Desa wisata ini memiliki dua buah danau yang menjadi daya tarik wisatawan yaitu Danau Mangga Bolong dan Danau Babakan.

Kedua danau tersebut digunakan sebagai atraksi air untuk dinikmati pengunjung. Kegiatan bermain air yang bisa dilakukan adalah memancing, menyewa sepeda air, dan juga menyewa perahu untuk menyusuri danau.

Demikian informasi wisata Kampung Budaya Betawi Setu Babakan yang perlu diketahui. Ayo ajak keluargamu berwisata sambil belajar budaya Betawi!

(ms/ju)

[Gambas:Video CNN]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button