Berita Wisata

Kampung Selarai Indah tempat pengobatan di Musi Banyuasin yang dulunya adalah tempat tidur

TEMPO.CO, Itu juga berhutan – Dulu, tanah ini hanya berupa semak belukar dan nyaris tidak terawat. Saat ini, lahan tidur seluas 30 hektar tersebut telah menjadi objek wisata berbasis alam dan petualangan. Namanya Kampung Selarai Indah.

Bukan hanya nama “desa” saja yang disematkan, namun disini anda bisa melihat nuansa pedesaan yang sangat kental dengan banyaknya pepohonan besar dan kecil yang tumbuh dengan baik. Selarai Indah dinamai dari wilayah Kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan.

“Dulunya merupakan kawasan terbengkalai yang kemudian dijadikan objek wisata agar wisatawan tidak bingung hendak ke mana saat datang ke sini,” kata pengelola Kampung Selarai Indah Putri Pretty Octavia, Jumat, 25 November 2022. .

Kampung Selarai Indah bisa menjadi pilihan destinasi wisata di ibu kota Musi Banyuasin. Tempat ini cocok untuk wisata keluarga dengan fasilitas yang lengkap.

Di kawasan ini, pengunjung bisa memancing, off-road, trail dan jogging. Selain itu, tempat ini cocok untuk institusi atau perusahaan maupun untuk keluarga yang mengadakan acara outing, camping, konser musik atau pernikahan.

Arena Offroad di Taman Selarai Indah, Kota Sekayu, Musi Banyuasin. TEMPO/Parliza Hendrawan

Tempat ini memiliki bangunan multifungsi semi outdoor, taman, gazebo, danau serta wisma dan kolam pemancingan yang mampu menampung hingga 200 orang.

Bagi warga sekitar, Kampung Selarai Indah sudah tidak asing lagi. Setiap akhir pekan dan hari libur tempat ini selalu ramai pengunjung sembuh dan pernikahan.

Selain biaya masuk (HTM) yang hanya Rp 20.000, menurut pengunjung tempat ini relatif dekat dengan pusat kota Sekayu. “Di sini juga bisa buat penghobi motor jadi bisa muat sekitar 100 mobil,” kata Putri.

Bagi yang suka camping mobil atau motor, Kampung Selarai Indah sangat cocok disarankan. Dengan luasnya kawasan wisata, tempat ini mampu menampung 100 unit tenda dan mobil.

Biasanya setelah bermalam, para pengendara motor ini melanjutkan petualangan off-road roda empatnya dan bermain sepeda trail. “Ada HTM tersendiri untuk motorhome, biasanya kita lihat seperti apa kegiatannya dan berapa lama,” kata Putri.

Sementara itu, Azim Sulaiman, pemilik lahan sekaligus penggagas berdirinya Kampung Selarai Indah, mengatakan dirinya didatangkan untuk mengubah lahan agar masyarakat Sekayu tidak lagi bingung mencari tempat hiburan yang representatif. “Alasan yang mendasari taman wisata ini karena dulu banyak wisatawan yang datang ke sini tidak tahu harus ke mana,” katanya.

Baca juga : Menikmati keindahan Air Terjun Cikaracak Kabupaten Bogor memberikan fisik yang kuat untuk trekking dan camping

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terkini dan berita pilihan dari Tempo.co di kanal Telegram “Tempo.co Update”. Klik Pembaruan Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button