Berita Wisata

Kantor Pariwisata Situ Ciburuy

Bandung tidak pernah bosan menawarkan berbagai wisata alam yang begitu menyejukkan mata. Situ Ciburuy adalah salah satunya.

Situ Ciburuy merupakan destinasi wisata berupa danau air jernih. Udaranya begitu segar karena pepohonan yang mengelilinginya. Apalagi keindahan alamnya mampu membius wisatawan dan membuat mereka betah untuk berlama-lama.

Bisa dijadikan tempat untuk menyegarkan pikiran, serta informasi lengkap tentang Situ Ciburuy di Bandung.

1. Lokasi, jam buka dan tiket masuk

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi Unik dan SejarahSitu Ciburuy (instagram.com/cimahidrone)

Lokasi: Ciburuy, Padalarang, Bandung Barat, Jawa Barat

Jam operasional: 24 jam

Tiket masuk: gratis-Rp 30.000

2. Sejarah Terbentuknya Situ Ciburuy

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi Unik dan SejarahSitu Ciburuy (instagram.com/aduy.bro)

Tak hanya memiliki pesona yang menawan, destinasi wisata ini juga memiliki nilai sejarah. Menurut sejarah, Situ Ciburuy merupakan peninggalan Prabu Siliwangi. Dia terkenal dengan kesaktiannya dan sihir macan putihnya.

Awalnya, danau ini digunakan sebagai zona pertempuran para juara di pulau Jawa, yang terbentuk karena pertemuan dua sungai di ujung desa Ciburuy. Dengan demikian, bisa dikatakan tempat ini berperan penting dalam perhelatan bergengsi pada masanya.

Baca Juga: Wisata Tangkuban Perahu Bandung: Lokasi, Harga dan Info Legenda

3. Tradisi togel sejak 1942

Lanjutkan membaca artikel di bawah ini

Pilihan Editor

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi Unik dan SejarahWebsite Ciburuy (instagram.com/liya86_)

Sebelum kemerdekaan Indonesia, tepatnya tahun 1942, Situ Ciburuy sering menjadi tempat diselenggarakannya sebuah acara. Acara yang diadakan di dekat lokasi ini bertujuan untuk memukul mundur bala bantuan. Umumnya upacara ini dikaitkan dengan tradisi menangkap ikan yang disebut “undian”.

Tidak berhenti disitu, ada juga acara dan pertunjukan hiburan seperti wayang golek, gendang pencak dan ronggeng. Selain itu, keunikan juga menghiasi saat berlangsungnya acara dimana ketika warga setempat sedang memancing atau menangkap ikan, mereka dapat dengan mudah menangkap ikan. Namun, hal itu tidak berlaku bagi para pendatang yang kesulitan mendapatkan ikan.

4. Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi Unik dan SejarahWebsite Ciburuy (instagram.com/fdwii_eye)

Ada beragam aktivitas seru yang bisa dilakukan saat berlibur di sini. Salah satu caranya adalah menikmati keindahan danau dengan bersantai di tepiannya. Pesonanya bisa berupa air jernih dan pepohonan rindang yang terlihat asri.

Selain itu, wisatawan dapat mengelilingi danau dengan perahu. Mereka bisa duduk di atas perahu dengan santai, sambil merasakan sejuknya angin.

Agar liburan semakin lengkap, tak ada salahnya mencicipi berbagai makanan khas danau berupa ikan segar yang bisa diolah sesuai keinginan pengunjung di beberapa warung terdekat.

5. Fasilitas Pendukung

Info Wisata Situ Ciburuy: Lokasi Unik dan SejarahSitu Ciburuy (instagram.com/aduy.bro)

Fasilitas yang tersedia di tempat wisata terbilang lengkap karena telah dikelola dengan baik. Wisatawan bisa memarkirkan kendaraannya di tempat parkir mobil yang luas dan tentunya aman karena ada penjaganya.

Tidak berhenti sampai di situ, ada juga toilet yang dibangun khusus untuk pengunjung yang ingin buang air. Bagi umat muslim, terdapat mushola yang letaknya tidak jauh dari lokasi objek wisata.

Informasi lengkap mengenai destinasi wisata Situ Ciburuy di atas bisa Anda dapatkan selama berwisata. Saat bepergian, ingatlah untuk selalu berhati-hati dan menghormati protokol kesehatan ya!

Baca Juga: 10 Potret Cicalengka Dreamland, Wisata Berkonsep Religius di Bandung

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform menulis. Semua karya tulis sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button