Berita Wisata

Kapal pesiar di Sabang menjadi pendorong untuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara

Sabang (ANTARA) – Plt Wali Kota Sabang Reza Fahlevi mengatakan, kedatangan kapal pesiar MV Azamara Quest di pulau paling barat Indonesia itu merupakan dorongan untuk meningkatkan kunjungan wisman di kawasan Pulau Weh pascapandemi COVID-19.

“Hari ini kami sangat senang menerima kunjungan kapal pesiar MV Azamara Quest, setelah selama ini sejak pandemi belum pernah dikunjungi kapal pesiar,” kata Reza di Kota Sabang, Kamis.

Pj Walikota dan Badan Pengelola Kawasan (BPKS) Sabang menyambut baik kedatangan kapal pesiar MV Azamara Quest yang sandar di Pelabuhan CT3 BPKS Sabang.

Menurut Reza, kedatangan kapal pesiar tersebut merupakan dorongan yang sangat baik bagi sektor pariwisata di Sabang. Ini menunjukkan bahwa Sabang sangat ramah pandemi, dan siap menyambut wisatawan mancanegara.

“Ini merupakan dorongan yang baik bagi pariwisata Sabang, dan ini menunjukkan bahwa Sabang siap menyambut kembali kunjungan wisatawan, baik dari segi sarana dan prasarana, maupun berbagai atraksi dan destinasi wisata yang dapat menarik wisatawan,” ujarnya.

MV Azamara Quest dikatakan memiliki sekitar 486 penumpang dan 396 awak kapal. Kapal berbendera Malta yang berangkat dari Sri Lanka singgah di dermaga BPKS CT-3 di Kota Sabang sebelum kembali ke Singapura.

Reza melanjutkan, pihaknya juga telah menyiapkan beberapa paket wisata untuk wisatawan di kapal pesiar MV Azamara di Sabang, seperti wisata laut ke Iboih dan juga wisata wisata ke tempat-tempat bersejarah.

“Intinya keunikan, kearifan lokal dan orisinalitas serta wisata yang menarik, apa yang ingin mereka lihat dari kita. Selain itu juga diharapkan wisatawan kapal pesiar bisa lebih lama tinggal sehingga sektor perekonomian masyarakat bisa meningkat, ” dia berkata.

Sementara itu, Kepala BPKS Junaidi Ali mengatakan pihaknya akan terus berupaya meningkatkan kunjungan kapal pesiar ke Sabang, dengan mengutamakan pelayanan dan peningkatan serta mengevaluasi beberapa hal, terkait atraksi maupun destinasi wisata lainnya.

BPKS telah melakukan persiapan selama beberapa bulan untuk menyambut kedatangan kapal pesiar pertama pasca pandemi. Pihaknya juga menata mulai dari prosedur operasi standar yang komprehensif, keamanan dan kepatuhan terhadap aturan standar internasional.

“Sudah disiapkan dari awal, tahun-tahun mendatang akan kami persiapkan lebih detail dan lebih matang dari segala sisi,” kata Junaidi.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button