Berita Wisata

Kapal Pesiar MV Ocean Odyssey tak bisa andalkan Sumenep, 124 turis AS batal berangkat

SUMENEP, KOMPAS.com – Sebanyak 124 wisman asal Amerika Serikat (AS) tidak dapat melakukan perjalanan dan berwisata ke Kabupaten Sumenep, Jawa Timur, pada Kamis (2/1/2023).

Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga, dan Pariwisata (Disbudporapar) Kabupaten Sumenep, Moh Iksan mengatakan, batalnya kunjungan wisman karena cuaca buruk. Kapal pesiar MV Ocean Odyssey yang mereka tumpangi batal berlabuh.

“Ada cuaca buruk dan berbahaya bagi penumpang, jadi Biro perjalanan yang menangani memutuskan untuk tidak percaya,” kata Iksan saat dihubungi. Kompas.comKamis (2/2/2023).

Baca juga: Asyifa, Balita Tanpa Anus di Sumenep Terima Bantuan dan Temui Menteri Sosial Tri Rismaharini

Iksan mengatakan, kapal pesiar MV Ocean Odyssey yang membawa turis asing asal Amerika Serikat itu sebenarnya dijadwalkan tiba di Pelabuhan Kalianget Sumenep pada Rabu (1/2/2023).

Merujuk pada jadwal yang diterima Dinas Pariwisata Sumenep, 124 wisman itu akan mengunjungi sejumlah tempat di Sumenep pada Kamis (2/2/2023). Namun, rencana itu akhirnya dibatalkan.

“Karena kapal pesiar tidak boleh sandar, maka otomatis penumpang tidak bisa turun. Akhirnya rencana jalan-jalan di Kabupaten Sumenep dibatalkan,” katanya.

Iksan mengatakan, pihaknya sebenarnya telah menyiapkan beberapa paket wisata alam dan budaya yang menarik untuk dikunjungi.

Baca juga: Bupati Temui 2 Warga Negara Finlandia yang Terdampar di Sumenep, Berikan Bantuan Akomodasi dan Transportasi

Selain mengunjungi Masjid Jami dan Anjungan Keraton Sumenep, wisatawan mancanegara harus dibawa ke berbagai wisata alam seperti pantai Lombang, Slopeng, Giliyang dan Gili Labak.

Dengan batalnya kedatangan kunjungan wisatawan itu, pihaknya mengaku mengalami kerugian, termasuk sejumlah persiapan yang telah dilakukan. Meski begitu, Iksan tak mau menyebutkan besaran kerugian yang dimaksud.

“Jelas ada kerugian bagi kami yang sudah mempersiapkan semuanya dengan baik,” pungkasnya.

Dapatkan pembaruan berita terpilih Dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button