Berita Wisata

Karena Aman dan Nyaman, Rizal Bahalwan: Kunjungan Wisman ke Banda Meledak

portraitmaluku.id – Kunjungan wisman ke Banda, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng) yang menjadi salah satu destinasi wisata utama di Provinsi Maluku tahun ini meledak.

“Salah satu faktor yang mendukung kedatangan wisatawan adalah keamanan dan kenyamanan,” kata Rizal Bahalwan, pelaku pariwisata sekaligus kepala adat Banda Neira, saat diwawancarai Kapolsek Banda Iptu Aris, Rabu (26/6) lalu. /10/2022).

Pria yang akrab disapa Aba ini mencatat, pada tahun ini, khususnya pada September – Oktober 2022, wisatawan bergiliran mengunjungi salah satu tempat wisata terbaik di dunia itu.

“Bulan ini adalah bulan yang baik. Biasanya Oktober – November masanya (air laut) di Banda, tenang,” kata Aba.

Di saat air laut tenang, diakuinya banyak biota laut yang muncul, meski faktor utama kedatangan wisatawan asing tersebut adalah keindahan Kepulauan Banda, baik di dasar laut maupun di datarannya.

“Banyak yang datang karena keindahan Pulau Banda dan juga sejarahnya. Saya lihat kunjungan wisatawan meledak tahun ini, mungkin karena Covid-19 sudah melambat ya,” ujarnya menjelaskan.

Menurut Aba, banyaknya wisatawan yang datang memenuhi tempat usaha, penginapan dan hotel.

“Kami pelaku pariwisata, balai-balai yang kami siapkan sudah lengkap. Itu juga menambah perekonomian para pelaku usaha, termasuk masyarakat Banda,” kata pemilik Cilu Bintang Estate.

Banyaknya wisatawan yang datang ke Banda, kata dia, tidak lepas dari rasa aman dan nyaman yang diberikan Polres Banda, Polres Malteng.

“Wisatawan yang datang ke Banda tidak hanya ke sana karena keindahan lautnya, tetapi juga merasa aman dan nyaman,” ujarnya.

Aba berharap ke depan ada kerjasama yang kuat antara kepolisian, stakeholder pariwisata dan masyarakat untuk bersama-sama menjaga keamanan dan keindahan Pulau Bunda.

“Kita berharap kedepannya kita juga bisa lebih peduli menjaga keamanan dan kenyamanan. Dan bagi kita, Bandana memiliki hubungan pada abad 15 dan 16 ketika orang Eropa datang untuk mendapatkan pala. Oleh karena itu kita para Bandana sudah terbiasa dengan wisatawan,” ujarnya.

Oleh karena itu, Aba mengucapkan terima kasih kepada Kapolda Maluku, Kapolsek Pusat dan Kapolsek Banda yang telah memberikan rasa aman dan nyaman bagi Banda. Untuk membuat wisatawan betah dan terus datang kembali dari tahun ke tahun.

“Sebagai pelaku usaha dan juga tokoh adat Banda, saya mengucapkan terima kasih atas kinerja kepolisian dalam hal keamanan dan kenyamanan. Dan ini harus terus dipertahankan dimana kerjasama antara pihak Banda dan pihak kepolisian sangat dibutuhkan. ditingkatkan lagi,” harapnya.(*/ASH)

IKUTI BERITA LEBIH LANJUT DI GOOGLE NEWS

Pengarang: Editor
Penerbit: Penerbit

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button