Tempat Wisata

KARIMUNJAWA Perkiraan Biaya, Jadwal Kapal dan Daya Tarik Agustus 2023

Taman Nasional Karimunjawa Biaya masuk: 5.000 hingga 225.000 rupiah. Jam buka: 07.30 – 16.00 WIB. Nomor telepon: . Alamat/Lokasi: Taman Nasional, Karimunjawa, Jepara, Jawa Tengah, Indonesia, 59455

Suasana pantai dan panorama laut biru yang menyejukkan selalu menjadi pilihan tepat untuk melepas penat. Indonesia memiliki banyak pantai indah yang menjadi tujuan wisata, salah satunya di kawasan tersebut Taman Nasional Karimunjawa.

Pulau-pulau yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara ini menawarkan banyak keindahan laut dan pantai untuk dijelajahi. Pesona Karimunjawa membuatnya mendapat julukan “Caribbean of Java” dan menarik banyak wisatawan lokal maupun mancanegara.

Perkiraan biaya dan harga tiket

Wisatawan tidak perlu membayar biaya masuk untuk memasuki kawasan Taman Nasional Karimunjawa. Namun, ada biaya tiket kapal ke Karimunjawa. Harga tiket bervariasi tergantung jenis kapal yang dipilih. Beberapa pantai dan tempat wisata juga membutuhkan tiket masuk yang berbeda untuk wisatawan lokal dan mancanegara.

Perkiraan biaya dan harga tiket masuk Karimunjawa
Tiket masuk untuk wisatawan domestik pada hari kerja dan akhir pekan 5.000IDR / 7.500IDR
Tiket masuk untuk wisatawan internasional pada hari kerja dan akhir pekan 150.000IDR / 225.000IDR
Menyelam, snorkeling, trekking bakau, melihat satwa liar, perjalanan memancing berkemah Rp 15.000 – Rp 50.000
penelitian kewarganegaraan Indonesia/orang asing 100.000IDR / 5.000.000IDR
Tiket Kapal Jepara – Karimunjawa (tergantung pilihan kelas) Rp52.000 – Rp125.000

Baca: Paket Tour Karimunjawa Lengkap dan Murah

Jadwal Kapal Karimunjawa

Taman nasional ini selalu terbuka untuk umum. Namun, transportasi ke pulau ini hanya beroperasi pada hari dan waktu tertentu saja. Ada juga kapal lain yang berangkat dari Semarang seperti B. KMC Kartini, namun hanya berjalan seminggu sekali.

Jadwal kapal ke dan dari Karimunjawa
Estimasi waktu tempuh dengan KMP FERRI SIGINJAI adalah 4,5 – 5 jam

Dari Jepara ke Karimunjawa: Senin, Rabu dan Jumat pukul 07:00, Jumat pukul 07:00.

Dari Karimunjawa ke Jepara: Selasa dan Kamis 07.00, Jumat 13.30, lalu Minggu 09.00

KMC EXPRESS BAHARI Estimasi waktu tempuh 2 – 2,5 jam

Jepara ke Karimun Jawa: Senin, Selasa, Rabu, Kamis dan Jumat pukul 09.00. Sedangkan untuk hari Sabtu jam 11 pagi

Karimunjawa ke Jepara: Senin dan Kamis jam 12 siang, Jumat dan Sabtu jam 7 pagi, lalu Rabu dan Minggu jam 11 pagi

Obyek wisata Taman Nasional Karimunjawa

Pantai UjungPantai Ujung Gelam dengan pasir putih dan air laut yang jernih – Foto: Google Maps/Anugrah Srileksono

Taman Nasional Karimunjawa adalah gugusan pulau di Laut Jawa yang termasuk dalam wilayah Kabupaten Jepara di Jawa Tengah. Kawasan ini terdiri dari 27 pulau, dengan Karimunjawa sebagai pulau terbesar.

Kepopuleran Karimunjawa sebagai negara kepulauan yang eksotis sudah lama terdengar di mancanegara. Pulau-pulau ini menawarkan air laut yang jernih, pantai berpasir putih, gugusan terumbu karang yang indah dan kawasan hutan bakau yang mempesona.

Baca: 16 Objek Wisata Alam Pilihan di Jawa Tengah

Berbagai pilihan pantai

Pantai Karimunjawa berpasir putihKeindahan pantai pasir putih dengan pohon kelapa yang bergoyang sangat mempesona.

Tidak akan ada habisnya membahas pantai-pantai yang ada di taman nasional ini. Kepulauan Karimunjawa adalah surganya pantai-pantai indah dengan air biru dan jernih. Setiap pantai memiliki pesona dan daya tarik tersendiri. Wisatawan tinggal memilih pantai yang sesuai dengan selera dan keinginannya.

Pantai Ujung Gelam dan Pantai Batu Topeng merupakan pantai berpasir putih yang paling banyak dikunjungi wisatawan. Ada juga pantai yang tidak hanya memiliki pasir putih. Lihat saja bebatuan eksotis di Pantai Batu Hitam dan Pantai Batu Merah di Pulau Parang.

Jika ingin menikmati suasana pantai yang santai dan menyenangkan, Pantai Bunga Jabe bisa menjadi pilihan. Berkat kreativitas warga setempat, pantai ini penuh dengan hiasan yang terbuat dari bahan alami seperti batu dan batang kayu yang sudah membatu. Dengan hiasan patung dan topeng kayunya, Pantai Bunga Jabe akan memberikan kesan tersendiri bagi siapa saja yang datang ke sini.

Pantai Bobby adalah salah satu pantai terindah di Karimunjawa

Baca: Tiket Jepara Ourland Park dan Wahana Seru

Bersantai di pantai

Batu di Pulau KecilAyunan di pesisir Pulau Cilik dengan view langsung ke laut – Foto: Google Maps/N Fuad

Karena arus laut yang agak tenang, pantai-pantai di Karimunjawa menjadi tempat yang tepat untuk menginap. Kecuali menikmati matahari terbit atau Matahari terbenam, Wisatawan juga bisa mencoba menikmati semilir angin laut di atas ayunan yang menjorok ke laut. Kemudian Anda juga berkesempatan mengunjungi bar minuman di pesisir pantai.

Snorkeling dan menyelam, eksplorasi laut

snorkelingPemandangan bawah laut untuk dinikmati saat snorkeling atau menyelam – Foto: Google Maps/Sabilla Desta

Rekreasi di Karimunjawa belum lengkap jika belum mengikuti kegiatan eksplorasi bawah laut seperti diving atau snorkeling. Pulau-pulau kecil di daerah itu adalah tempat yang cocok. Kondisi air lautnya jernih dan terdapat terumbu karang yang indah sebagai habitat berbagai ikan tropis. Selain itu, mengunjungi penangkaran hiu juga bisa menjadi pilihan yang menarik.

Baca: 4 Tempat Wisata Menarik di Jepara

Cantik alami

Trekking mangroveLihat sekilas hutan bakau saat mengikuti rute trekking – Foto: Google Maps/Kelly Tjandra

Taman nasional ini tidak hanya dikenal dengan keindahan laut dan pantainya saja, tetapi juga memiliki keindahan alam yang terjaga. Ini bisa dirasakan saat berkunjung Trekking mangrove.

Pengunjung mengikuti jalan setapak yang mengelilingi kawasan hutan bakau. Di ujung jalur ini terdapat gardu pandang yang menawarkan pemandangan hutan dan laut yang memesona.

Trekking hutan mangrove adalah salah satu aktivitas paling seru di Karimunjawa

Baca: Tiket & Wahana Tiara Park Jepara

kearifan lokal

Alun-alun KarimunjawaNikmati senja dan cicipi kuliner khas di Karimunjawa Square – Foto: Google Maps/Wolfgang Richard

Saat malam tiba, luangkan waktu untuk berbaur dengan masyarakat setempat di Alun-alun. Di sini wisatawan bisa mencoba berbagai kuliner khas daerah.

Jika tertarik dengan sejarah dan budaya setempat, wisatawan bisa mengunjungi makam Sunan Nyamplungan. Bahkan konon Kepulauan Karimunjawa ditemukan oleh keponakan Sunan Kudus.

Panorama dari bukit

bukit cintaInstalasi Karimun Jawa 3D di Bukit Cinta – Foto: Google Maps/rio sastra

Bukit Cinta merupakan kawasan dataran tinggi yang dilengkapi berbagai instalasi menarik dan populer sebagai spot foto. Selain tulisan “Cinta” yang mewakili asal usul namanya, di bukit ini juga terdapat tulisan “Karimun Jawa”. Tempat ini selalu menjadi pilihan memukul untuk pemburu selfie.

Selain Bukit Cinta, ada juga Bukit Joko Tuo yang menyuguhkan pemandangan pantai Karimunjawa dari ketinggian. Bukit ini juga dilengkapi dengan viewpoint bagi yang ingin menikmati pemandangan maksimal dari atas. Di sini pengunjung juga bisa melihat fosil paus asli lho!

Banyak pilihan akomodasi

Cocohut's Hotel KarimunjawaCocohuts Hotel adalah salah satu penginapan di Karimunjawa yang konon dimiliki oleh pelatih ternama Indonesia keturunan Jerman, Timo Scheunemann. Foto: Google Maps/Cocohuts Hotel

Jika ingin menginap di Karimunjawa, tidak perlu khawatir. Pilihan akomodasi hampir tidak terbatas, dari tempat perkemahan hingga Resor Kemewahan menempati pulau kecilnya sendiri.

Wisatawan bisa memilih antara bungalow bergaya kabin di tepi pantai atau hotel dengan bangunan modern. Jika Anda ingin berbaur dengan penduduk setempat, pilihan ada di tangan Anda keluarga tamu dengan pelayanan yang ramah.

Fasilitas Taman Nasional Karimunjawa

Sebagai objek wisata, Taman Nasional Karimunjawa menawarkan berbagai jenis akomodasi, transportasi laut dan udara, restoran dan kafe, serta biro perjalanan. Karimunjawa juga memiliki banyak jasa pemandu wisata untuk kegiatan Menyelam Dan snorkel. Ada beberapa kawasan alam yang dibuka untuk tempat wisata, seperti hutan bakau dan perbukitan.

Akses menuju Taman Nasional Karimunjawa

Sarana transportasi yang dapat digunakan untuk mencapai Karimunjawa antara lain pesawat terbang dan kapal laut. Penerbangan dengan pesawat cenderung terbatas, jadi kapal lebih menjadi pilihan. Kapal yang tersedia adalah feri dan speedboat. Perjalanan perahu berlangsung dari 2 hingga 5 jam.

Lokasi Taman Nasional Karimunjawa

Taman Nasional Karimunjawa merupakan bagian dari Kabupaten Jepara di Jawa Tengah. Situs tersebut berada di Laut Jawa barat laut Jepara. Jaraknya sekitar 80 km dari Jepara dan 120 km dari Semarang, ibu kota Jawa Tengah.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button