Berita Wisata

Karya seni dari Festival Seni Detektif 2022 akan dipajang di berbagai lokasi

INFORMASI NASIONAL – Polri sukses menyelenggarakan Police Art Festival (PAF) 2022 pada 17 Desember 2022. Sebanyak 45 tim terlibat, terdiri dari 10 tim Polda, 15 tim seniman difabel, dan 20 tim seniman jalanan. Dari 45 lukisan yang dihasilkan, 20 karya dipilih kurator untuk dipamerkan di Terminal 3 kedatangan domestik Bandara Soekarno-Hatta mulai 29 Desember 2022 hingga 29 Januari 2023.

Senior Director Tempo Inti Media Harian Meiky Sofyansyah mengatakan pameran ini merupakan langkah kedua setelah PAF 2022. Melacak karya seni para sahabat difabel, kata Kepala Divisi Humas Mabes Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo. tidak berhenti di PAF 2022. “Tapi kami diskors. Tahun depan kami akan berorganisasi dengan lebih banyak kesempatan.

Karo Multimedia Divhumas Polri, Brigjen Pol Gatot Repli Handoko mengatakan ada 45 lukisan hasil PAF 2022. Sebanyak 20 karya dipamerkan di Bandara Soetta, sedangkan sisanya akan dipamerkan di Mabes Polri dan di Yogyakarta.

“Selain Bandara Soeta, kami juga berusaha berkoordinasi dengan Angkasa Pura I di Yogyakarta dan dengan PT KAI. Karena ada 40 lukisan teman-teman difabel, ada 20 lukisan di sini. Nanti ada polri, kami juga akan berusaha mendapatkan dia di Yogya,” kata Gatot.

Gatot Repli mengapresiasi teman-teman penyandang disabilitas yang sebenarnya memiliki banyak jiwa seni. “Itulah yang harus kita lakukan ke atas. Kami memberi mereka kesempatan untuk mengekspresikan diri,” katanya.

Angkasa Pura II, kata Senior Manager Pelayanan dan Fasilitas Terminal 3 Bandara Soetta Muhammad Syahril, mendukung semua karya seni di Indonesia. “Bisa menjadi ajang pamer produk seni di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta.”

Tujuannya, lanjut Syahril, agar penumpang atau pengguna jasa dapat menikmati karya seniman lain sehingga pesan dapat tersampaikan kepada masyarakat atau pengguna bandara. “Kami bangga bisa mendukung kegiatan Polri untuk memajukan seniman difabel agar bisa lebih maju lagi.”

Tak kurang dari 20 karya dari Festival Seni Detektif yang berlangsung pada 17 Desember dipamerkan di Terminal 3 Kedatangan Domestik Bandara Soekarno Hatta (Soeta) sejak 29 Desember 2022 hingga 29 Januari 2023. Pameran ini merupakan upaya National Polisi akan menindaklanjuti karya penyandang disabilitas dan seniman jalanan dari Festival Seni Polisi 2022 untuk dipamerkan di ruang publik.

Kapolres Bandara Soekarno Hatta Kombes Pol Sigit Dany Setiyono mengatakan, secara umum memajang produk atau karya seni di bandara sangat efektif. “Karena orang akan lalu lalang, dan proses perjalanan khususnya di Terminal 3 untuk kedatangan domestik sangat lama. Bisa menghilangkan kebosanan, bahkan mereka mencari tempat-tempat yang bisa membangkitkan rasa penasaran (ingin tahu) baik melalui pajangan foto, lukisan atau produk UMKM yang akan menarik perhatian. »

Nova, penumpang pesawat asal Sumut, mengaku ada lukisan di sepanjang jalan wisatawan atau trotoar bergerak Terminal 3 Kedatangan Domestik di Bandara Soetta mampu mengusir rasa jenuh yang dirasakan di tengah penatnya perjalanan jauh. “Lumayan sekaligus catchy,” kata perempuan yang ingin melanjutkan perjalanan ke Kalimantan itu.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button