Tempat Wisata

Kawah Gunung Galunggung, surga alam eksotik dengan sejuta pesona di Tasikmalaya

Kawah Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat merupakan bukti kekuatan alam yang meninggalkan kesan mendalam melalui luas kawahnya dan panorama alamnya yang mempesona.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Linggajati, Kec. Sukaratu, Kab.Tasikmalaya, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Destinasi wisata Tasikmalaya dengan udaranya yang sejuk, bersih dari polusi serta pesona alam yang indah dan memukau selalu menjadi tempat yang menyenangkan dan menarik untuk dikunjungi. Seperti Kawah Gunung Galunggung di Tasikmalaya, Jawa Barat, situs ini populer di kalangan wisatawan lokal, domestik, dan mancanegara.

Beragamnya pemandangan yang ada di tempat ini selalu menggugah rasa penasaran untuk melihat sendiri dengan mata dan pikiran.

Selain itu, berbagai aktivitas menarik yang bisa dilakukan di sana membuat liburan semakin berkesan dan bermakna. Apalagi jika Anda melakukannya bersama keluarga, teman, atau orang tercinta.

Daya Tarik Kawah Gunung Galunggung

Kawah Gunung Galunggung TasikmalayaFoto oleh Sardiyanto Demangsari di Google Maps

Saat berlibur ke pegunungan, wisatawan hanya bisa menikmati pesona alam yang indah, udara segar dan cuaca sejuk nan sejuk. Namun destinasi Kawah Gunung Galunggung menawarkan berbagai atraksi untuk dinikmati wisatawan. Selain itu, tempat ini juga menawarkan kawah dan danau yang indah dan eksotis.

Keindahan Kawah dan Telaga Hijau

Setelah kegelapan datanglah terang, susah payah datanglah terang, setelah letusan datanglah keindahan alam yang mempesona. Hal inilah yang terjadi pada Gunung Galunggung. Pasca letusan tahun 1982, keindahan kawah dan danau hijau terhampar sehingga setiap mata tersuguhi pemandangan dan segala sesuatu yang ada di tempat ini memuaskan hati.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Kawah dan danaunya semakin menawan jika dilihat dari puncak gunung. Tempat ini merupakan tujuan utama dan tempat terpopuler bagi para wisatawan.

Selain keindahan kawah dan danaunya, tempat ini juga bisa dijadikan tempat memancing bagi wisatawan. Untuk melatih kesabaran dan bersenang-senang saat memancing, Anda bisa melakukannya bersama keluarga atau teman.

Udara sejuk dan bebas polusi

Selain objek wisata di atas, Anda juga bisa merasakan dan menikmati sejuknya udara bebas polusi di Kawah Gunung Galunggung. Sangat cocok bagi wisatawan yang biasa tinggal di perkotaan atau selalu terpapar polusi udara dari kendaraan bermotor atau pabrik.

Kesejukan udara semakin terasa saat wisatawan berada di puncak gunung. Berbagai pepohonan hijau yang menjulang tinggi diiringi angin, selain udaranya yang terasa sejuk, kadar oksigen yang dihirup dapat meningkatkan kesehatan paru-paru. Liburan seru dan menyehatkan bisa dinikmati sekaligus.

Keindahan panorama alam

Daya tarik lain dari Kawah Gunung Galunggung adalah menikmati indahnya panorama alam dalam perjalanan menuju lokasi. Karena letaknya di daerah pegunungan, perjalanan menuju destinasi wisata alam ini cukup menantang dan melelahkan serta menjadi pengalaman yang tak terlupakan.

Destinasi wisata alam ini hanya bisa dicapai dengan berjalan kaki. Namun wisatawan tidak perlu khawatir karena seluruh jalan yang dilalui terbuat dari besi cor. Selain itu dilengkapi dengan bracket besi di bagian kanan dan kiri.

Dalam perjalanan turun menuju kawah, wisatawan dapat mengagumi panorama alam yang indah, eksotik dan mempesona. Angin sepoi-sepoi, udara sejuk dan segar menemani Anda sepanjang perjalanan, sehingga jarak yang jauh tidak begitu terasa.

Kawasan flora dan fauna

Objek wisata alam Kawah Gunung Galunggung masih sangat asri dan terjaga kelestariannya. Hal ini bisa dilihat dengan berwisata ke lokasi kawah. Kicauan burung yang berbeda jenis dan warnanya, bahkan suara kera pun sering terdengar di telinga.

Selain itu juga terdapat pepohonan hijau yang menjulang tinggi seperti Montane, serta pepohonan indah seperti Ericaceous yang memanjakan setiap mata yang memandangnya.

Kawasan flora dan fauna di tempat wisata ini sangat khas dan sangat terawat. Oleh karena itu, perlindungan dan konservasi kawasan ini tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah dan pengelola saja.

Namun wisatawan juga mempunyai kewajiban yang sama yaitu menjaga, melestarikan dan tidak merusak fasilitas dan alam sekitar.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kawah Gunung GalunggungFoto oleh Iam_Totokusyanto di Instagram

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Kawah Gunung Galunggung sendirian, bersama teman atau keluarga, tempatnya terletak di Desa Linggawangi, Kecamatan Leuwisari, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Jarak menuju tempat ini sekitar 22 kilometer dari pusat kota Tasikmalaya, sedangkan waktu yang dibutuhkan hanya sekitar 50 menit.

Bila wisatawan berangkat dari Kota Tasikmalaya, arahkan kendaraan ke Jalan Ke Kawah lalu Jalan Cipanas Galunggung. Dalam perjalanan relatif aman dan terkendali karena jalan raya mulus dan beraspal tidak ada lubang yang berarti. Terdapat juga rambu-rambu di titik-titik strategis di jalan raya.

Jika Anda masih bingung saat bepergian, bertanya kepada warga sekitar adalah alternatif terbaik atau bahkan mengaktifkan aplikasi Google Maps adalah pilihan yang tepat. Karena aplikasi ini dapat digunakan untuk mengakses destinasi wisata alam yang ada di sana.

Biaya masuk dan jam buka

Liburan tidak harus selalu mahal, mencari tempat berlibur yang berkualitas dan terjangkau adalah pilihan yang cerdas dan tepat. Misalnya saja jika Anda berlibur ke kawah Gunung Galunggung. Hanya dengan biaya masuk sebesar Rp 15.000 per orang anda sudah bisa menikmati liburan yang asyik dan menyenangkan.

Namun bagi wisatawan yang membawa sepeda motor, tarif parkirnya hanya Rp 2.000 dan untuk mobil Rp 5.000. Harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung pedoman yang dikeluarkan oleh pihak pengelola. Jika Anda ingin menggunakan fasilitas lain di lokasi ini, Anda perlu menyiapkan biaya tersendiri.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas di Kawah Gunung GalunggungFoto oleh Durantet Regis di Google Maps

Jika Anda berlibur tanpa mengetahui aktivitas apa saja yang bisa Anda lakukan di sana, tidak akan sempurna dan Anda hanya perlu persiapan minimal. Oleh karena itu, perlu disampaikan bahwa wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas menarik selama berkunjung ke kawah Gunung Galunggung.

1. Piknik keluarga

Salah satu aktivitas menarik yang sangat digemari wisatawan adalah piknik keluarga. Tempat wisata alam ini merupakan tempat piknik yang seru dan menarik.

Karena tempat ini sangat cocok dan mempunyai luas diatas rata-rata untuk piknik. Ruang yang luas, pepohonan rindang yang menjulang tinggi, udara bersih, udara sejuk dan segar serta pemandangan alam indah yang mempesona menjadi alasan utamanya.

Oleh karena itu, tempat ini sangat cocok sebagai alternatif liburan menyenangkan bagi wisatawan yang ingin bercengkrama bersama keluarga dalam suasana berbeda dan menghadirkan keharmonisan dalam rumah tangga.

2. Berburu foto di Gunung Galunggung

Berbagai panorama alam yang indah dan eksotis serta destinasi wisata yang sempurna. Sayang sekali jika tidak membawa kamera atau ponsel terbaik.

Pasalnya Kawah Gunung Galunggung menjadi tempat yang tepat untuk berburu foto. Pesona alamnya yang indah memanjakan mata, flora dan fauna di sana juga menarik untuk didokumentasikan melalui foto atau video.

Selain itu, berbagai pose juga bisa diabadikan dengan background yang diinginkan. Di era digital dan media sosial seperti sekarang ini, mendokumentasikan liburan ke lokasi tersebut menjadi koleksi yang menyenangkan dan membanggakan jika disimpan ke akun media sosial Anda. Kegiatan menarik ini biasa dilakukan oleh para wisatawan khususnya para generasi muda milenial.

3. Memancing

Di kawah Gunung Galunggung terdapat sebuah danau indah yang terbentuk secara alami namun juga penuh dengan ikan. Itu sebabnya banyak wisatawan yang memancing bersama rombongan di tempat ini. Ada berbagai spesies ikan air tawar dengan ukuran berbeda di danau.

Mancing di tempat ini menjadi lebih tenang, sejuk dan menyegarkan karena suasana disana mendukung dan seolah menghipnotis wisatawan. Kegiatan ini menjadi lebih menarik, seru dan menantang jika dilakukan bersama keluarga atau teman karena Anda bisa mengadakan lomba memancing bersama mereka.

4. Melihat matahari terbit dan terbenam

Wisatawan yang ingin menyaksikan dua fenomena alam yakni matahari terbit dan terbenam bisa melakukannya di kawah Gunung Galunggung di sana.

Agar momen ini tidak terlewatkan, menyiapkan kamera atau ponsel adalah langkah yang tepat. Jika ingin melihat matahari terbit sebaiknya sudah berada disana pada pukul 05:00 WIB agar tidak melewatkan momen indah dan langka ini.

Selain menyaksikan matahari terbit, wisatawan juga bisa menyaksikan matahari terbenam di sore hari. Agar tidak ketinggalan, sebaiknya standby mulai pukul 17.00 WIB. Dua aktivitas menarik ini biasa dilakukan wisatawan. Mereka duduk-duduk di ketinggian dan memandangi panorama alam sambil menunggu terbit atau tenggelamnya matahari yang semakin menyenangkan.

5. Berendam di sumber air panas

Sumber air panas juga terdapat di kawah Gunung Galunggung. Saat rasa penat melanda dan cuaca semakin panas, berendam di pemandian air panas menjadi aktivitas menarik lainnya.

Salah satu alternatif terbaik untuk mengendurkan otot-otot tubuh yang mulai kaku adalah mandi air panas.

Air panas di tempat wisata ini berasal dari Gunung Galunggung. Namun, Anda tidak akan mencium atau merasakan belerang yang dikandungnya.

Sebab kandungan panas pada air ini berasal secara alami dari pegunungan. Setelah beraktivitas lama hingga membuat otot kaku dan lelah, mandi air panas tanpa belerang akan mengembalikan kesegaran dan kesehatan tubuh.

6. Berburu Kuliner

Berbagai aktivitas menarik telah dilakukan, rasa penat pun teratasi, selanjutnya yang harus Anda rasakan adalah perut mulai terasa lapar. Saat rasa lapar melanda dan tak tertahankan, berburu kuliner menjadi solusi yang tepat dan tepat.

Beragam menu juga ditawarkan di Kawah Gunung Galunggung, mulai dari olahan ayam atau ikan, namun makanan berat atau jajanan juga tersedia di tempat ini.

Beragam menunya memanjakan dan memanjakan lidah serta mampu menyembuhkan perut yang awalnya lapar. Oleh karena itu, jangan takut kelaparan, karena berburu kuliner merupakan kegiatan yang menarik bagi wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Kawah Gunung GalunggungFoto oleh Cahyo Wiwoho di Google Maps

Fasilitas pendukung di Kawah Gunung Galunggung antara lain toilet umum, tempat parkir, musala, dan tempat perkemahan yang juga tersedia untuk digunakan pengunjung.

Fasilitas penunjang lainnya berupa ratusan anak tangga cor dengan pegangan tangan besi di sisi kanan dan kiri sehingga memudahkan wisatawan untuk mengakses lokasi kawah.

Demikianlah beberapa ulasan yang dapat diberikan bagi anda yang ingin berkunjung ke Kawah Gunung Galunggung sebagai bahan awal persiapan agar anda dapat melakukan persiapan lebih matang sebelum berkunjung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button