Tempat Wisata

Kawah Ratu, kawah unik dan eksotik di Gunung Salak

Kawah Ratu, kawah unik dan eksotik di Gunung Salak

Kota Bogor selain merupakan kota hujan juga terkenal dengan banyaknya tempat wisata alam pegunungan dengan suasana yang sangat sejuk. Salah satunya Gunung Salak yang tak hanya bernuansa sejuk namun juga sarat akan mistisisme. Berbeda dengan gunung pada umumnya yang kawahnya terletak di puncak gunung, kawah Gunung Salak terletak di lerengnya. Kawah di lereng Gunung Salak ini dinamakan Kawah Ratu.

Karena letak kawah yang unik di lereng gunung, kita tidak perlu mendaki ke puncak gunung untuk menikmati keindahan kawah ini. Cukup mendaki sepertiga bagian Gunung Salak. Tak hanya mistis, Gunung Salak juga dikelilingi hutan lebat dan memiliki banyak air terjun yang layak untuk dikunjungi.

Fasilitas di Kawah Ratu

Gerbang pendakian pertama Kawah Ratu terletak di kawasan wisata Gunung Salak Endah. Ada banyak air terjun di kawasan ini yang bisa kita kunjungi. Ada juga gua dan sumber air panas. Tidak ada yang hilang tempat perkemahanVila, resor, bahkan pangkalan pelatihan TNI.

Keindahan Kawah Ratu

Terdapat dua jalur pendakian resmi yang bisa menuju Kawah Ratu, yakni lewat Cidahu dan Pasir Reungit. Kebanyakan pendaki biasanya memilih Pasir Reungit karena jaraknya yang cukup kecil dibandingkan Cidahu. Jarak dari Pasir Reungit ke Kawah Ratu sekitar 4 km. Jalurnya landai, meski ada beberapa tanjakan, namun tidak terlalu curam.

Selain landai dan tidak terlalu curam, jalur ini membawa Anda melewati jalan berbatu dan memasuki hutan hujan tropis yang lebat. Banyak pula tanaman di kanan dan kiri jalan yang terkadang memaksa pendaki harus sedikit membungkuk untuk melewatinya. Akibat tingginya curah hujan di kawasan ini, banyak mata air dan sungai kecil yang harus kami lewati.

Saat kami sampai di lokasi Kawah Ratu, suasana sudah kental dengan kepulan asap. Ada juga kolam kecil berisi air bergejolak. Daya tarik Kawah Ratu adalah aliran sungainya. Sungai Cikuluwung yang panjangnya sekitar 1 km melintasi kawah ini. Dari kejauhan air sungai berwarna biru kehijauan. Namun saat kami mendekat, campuran warna kuning dari endapan belerang terlihat jelas di dasar sungai.

Di sekelilingnya ada pohon-pohon mati dengan cabang-cabang yang layu. Terdapat sumber mata air belerang di beberapa titik di kawah ini yang biasa digunakan pengunjung sebagai masker wajah. Bagi yang ingin berkemah tidak diperkenankan mendirikan tenda di sekitar kawah karena asap yang keluar dari kawah bersifat beracun. Jika kita menghirupnya terus-menerus dalam jangka waktu yang lama, hal ini berbahaya bagi kesehatan kita.

Baca juga : Pantai Cibangban, keindahan Pantai Selatan yang eksotik dan memikat

Berburu foto di Kawah Ratu

Dalam perjalanan menuju kawah kita bertemu dengan monyet liar yang sedang mencari makan. Tentu saja monyet-monyet ini cukup menggemaskan untuk diabadikan dalam kamera. Keindahan dan keunikan Kawah Ratu yang dilalui aliran sungai juga menjadikannya sebagai spot foto andalan. Berfoto di sekitar pepohonan mati pun tak kalah bagusnya, kita serasa berada di hutan kering yang dipenuhi kepulan asap.

Peta lokasi Kawah Ratu

Biaya masuk ke Kawah Ratudan

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya parkir sepeda motor: Rp 5.000
  • Biaya parkir: Rp 10.000

(Diperbarui September 2023)

Jam buka Kawah Ratu

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 4 sore

Tips berlibur ke Kawah Ratu

  • Jalurnya harus melintasi sungai atau saluran air yang sangat licin. Tidak disarankan datang ke sini saat musim hujan karena bisa terbawa arus.
  • Mendakilah ditemani pemandu yang berpengalaman, karena terkadang rute yang Anda ambil tidak memiliki petunjuk arah sama sekali.
  • Bawalah parang untuk menebang semak atau dahan yang menghalangi jalan menuju Kawah Ratu.
  • Jika jalur pendakian cukup jauh, sebaiknya lakukan latihan fisik, jogging atau olahraga terlebih dahulu untuk mencegah risiko cedera.
  • Disarankan untuk berangkat ke Kawah Ratu pada pagi hari saat asap belerang belum terlalu menyengat.
  • Tidak disarankan untuk berkemah di dekat kawah karena asap belerang sangat berbahaya jika terlalu berbau.
  • Membawa perlengkapan pendakian standar seperti kompas, jas hujan, senter, korek api gas, masker dan obat nyamuk.
  • Kenakan sandal atau sepatu yang nyaman karena pendakiannya cukup panjang.
  • Tidak ada tempat perhentian sepanjang jalur pendakian. Jadi bawalah sekop mini tisu basah untuk menangani hal-hal yang “terbelakang”.
  • Jagalah kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Dilarang mencoret-coret jalur pendakian.

Jika Anda berlibur ke kawasan Bogor, Kawah Ratu bisa menjadi destinasi pendakian alam yang menarik. Ada baiknya berwisata ke Kawah Ratu melalui jalur pendakian yang panjang untuk melihat betapa uniknya kawah tersebut. Tentunya akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan dan tak terlupakan.

Galeri foto kawah Ratu

Potret Kawah Ratu di lereng Gunung Salak
Pemandangan dari Gunung Salak
Titik foto di bebatuan sungai
Spot foto dekat kawah
Potret sungai di sebelah Kawah Ratu

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button