Tempat Wisata

Kawah Rengganis Bandung, fasilitas, tiket masuk dan lokasi

Kawah Rengganis merupakan salah satu destinasi wisata alam yang diincar banyak wisatawan, terutama yang menyukai tantangan. Tempat ini tidak hanya bisa melihat pemandangan yang indah, pengunjung juga bisa mandi air panas.

Jam buka: 07.00-17.00 WIB
harga tiket: Rp 5.000/orang
Kontak:
Alamat: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat 40973
Fasilitas umum: Toilet, warung, tempat berteduh
Akses jalan: Sepeda motor hanya bisa lewat sebelum berkendara ke lokasi, dan curam (ada ojek khusus).
Bisnis: Ada
Peta Daring: tunjukkan peta

Kawah Rengganis

Bandung merupakan kota wisata yang wajib dijadikan sebagai tujuan wisata berlibur. Kawasan ini memiliki berbagai jenis keindahan dari ujung ke ujung. Dengan udara dan nuansa yang bisa menyentuh hati.

Keindahan kota Bandung terletak di kawasan Ciwidey. Dimana berdiri sebuah gunung agung yang disebut Taat. Selain gunung ini, ada juga dua kawah pagi bernama Kawah Ciwidey dan Kawah Ciwidey Kawah Rengganis.

Baca Juga Informasi Wisata Lengkap di Bandung

Sekilas tentang Kawah Rengganis

Ini adalah objek wisata yang ada sebagai hasil dari letusan gunung berapi Sunda purba beberapa juta tahun yang lalu. Nama Rengganis baru muncul belakangan ini, yang lebih dikenal penduduk setempat dengan sebutan Cibuni.

Jadi jika suatu hari Anda tersesat dan mencari tempat ini nanti, tanyakan pada penduduk setempat. Jika Anda tidak tahu Kawah Rengganis. Mungkin menyebutnya Kawah Cibuni, Anda akan lebih mengenalinya.

Perubahan nama ini karena adanya perubahan administrasi wilayah di kawasan Ciwidey yang saat ini dikelola oleh Agrowisata Rancabuli. Dengan adanya perubahan pengelolaan objek wisata ini juga mengalami perubahan yang baik.

Banyak wisatawan bertanya-tanya apa perbedaan antara kawah Ciwidey dan Rengganis? Faktanya, tidak ada yang terbentuk secara alami. Hanya saja di kawah putih terdapat pasir putih dan warna airnya terkadang berubah-ubah.

Sementara itu, Rengganis sendiri memiliki getaran yang sangat bagus. Memandang pepohonan yang menjulang tinggi. Hal ini menambah keindahan kawasan ini. Selain itu, Anda tidak akan mencium bau belerang yang menyengat di sini.

Selanjutnya ada air kawah. Tempat ini bisa digunakan untuk mandi dan terapi kesehatan lho? Kenapa bisa? Kawah di sini dilalui oleh air sungai yang cukup bersih. Jadi aman digunakan untuk mandi.

Selain itu, Anda juga bisa merasa sangat santai karena bercampur dengan sumber air panas. Ketenangan dan keheningan hati akan meresap ke dalam tulang. Kandungan belerangnya mampu menyembuhkan penyakit kulit.

Oleh karena itu, aliran air ini dapat digunakan sebagai sumber air panas Cimanggu. Alasan lain mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini adalah adanya fasilitas spa. Ada dua geyser kecil atau mata air panas yang bisa menyembur ke atas.

Hasil dari ledakan ini menciptakan sejumlah besar uap. Jadi Anda bisa menggunakan tempat ini untuk mandi sauna alami. Rasakan pengalaman berbeda saat Anda menikmati sauna panas di alam.

Kawah Rengganis juga memiliki lokasi berupa lumpur. Lumpur ini konon memiliki khasiat khusus, yaitu kemampuannya untuk mengencangkan dan menghaluskan kulit. Jadi, terapi alami terbaik untuk Anda para wanita.

Dari segi fotografi, Anda juga dapat menikmati berbagai jenis formasi batuan alam berasap. Asap ini berasal dari bawah tanah. Benar-benar pemandangan yang tidak boleh dilewatkan sedikit pun.

Fasilitas pengguna kawah Rengganis

Saat berada di sini Anda akan dimanjakan dengan berbagai jenis fasilitas seperti pancuran yang mengeluarkan air panas. Bagi Anda yang pegal dan lelah akibat berbagai jenis serangan, Anda bisa menggunakan tempat ini untuk menghilangkannya.

Jangan khawatir masalah perut karena di kawasan ini sudah tersedia berbagai jenis toko dan warung. Menawarkan berbagai menu seperti mie instan, kopi, teh, nasi goreng dan aneka gorengan.

Padahal, saat suhu sedang dingin, makan yang hangat-hangat seperti mi instan seperti ini paling enak. Rumah-rumah warga sekitar juga bisa dijadikan penginapan murah, atau bisa juga menginap di tempat lain yang tersedia dimana-mana.

Rute Lokasi Kawah Rengganis

Kawah Rengganis terletak di Desa Patengan, Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Anda dapat mengunjungi tempat ini dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. Lama tidak menikmati tempat ini.

Sebenarnya untuk mencapai kawasan ini cukup mudah. Anda wajib mengunjungi kawasan Ciwidey, lebih spesifiknya yang terletak di Patenggang. Kembali lurus 2 km. Setelah membeli tiket, Anda harus berjalan kaki kembali sejauh 1 km.

Anda juga dapat mencapai tempat ini dengan transportasi umum. Naik bus dari Terminal Bandung ke Terminal Ciwidey. Kemudian transfer ke moda transportasi pedesaan yang akan membawa Anda ke lokasi ini. Sangat mudah bukan untuk menuju ke tempat wisata ini.

Tiket Masuk Kawah Rengganis

Harga tiket masuk kawasan ini hanya 5.000 rupiah. Harganya cukup murah bukan, nikmati berbagai macam keindahan di sini. ditambah biaya parkir 5.000 rupiah untuk sepeda motor. Dan 10.000 rupiah bagi yang membawa mobil.

galeri foto kawah rengganis

Kawah Rengganis, keindahannya sudah ada sejak zaman dahulu

Kawah Rengganis, keindahannya sudah ada sejak zaman dahulu

Kawah Rengganis, keindahannya sudah ada sejak zaman dahulu

Kawah Rengganis, Keindahannya Sudah Ada Sejak Zaman Dahulu

Kawah Rengganis

Kawah Rengganis merupakan objek wisata dengan pesona yang tiada habisnya. Keindahannya mampu memukau setiap orang yang datang untuk menikmatinya. Jadi jangan lewatkan untuk mengunjungi kawasan ini selama berada di Bandung.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Back to top button