Berita Wisata

Kawah Talaga Bodas, Garut Baru Informasi wisata, harga dan fasilitas

Kawah Talaga Bodas merupakan objek wisata di kawasan Garut yang hampir sama dengan mengunjungi Kawah Putih di Bandung. Kedua wisata tersebut memiliki perbedaan hanya pada nama saja, di Garut menggunakan bahasa sunda.

Wisata ini dekat dengan Gunung Talaga yang merupakan perbatasan antara wilayah Garut dengan Kabupaten Tasikmalaya. Ketinggiannya mencapai 2.201 mdpl, terletak di Kabupaten Garut, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Harga Tiket Kawah Talaga Bodas dan Jam Buka

Untuk harga tiket masuk sobat Djava hanya bisa merogoh kocek sekitar Rp 7.000 untuk weekdays dan Rp 10.000 saat weekend. Kemudian apabila sobat Djava membawa kendaraan sendiri maka akan dikenakan biaya parkir sepeda motor sebesar Rp 5.000/kerja dan Rp 10.000/hari libur.

Dan untuk biaya parkir mobil sobat Djava dikenakan biaya Rp 10.000/kerja dan Rp 15.000/hari libur. Kemudian untuk jam buka sendiri di Kawah Talaga Bodas mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Fasilitas yang Ada di Wisata Kawah Talaga Bodas

  • Kawasan wisata yang telah ditata dengan cermat untuk memanfaatkan Kawah Putih dan pemandangan Gunung Talaga, Gunung Saraga, dan Gunung Galunggung di dekatnya.
  • Temukan foto-foto yang sedang tren
  • Akses jalan sudah diperbaiki untuk memudahkan sobat Jawa menuju kawah Talaga Bodas.
  • Tempat makan berderet untuk tempat istirahat sobat jawa sebelum dan sesudah mengunjungi Kawah Talaga Bodas.
  • Tidak ketinggalan tempat ibadah yaitu Mushola dan Toilet.

Informasi Kawah Talaga Bodas

Kawah Talaga Bodas termasuk wisata dengan kombinasi wisata gunung, bukit dan danau atau Kawah Putih. Sobat Djava bisa menikmati ketiga wisata tersebut dalam kunjungan ke Wisata Kawah Talaga Bodah, Garut.

Tempat ini konon terbentuk dari lava andesit dan prolastik serta letusan Gunung Galunggung yang dekat dengan Gunung Talaga. Dan sebelum terkenal seperti sekarang ini, trik ini sudah ada sejak penjajahan Belanda.

Pada tahun 1932, ada sebuah desa bernama Kampung Papandak, yang kemudian memiliki fotografer bernama Thilly Wissenborn. Dia adalah seorang fotografer asal Jerman tetapi lahir di Kediri, di Jawa Timur.

Saat dalam perjalanan mencari peralatan untuk fotografinya, Thilly secara tidak sengaja mengambil gambar lanskap sekitarnya.

Kawah ini menjadi terkenal di kalangan penjajah Belanda dan Eropa setelah Thilly membuat gambar pemandangannya di kartu pos. Mereka mulai bertanya-tanya tentang lokasi kawah Talaga Bodas dan tidak butuh waktu lama untuk mengunjunginya.

Hingga akhirnya Gubernur Jenderal Hindia Belanda menjadikan tempat ini sebagai objek wisata pada tanggal 4 Februari 1924. Untuk arti dari nama wisata tersebut yaitu kata Talaga yang artinya kolam dan kata Bodas artinya Putih, sehingga sirkuit ini dapat ditafsirkan sebagai Kolam Putih.

Tips kedua bagi pengunjung adalah berpakaian lebih tebal, karena merupakan daerah perbukitan. Sehingga suasana dingin, terutama bagi Anda yang tidak terbiasa dengan kondisi tersebut. Ini informasi buat sobat jawa yang masih belum tau mau liburan kemana, bisa coba berkunjung ke wisata Kawah Talaga Bodas.

Kemudian, untuk terus menerima artikel-artikel menarik sobat Djava, kamu harus terus mengikuti Media Djava hari ini. Sobat Djava bisa mengaksesnya di Djavatoday.com agar tidak ketinggalan informasi terbaru.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button