Berita Wisata

Kebun Binatang Glad Loka telah menambah koleksi hewan untuk menyambut Tahun Baru Imlek 2023

Monyet-monyet itu percaya kerja sama konservasi Sulawesi akan mengisi kawasan primata kebun binatang GL.

Yogyakarta (ANTARA) – Pengelola Objek Wisata Happy Loka Zoo (GL Zoo) Yogyakarta menambah koleksi satwa baru untuk menyambut Tahun Baru Imlek yang jatuh pada 22 Januari 2023.

Manajer Humas dan Promosi GL Zoo Fahmi Ramadhan, yang dihubungi di Yogyakarta, Rabu, mengatakan hewan baru yang akan diimpor adalah yaki (macaca nigra) atau monyet jambul hitam, spesies endemik Sulawesi Utara.

“Monyet yakin kerja sama konservasi Sulawesi akan mengisi kawasan primata kebun binatang GL,” kata Fahmi.

Baca Juga: Sejumlah Tempat Wisata di Yogyakarta Mulai Dibanjiri Wisatawan

Selain yaki, kata dia, empat hewan lain yang masuk ke zona primata sejak 1 Januari 2023, yakni monyet tupai, monyet marmoset, monyet tonkean hitam, dan lemur.

Beberapa primata, katanya, didatangkan dari Amerika Serikat. “Yang diimpor adalah monyet tupai dan monyet marmoset. Mereka adalah hewan dari Amerika Latin,” ujarnya.

Selain memperkenalkan primata baru, menurutnya GL Zoo juga menyiapkan sejumlah program khusus Imlek dari lomba yang melibatkan wisatawan, kuis di media sosial Instagram GL Zoo.

Lalu ada pula teater konservasi satwa yang bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI), membagikan ratusan angpau untuk pengunjung.

“Karena tahun kelinci, akan ada lomba mencari stiker kelinci dan kuis di Instagram. Juga akan ada pembagian ratusan bingkisan merah secara acak oleh badut kepada wisatawan, tidak berisi uang tapi voucher,” ujarnya.

Baca juga: Kebun Binatang Mini Romokalisari Surabaya dilengkapi dengan burung

Pengelola Kebun Binatang Gembira Loka, kata Fahmi, menargetkan jumlah kunjungan wisatawan ke kebun binatang tersebut mencapai 5.000 hingga 10.000 orang per hari selama libur Imlek 2023.

“Pada hari biasa biasanya 1.000 hingga 3.000 orang per hari, sedangkan pada akhir pekan bisa mencapai 3.000 hingga 5.000 pengunjung,” kata Fahmi.

Mengantisipasi membludaknya wisatawan, kata dia, dua pintu masuk GL Zoo juga sudah dimaksimalkan, yakni pintu barat yang berada di Jalan Veteran dan pintu masuk timur di Jalan Kebun Raya.

Reporter: Luqman Hakim
Penerbit : Nusarina Yuliastuti
HAK CIPTA © ANTARA 2023

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button