Berita Wisata

Kebun binatang mini Kemuning Karanganyar menambah koleksi hewan eksotis, ada sugar glider dan tupai albino

TRIBUNJATENG.COM, KARANGANYAR – Direktur Kebun Binatang Mini atau Taman Margasatwa Kemuning yang berlokasi di Desa Kemuning, Kecamatan Ngargoyoso, Kabupaten Karanganyar menambah empat koleksi satwa eksotis.

Taman edukasi satwa ini dikelola oleh Karang Taruna Dusun Desa Kemuning RT 1 RW 2 Kemuning. Taman satwa ini telah beroperasi sejak akhir tahun 2021. Terdapat sejumlah satwa eksotis di taman tersebut seperti kura-kura sulcata, iguana super red, biawak tegu merah dan masih banyak lagi.

Galang Hermawan, direktur lateral dan ketua Karang Taruna Dusun Kemuning, mengatakan keempat hewan eksotik itu adalah tupai albino, tupai albino, sugar glider albino, dan python albino molurus. Dengan tambahan tersebut, saat ini terdapat 35 spesies hewan eksotik dengan total lebih dari 100 individu.

“Tupai memang karakternya seperti di alam, jadi tidak jinak, garang juga, karakternya penakut. Sugar glider juga tidak dibawa keluar (dari kandang) hanya diperlihatkan dan untuk edukasi. Untuk ular albino mungkin untuk interaksi pengunjung,” katanya kepada Tribunjateng.com, Sabtu (29/10/2022).

Selain menambah jumlah koleksi, lanjutnya, pengelola juga terus berekspansi untuk menarik pengunjung. Sehingga nantinya tidak hanya anak-anak dan orang tua saja yang berkunjung ke taman satwa tersebut tetapi juga para remaja. Pengembangan berupa spot foto dan fitur sungai di bawah area kandang hewan.

“Namun karena saat ini jumlah kunjungan mengalami penurunan karena beberapa faktor seperti cuaca dan lain-lain. Jadi pembangunannya dihentikan dulu, dengan prioritas kesehatan hewan dulu. Nanti kalau kunjungan normal, hasil yang kita dapat adalah untuk pembangunan. ,” dia berkata. Menjelaskan. (AIS).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button