Tak Berkategori

Kebun Binatang Suraloka, wisata edukasi populer dengan berbagai wahana seru di Sleman

Kebun Binatang Suraloka, destinasi wisata edukasi populer di Sleman, menyuguhkan beragam wahana seru dan keindahan Anggrek Suraloka yang membuat pengunjung terpesona.

Harga tiket: Rp30.000, Jam beroperasi: 09.00 – 16.00 WIB, Alamat: J L. Boyong No. 97, Hargobinangun, Kec. Pakem, Kab.Sleman, DI Yogyakarta; Map: Periksa lokasinya

Kebun Binatang Suraloka merupakan salah satu tempat wisata terbaru di Jogja khususnya di Kaliurang. Sesuai dengan namanya, tempat wisata ini merupakan kebun binatang yang mengoleksi berbagai binatang lucu dan menggemaskan. Menariknya, konsep kebun binatang ini dipadukan dengan wahana dan taman bermain anak sebagai daya tarik utamanya.

Perpaduan keduanya tidak salah, karena selama ini banyak wisatawan yang datang berkunjung. Meski terbilang masih baru, namun dibuka pada akhir tahun 2021 ini jumlah pengunjungnya tak kalah dengan kebun binatang lain yang sudah lama beroperasi. Tata letak ruangan yang rapi dan memberikan kesan bersih, tak heran jika setiap pengunjung yang datang selalu ingin berlama-lama.

Tempat wisata di Sleman ini cocok untuk semua kalangan, baik keluarga maupun berpasangan. Terdapat wahana seru untuk anak-anak di Kebun Binatang Suraloka. Sedangkan remaja dan dewasa bisa mencari di media sosial spot-spot foto cantik untuk dipamerkan. Selain itu, kebun binatang di Jogja ini juga layak dijadikan sebagai media edukasi bagi anak-anak.

➥ Cek Tiket Zombie House Jogja

Atraksi Kebun Binatang Suraloka

Atraksi Shutterstock Kebun Binatang SuralokaFoto oleh Masmikha di Shutterstock

Setiap objek wisata pastinya mempunyai daya tarik tersendiri, begitu pula Kebun Binatang Suraloka Kaliurang. Kebanyakan tur kebun binatang adalah tentang pesona koleksi hewan. Kali ini juga, namun ada beberapa atraksi lain yang melengkapi semuanya.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Koleksi Hewan Kebun Binatang Suraloka

Koleksi hewan yang ada sebagian besar merupakan hewan jinak seperti merpati kipas, kelinci, rusa, bebek peking, burung merak dan masih banyak lagi yang lainnya. Setiap hewan ditempatkan di wilayahnya masing-masing, disesuaikan dengan habitatnya. Penatausahaannya sangat baik dan teratur, sehingga tidak bosan meski dilihat lama.

Misalnya merpati kipas, dimana rumah khusus dilengkapi dengan ruangan bertumpuk dan setiap pintunya. Posisinya sedikit di atas dan dikelilingi tanaman rindang. Pengunjung bebas memasuki area Kebun Binatang Suraloka yang biasanya banyak terdapat burung merpati yang terbang liar.

Contoh lainnya adalah kawasan bebek peking yang unik dan mengesankan. Ini meniru habitat aslinya dan menampilkan air mengalir seperti sungai tempat bebek biasanya berenang. Area ini dikelilingi pagar yang berfungsi sebagai pembatas agar bebek tetap berada pada posisinya. Menariknya, wahana kereta mini ditawarkan di sekitar lokasi sehingga pengunjung dapat menyaksikan bebek-bebek yang berputar-putar di sekitar kereta.

Taman bermain anak-anak juga tersedia

Taman bermain atau yang biasa disebut dengan taman bermain menjadi daya tarik Kebun Binatang Suraloka selanjutnya. Permainan yang ditawarkan tidak jauh berbeda dengan taman lainnya yaitu perosotan, jaring laba-laba, ayunan, dan mini climbing. Anak-anak pasti suka bermain di taman ini dan bisa lupa waktu.

Selain permainan dengan konsep outdoor, ada juga konsep indoor yang tak kalah menarik. Menampilkan berbagai lukisan bertema hutan, permainan dalam ruangan ini menampilkan mobil, balok susun, dan bahkan lubang bola. Salah satu ruangan yang dimaksud memiliki hal yang menarik, yakni menggunakan pasir putih sebagai alasnya.

Pilihan wahana yang lengkap

Dulunya diperuntukkan bagi anak di bawah umur, daya tarik Kebun Binatang Suraloka selanjutnya adalah wahana yang menantang. Wahana ini cocok untuk usia TK hingga SD. Tidak disarankan untuk remaja atau dewasa, apalagi anak di bawah umur. Contohnya adalah wahana Flying Fox yang mempunyai rute yang cukup panjang di atas ketinggian.

Selain itu ada juga tali tinggi yang tak kalah menarik. Kendaraan ini menggunakan tali sebagai rel dan akses jalan. Anak-anak berjalan di atas tali dan pegangan tangan yang juga terbuat dari tali. Tak hanya menantang, ketinggiannya juga cukup tinggi.

➥ Hotel murah di Sleman

Anggrek Suraloka

Kebun Binatang Suraloka Kaliurang selain hanya sekedar tempat wisata juga cocok untuk anak-anak karena banyaknya wahana yang ada. Objek wisata ini juga layak dikunjungi bagi kalangan dewasa dan remaja, terutama yang menyukai tanaman anggrek. Di sini pengunjung dapat menikmati keindahan aneka bunga anggrek yang ada di Kawasan Anggrek Suraloka.

Kawasan tersebut dirancang khusus dengan bentuk bangunan menyerupai piramida. Bangunan berwarna putih terbuka ini sangat luas. Koleksi bunganya sangat banyak sehingga tidak akan bosan walaupun berlama-lama di sini. Menariknya, pengunjung tidak hanya bisa melihatnya tapi juga membelinya jika tertarik dengan keindahannya.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Binatang Suraloka ShutterstockAtraksi Shutterstock Kebun Binatang Suraloka

Langsung saja ke Jalan Boyong No.97, Kaliurang, Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, DI Yogyakarta jika tertarik mengunjungi Kebun Binatang Suraloka. Tempat wisata keluarga ini letaknya tidak jauh dari pusat kota Jogja, hanya sekitar 25 kilometer. Untuk jarak tersebut waktu yang dibutuhkan hanya 50 menit dengan kecepatan kendaraan normal.

Landmark utamanya adalah Museum Gunung Merapi yang berjarak sekitar 1,5 kilometer dari tempat wisata. Dengan asumsi Anda berada di pusat kota Jogja, ambillah jalur yang mengarah ke Tugu Yogyakarta. Lanjutkan perjalanan hingga mencapai bundaran UGM yang sebelumnya melewati Jalan Jendral Sudirman.

Setelah itu silakan belok dari Iri menuju Jalan Pertama dan berakhir di Underpass Kentungan sebagai pos pemeriksaan selanjutnya. Lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan dekat Alun-Alun Panti Asih lalu belok kiri. Tak jauh dari titik terakhir Anda sudah berada di Jalan Boyong dan ikuti rambu yang tersedia.

➥ Tiket SCH Ice Skating Arena Sleman

Biaya masuk dan jam buka

Kebun Binatang Suraloka tidak jauh berbeda dengan tempat wisata kebun binatang di tempat lain dan juga mengharuskan wisatawan membayar tiket masuk. Seorang pengunjung akan dikenakan tiket sebesar 30.000 rupiah pada hari aktif atau hari kerja. Kalau di akhir pekan sekarang sedikit lebih mahal yaitu 40.000 rupiah.

Selain tiket dasar, pengunjung juga dapat memilih paket atau tiket musiman. Sedangkan Paket 1 berharga 50.000 rupiah dengan fasilitas Kereta Thomas, foto merpati di tangan dan tiket masuk ke area kelinci. Paket 2 berharga 75.000 rupiah dan sudah termasuk high Rope, Flying Fox, dan foto burung.

Jika ingin tiket musiman yang lebih lengkap, tersedia pilihan 3 paket dengan harga 150.000 rupiah. Dengan paket ini pengunjung mendapatkan arena bermain indoor, Flying Fox, Kereta Thomas, tali tinggi, dan foto burung di tangan. Perlu diketahui bahwa objek wisata ini buka setiap hari mulai pukul 09:00 hingga 16:00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Kebun Binatang Shutterstock SuralokaAlamat Kebun Binatang Suraloka Shutterstock

Secara umum, kegiatan yang menarik saat berkunjung ke kebun binatang adalah mengamati tingkah lucu para hewan. Suraloka Zoo Kaliurang pun sama tapi masih banyak yang bisa dilakukan, ini detailnya!

1. Menjadi sehat dengan terapi ikan di Kebun Binatang Suraloka

Di salah satu titik tempat wisata keluarga ini terdapat sebuah kolam dengan air mancur di tengahnya. Kolam ini berisi ikan-ikan kecil yang dapat dijadikan terapi ikan untuk kesehatan. Pengunjung tinggal mencelupkan kakinya ke dalam akuarium, lalu tugas ikan adalah menggigit dan memakan sel kulit mati untuk melancarkan peredaran darah.

2. Perjalanan dengan Kereta Thomas

Suatu kebahagiaan bagi orang tua melihat anak-anaknya bahagia. Mendapatkannya tidaklah sulit di Kebun Binatang Suraloka. Anda dapat naik kereta Thomas dan berkeliling menjelajahi tempat-tempat sekitarnya. Apalagi kereta ini menggunakan jalur Bebek Peking yang cantik dan lucu pastinya menambah keseruannya.

3. Memberi makan hewan

Jika melihatnya saja belum cukup mengasyikkan, Anda juga bisa memberi makan hewan-hewan tersebut langsung di lokasi. Tidak semua hewan dapat diberi makan sesuai pedoman pengelolaan. Satwa yang dapat berinteraksi langsung dengan wisatawan antara lain rusa, kelinci, dan burung. Umumnya, pengunjung memberi makan rusa dan sedikit mengelusnya saat melakukannya.

4. Bermain di taman bermain

Sebelumnya dikatakan Kebun Binatang Suraloka merupakan tempat wisata edukasi yang cocok untuk anak-anak. Jika Anda ingin bermain di perosotan, ayunan atau jembatan mini, silakan masuk ke area bermain outdoor. Situasinya berbeda: jika Anda menginginkan aktivitas yang dapat merangsang saraf otak, ada baiknya memilih permainan di dalam ruangan seperti balok bangunan atau puzzle.

5. Outbound itu seru dan menantang

Ada berbagai cara untuk mengajar anak menjadi berani. Salah satunya adalah aktivitas menunggang kuda yang seru. Selain itu, banyak pilihan tamasya seru dan menantang di kebun binatang ini seperti Flying Fox dan High Ropes. Jangan khawatir dengan keselamatan Anda karena wahana ini memiliki sertifikat yang memenuhi standar internasional.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Shutterstock Fasilitas Kebun Binatang SuralokaAktivitas Kebun Binatang Shutterstock Suraloka

Agar lebih meyakinkan, Anda juga perlu mengetahui fasilitas apa saja yang disediakan oleh pihak pengelola Kebun Binatang Suraloka. Meski masih baru, namun perlengkapannya sangat bagus dan terbilang lengkap. Bukan sekadar fasilitas wajib seperti tempat parkir, musala, dan toilet.

Pengunjung juga mempunyai akses fasilitas lain berupa kafe, spot foto, dan berbagai wahana. Selain itu, ada juga fasilitas penting di era digital yaitu akses Wi-Fi gratis.

Tempat wisata di Sleman ini tidak hanya berupa kebun binatang dengan koleksi hewannya saja, namun juga patut dikunjungi karena permainan yang ada di dalamnya. Jika kebetulan sedang berada di Jogja, tidak ada salahnya untuk mampir dan membawa keceriaan anak-anak dengan mengunjungi Kebun Binatang Suraloka Kaliurang. Apalagi harganya masih bersahabat dan banyak pilihan paket yang ditawarkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button