Tempat Wisata

Kebun Inggit Strawberry, wisata petik buah dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Magelang

harga tiket: Rp 5.000, Waktu aktif: 08.00-16.00 WIB, Alamat: Banyuroto, Kec. Sawangan, Kab.Magelang, Jawa Tengah; map: Cek lokasi

Kebun Strawberry Inggit merupakan salah satu tempat wisata di Magelang yang cocok untuk liburan akhir pekan keluarga. Karena disana semua pengunjung dimanjakan dengan indahnya pesona wisata alam. Jadi bisa dipastikan waktu liburan yang dihabiskan di sana tidak akan terasa sia-sia.

Anda tidak hanya berlibur ke sana, namun tempat wisata yang satu ini memiliki nilai edukasi dan agrowisata yang sangat cocok untuk mengisi waktu Anda. Pengunjung yang datang ke tempat ini juga berasal dari berbagai kalangan, mulai dari balita hingga orang dewasa. Tak heran jika termasuk dalam salah satu wisata terpenting di Magelang.

Anda pasti akan mendapatkan pengalaman baru karena wisata ini memang sangat berbeda dengan kebanyakan wisata di Magelang lainnya. Jadi, saat musim liburan tiba, jangan lupa mampir ke sana. Namun, sebelum Anda memutuskan untuk datang ke Kebun Stroberi Magelang, alangkah baiknya jika Anda mengetahui hal-hal berikut ini.

Daya Tarik Kebun Inggit Strawberry

Daya Tarik Kebun Inggit StrawberryKredit foto: Instagram Wa Prabu

1. Bukit yang Menakjubkan

Sesampainya disana, pengunjung disuguhkan dengan keindahan alam perbukitan yang mempesona. Hal ini dikarenakan kawasan tempat wisata tersebut berada di lereng Gunung Merbabu dan juga sangat dekat dengan Gunung Merapi. Hebatnya lagi, suasana alamnya bisa lebih menarik lagi jika Anda datang saat cuaca sedang cerah.

2. Dekat dengan beberapa penginapan

Tempat wisata yang dekat dengan penginapan tentunya bisa menjadi salah satu hal yang sangat penting terutama bagi pengunjung yang datang dari luar kota atau bahkan dari luar provinsi. Anda tidak perlu khawatir tentang akomodasi berikutnya ketika Anda mengunjungi kebun stroberi ini. Pasalnya, sudah ada beberapa penginapan populer di sekitar tempat wisata.

Pilihan akomodasi terdekat termasuk Oxalis Regency Hotel dan Saraswati Borobudur Hotel. Jadi, pengunjung yang datang dari jauh bisa istirahat dulu di penginapan dan melakukan aktivitas wisata keesokan harinya.

3. Udara sejuk

Daya Tarik Kebun Inggit StrawberryKredit foto: Instagram oleh Yudha Febrianto

Seperti mengunjungi perkebunan teh, udara yang sangat sejuk di wisata alam Kebun Inggit Strawberry ini. Maka tidak heran jika wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin bersantai dan menyegarkan pikiran. Sangat cocok untuk orang yang tidak bisa lepas dari polusi udara di kota-kota besar setiap hari.

Dengan udara yang sejuk ini, jangan lupa untuk memakai pakaian yang tebal atau jaket jika kamu berniat datang ke sini. Pasalnya, semakin lama Anda berada di tempat ini, semakin lama udara sejuk akan terasa dingin. Akan lebih baik jika pengunjung menggunakan alas kaki tertutup seperti sepatu.

4. Area wisata yang bersih

Kebersihan di kawasan wisata alam ini memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Pasalnya, pengelola wisata dan juga masyarakat sekitar selalu menjaga kebersihan perkebunan ini. Tentunya hal ini untuk mempercantik tampilan tempat wisata dan memberikan rasa nyaman bagi pengunjung.

Setiap pengunjung yang ada juga sangat dihimbau untuk tidak membuang sampah sembarangan. Sehingga alam masih sangat asri dan tidak tercemar oleh sampah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Kebun Inggit StrawberryKredit foto: Instagram Unna Felisa Inna Felinda

Bernama Kebun Inggit Strawberry, destinasi wisata alam ini terletak di Magelang, Jawa Tengah. Lebih khusus lagi, terletak di Desa Banyuroto di Kecamatan Sawangan. Lokasinya sendiri tidak jauh dari Ketep Pass Magelang dan berada di ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Untuk menuju ke sana tidak terlalu sulit.

Untuk menuju kawasan wisata tersebut, Anda bisa mengendarai kendaraan roda empat maupun roda dua. Bagi anda yang berada di Kota Magelang, arahkan saja kendaraan anda ke Kota Muntilan. Ketika Anda tiba di pusat kota Muntilan, Anda akan menemukan sebuah pagoda di sisi kanan jalan.

Selanjutnya, cukup mengarahkan kendaraan ke Kantor Kecamatan Sawangan, Magelang. Nah, dari situ kamu bisa mengarahkan kendaraan untuk menuju destinasi wisata Ketep Pass dengan mengikuti beberapa petunjuk yang telah disediakan.

Jika sudah menemukan gapura bertuliskan Selamat Datang di Desa Banyuroto dan terlihat beberapa gubuk kecil di kiri kanan jalan, berarti sudah sampai di kawasan Agrowisata Banyuroto. Namun, jika Anda merasa bingung, Anda juga bisa naik angkutan umum di Yogyakarta.

Angkutan umum jalur Yogyakarta-Magelang dan turun di pertigaan Blabak. Kemudian naik angkutan umum lain yang menawarkan jalur Sawangan. Nah, dari Sawangan kamu bisa naik ojek untuk menuju ke tempat tersebut. Jika Anda tidak ingin naik ojek, Anda bisa menyewa angkot dengan biaya pulang pergi sekitar 75.000 hingga 100.000 rupiah.

Biaya masuk objek wisata

Harga tiket Strawberry Inggit GardenSumber Gambar: Google Maps Erik Setiawan

Harga tiket tersebut terkait dengan masuk ke kawasan wisata alam berupa Kebun Stroberi Magelang yaitu 5.000 rupiah per orang. Biaya masuk tetap sama baik pada hari kerja dan akhir pekan. Tentu saja harganya cukup terjangkau bagi kebanyakan orang. Tapi harga bisa berubah sewaktu-waktu.

Sedangkan biaya parkir kendaraan roda dua sebesar 2.000 rupiah dan kendaraan roda empat sebesar 5.000 rupiah. Tempat wisata ini buka dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore dan buka setiap hari. Disarankan untuk mengunjungi perkebunan ini hanya di musim kemarau. Pasalnya, tanah di kawasan tersebut akan berlumpur saat musim hujan.

Hal-hal menarik yang bisa dilakukan di Strawberry Farm

Aktivitas di Strawberry Inggit FarmKredit foto: Instagram oleh Yudha Febrianto

1. Pilih buah stroberi

Tidak hanya untuk dilihat, pengunjung juga bisa berjalan-jalan di taman ini sambil memetik buah strawberry yang sudah matang. Untuk varietas mereka sendiri, perkebunan menghasilkan stroberi dengan varietas Festival dan California.

Karena perkebunan ini juga dikelola oleh masyarakat setempat, maka tak perlu dikatakan lagi bahwa stroberi yang dipetik ditempatkan di beberapa gubuk kecil di sekitar kebun. Kemudian stroberi ditimbang dan dibayar sesuai dengan harga yang telah ditentukan.

Untuk setiap 1 kg strawberry dijual dengan harga 30.000 rupiah. Namun, dengan minimal pembelian kilogram. Meski perkebunannya didominasi oleh tanaman buah strawberry, ada juga berbagai jenis tanaman lain seperti sayuran dan tembakau.

2. Ambil foto

Tidak berfoto saat berwisata ke tempat yang sangat indah rasanya kurang pas. Selain itu, Kebun Inggit Strawberry memiliki berbagai spot foto yang penuh dengan keindahan alamnya. Tentu saja spot-spot tersebut sayang jika dilewatkan begitu saja.

Spot foto favorit banyak pengunjung adalah pemandangan Gunung Merapi dan pemandangan kebun strawberry. Pastinya foto-foto tersebut akan terlihat sangat bagus dan cocok untuk diunggah ke media sosial Anda. Oleh karena itu, bawalah kamera yang sesuai dengan Anda saat berlibur.

3. Makan buah strawberry

Kegiatan menarik di perkebunan stroberiKredit Foto: Google Maps Nilam Gupita

Buah-buahan dari perkebunan ini dibersihkan dengan air dingin, dan tanah dibuahi dengan pupuk berkualitas tinggi. Selain itu, suhu rendah pada pagi hari di lereng Gunung Lawu juga membantu menghasilkan buah strawberry yang manis dan berukuran besar. Sementara itu, suhu tinggi di siang hari memberi stroberi warna merah cerah.

Stroberi yang diproduksi di Kebun Stroberi Magelang juga memiliki tekstur yang lembut dan kadar air yang tinggi. Bahkan pengelola kebun sudah memberikan susu kental manis sebagai pelengkap makan buah strawberry. Menariknya, stroberi yang terkandung di sana juga diserbuki dengan bantuan lebah, yang membuat rasanya lebih manis.

4. Pelajari tentang menanam stroberi dengan benar

Di sana, pengunjung dapat memperdalam pengetahuan mereka tentang berbagai cara menanam stroberi yang sederhana dan tepat. Anda akan mengetahui beberapa persyaratan saat menanam seperti: B. jenis media tanam, pH tanah, ketinggian tempat tumbuh dan iklim. Berbagai jenis bibit strawberry juga disuguhkan kepada pengunjung.

Bahkan, Anda juga bisa mendapatkan ilmu dari proses pembibitan dan perbanyakan benih hingga perawatan yang tepat. Tentunya ilmu ini bukan sekedar teori, Anda bisa mempraktekkannya langsung di perkebunan. Itu pasti sangat mengasyikkan, terutama bagi orang-orang yang tertarik dengan dunia pertanian.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Strawberry Inggit GardensKredit foto: Google Maps eneska triyono

Fasilitas wisata yang disediakan di Kebun Strawberry Inggit bisa dikatakan lengkap dan memadai. Salah satu fasilitas yang sangat dibutuhkan seperti toilet sudah ada. Toilet juga dilengkapi dengan air bersih. Toilet pria dan wanita juga telah dipisahkan untuk memungkinkan pengunjung pergi ke toilet dengan lebih nyaman.

Bahkan, di tempat wisata alam yang indah ini juga terdapat fasilitas tempat ibadah berupa mushola. Mushola tentu saja melayani para pengunjung wisata yang sebagian besar beragama Islam. Mushola sudah memiliki mukenah dan sajadah untuk digunakan pengunjung jika lupa membawa perlengkapan ibadah dari rumah.

Jika Anda merasa lelah setelah mengitari areal perkebunan, Anda bisa beristirahat saja. Sudah ada paviliun yang teduh dan sangat nyaman. Sambil beristirahat di gazebo, Anda juga bisa menikmati strawberry atau makan siang ala rumahan. Tidak hanya satu paviliun, namun banyak paviliun yang tersedia sehingga banyak pengunjung yang bisa tertampung di dalamnya.

Nah, itulah rangkuman informasi penting yang perlu Anda ketahui tentang Kebun Inggit Strawberry yang menakjubkan di Magelang. Jika Anda ingin mengetahui lebih banyak tentang tempat wisata alam ini, segera rencanakan untuk berkunjung ke sana. Mata Anda dijamin terbelalak saat melihat keindahan panorama tempat wisata secara langsung.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button