Tempat Wisata

Kebun Raya KALIURANG PARK, Tiket Masuk & Wahana

Kebun Raya Taman Kaliurang merupakan wisata keluarga di lereng Gunung Merapi. Terkenal sejak tahun 90-an, Taman Kaliurang kini telah mengalami facelift dengan makeover yang hampir total. Kini memiliki beragam wahana modern dan tentunya menawarkan keseruan.

Jogja adalah salah satu tujuan wisata paling populer untuk liburan. Berbagai destinasi wisata sudah termasuk, baik itu wisata kuliner, alam maupun sejarah dan budaya. Berbicara tentang wisata alam tentunya hal ini tidak lepas dari kawasan Kaliurang. Berada di lereng Gunung Merapi, kawasan ini menawarkan udara segar dan beragam tempat untuk dikunjungi.

Pada era 1990-2000-an, nama Taman Kaliurang begitu populer. Tempat wisata yang dulunya hanya memiliki wahana jadul seperti perosotan dan ayunan perlahan mulai ditinggalkan seiring bermunculan wisata baru yang lebih kekinian.

Akhirnya, untuk mengikuti perkembangan zaman, taman itu dirombak total dan dilakukan mengganti nama dengan nama Kebun Raya Taman Kaliurang. Untuk menambah daya tarik pengunjung, dihadirkan beberapa fairway yang lebih modern.

Tiket masuk Kebun Raya Taman Kaliurang

Wisata Taman Kaliurang resmi dibuka untuk umum pada 22 April 2023, bertepatan dengan libur lebaran. Bagi Anda yang penasaran dengan wajah baru wisata Kaliurang Jogja, berikut informasi harga tiketnya:

JENIS TIKET HARGA
tiket masuk Rp30.000
tali tegang Bebas
terapi ikan Bebas
Taman Labirin Merah Bebas
Video dan foto 360 derajat Bebas
tempat pemeliharaan lebah Bebas
pendidikan sampah Gratis untuk grup
Realitas maya Rp 15.000
seluncuran salju gunung Rp 15.000
rubah terbang Rp 25.000
jemparingan Rp 15.000
EcoPrint Rp 20.000
mandi salju Rp 10.000

Catatan Pengunjung:

  • Harga diatas adalah harga promo

Perabot

Setelah kebangkitannya, Taman Kaliurang memiliki beragam fasilitas dan wahana menarik, antara lain:

  • area parkir
  • Toilet
  • tempat perkemahan
  • zona piknik
  • keluar
  • realitas maya
  • slide gunung
  • Kotak foto 360
  • tali tegang
  • rubah terbang
  • spot foto
  • jaringan
  • perjalanan pendidikan
  • restoran
  • ruang konferensi
  • Musholla
  • bangunan seperti paviliun
  • warung makan
  • dll.

jam buka

jam operasi
08.00 17.00 WIB

Wahana di Kebun Raya Taman Kaliurang

Taman Kaliurang luasnya sekitar 4 hektar. Lokasinya yang berada di kawasan pegunungan tentu menjadi daya tarik tersendiri. Selain itu, ada beberapa kendaraan pendukung lainnya yang akan membuat Anda betah berada di sini.

Destinasi wisata terbaru di Jogja ini mengusung tema wisata edukasi, hiburan dan budaya dan cocok untuk berbagai kalangan. Sebuah tempat wisata yang menyandingkan alam, warisan dan modernitas.

kebun Raya

Ada banyak tumbuhan langka dan bersejarah yang ada disini. Seperti pohon kantil yang menjadi saksi pertempuran raja-raja Keraton Yogyakarta. Selain itu, sekitar 100 spesies tumbuhan tumbuh di sini.

taman indah via httpskaliurang-park-botanical-garden.business.sitetaman indah via httpskaliurang-park-botanical-garden.business.site

Drive game yang menantang

Jika Anda menyukai hal-hal yang memacu adrenalin, ada beberapa wahana yang tersedia di sini untuk Anda coba. Di bawahnya ada seluncuran sepanjang sekitar 100 meter yang disebut seluncuran gunung. Pengunjung dapat duduk di penampang bundar lalu berputar dan meluncur. Dilengkapi pula dengan hard hat untuk keamanan.

Taman Seluncur Gunung KaliurangTaman Seluncur Gunung Kaliurang

Ada pula flying fox dengan panjang lintasan 72 meter dan tinggi 8 meter yang akan menembus hutan pinus. Wahana lain yang patut dicoba adalah tali pengikat, di mana pengunjung berjalan melalui jembatan gantung yang menghubungkan pepohonan.

forum pendidikan

Selain wahana yang memicu adrenalin, ada beberapa wahana edukatif. Salah satunya adalah edukasi batik ecoprint yang diterapkan pada berbagai media seperti tas. Ada juga wahana belajar permainan panahan tradisional bernama Jemparing. Sementara itu, jika Anda datang secara rombongan, Anda juga bisa belajar tentang pengelolaan sampah.

tempat foto

Milenial suka mengambil foto. Beragam spot foto untuk personal, konten, dan prewedding juga akan Anda temukan di wisata taman Kaliurang ini. Bahkan ada photo booth 360 derajat di mana Anda dapat mengambil foto atau video dengan kamera berputar 360 derajat.

Lokasi Kebun Raya di Taman Kaliurang

Alamat lengkapnya ada di Jl. Kawasan Hutan Astomulyo No.59, Ex.Hargobinangun, Pakanewon, Kec. Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta. Tentunya untuk menuju ke sana dari kota jogja sangatlah mudah, anda hanya perlu menyusuri jalan Kaliurang. Untuk lebih jelasnya buka saja di Googlemaps.

Demikian tadi beberapa informasi tentang Kebun Raya Taman Kaliurang, wisata baru yang sedang viral dan menjadi salah satu rekomendasi liburan di Jogja. Menawarkan keindahan alam dan juga berbagai wahana modern. Lihat juga referensi tempat wisata di Jogja lainnya di travelandword.com

Source: travelandword.com

Related Articles

Back to top button