Tempat Wisata

Kebun Raya Kuningan: tiket masuk, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Saat Anda berkunjung ke Kuningan di Jawa Barat, jangan lupa mampir ke tempat wisata ini. Pasalnya, tempat ini menjadi spot favorit wisatawan Indonesia yang paling unik. Kebun Raya Kuningan-lah yang mewujudkan lima fungsi kebun raya yang baru diresmikan pada 25 November 2015 ini telah mampu memikat hati banyak wisatawan.

Pasalnya, taman ini unik di Indonesia karena berisi bebatuan bertema. Taman ini dibangun untuk memanfaatkan peluang yang ditawarkan oleh sumber daya hayati dan untuk mendidik masyarakat tentang pentingnya konservasi.

Asal tahu saja lokasi Kebun Raya Kuningan berada di Desa Padangbeunghar, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Batuan tematik tersebut berada di ketinggian 490-870 meter di atas permukaan laut. Batu bertema tersebut merupakan ciri khas dan keunggulan Kebun Raya Kuningan.

Fasilitas Kebun Raya Kuningan

Keunikan KRK (Kebun Raya Kuningan) menjadi daya tarik tersendiri bagi calon wisatawan yang ingin ke sana. Bebatuan yang mengelilinginya membuat taman rekreasi yang juga dijadikan sebagai cagar alam ini dikenal unik oleh masyarakat.

Di sana, tidak hanya keunikan yang ditampilkan, tetapi juga diperkenalkan beberapa fasilitas promosi konservasi dan rekreasi, seperti Taman Kuning, Rumah Anggrek, Taman Awi Siugeung, Taman Tradisional Gunung Ciremai, Situ Cibuntu dan Embung.

Fasilitas lain yang tak kalah penting untuk menunjang keindahan Kebun Raya Kuningan, seperti air mancur, jalan pembibitan pohon dan lain sebagainya.

Siapa pun yang ingin mempraktikkan pelestarian alam di sana tanpa ragu dapat menghubungi langsung tim pengelola kantor administrasi KRK. Dan terakhir, sebagai penunjang keamanan, tentunya juga disediakan tempat parkir. Meski merupakan kawasan alami, beberapa kendaraan harus dalam kondisi rapi dan aman.

Keindahan Kebun Raya Kuningan

Objek wisata Kebun Raya Kuningan (KRK) memiliki keindahan tersendiri dibandingkan tempat wisata lainnya. Banyak tanaman dan bunga langka dan berwarna-warni tumbuh di taman melingkar yang unik ini. Saat menikmati pemandangan dari atas patung kuda tersebut, kita baru menyadari bahwa wilayah Kabupaten Cirebon dan pesisir Laut Jawa sangatlah indah.

Luas Kebun Raya Kuningan adalah 154.908 hektar dan pada tahun 2014 dipenuhi dengan berbagai jenis koleksi tumbuhan. Berbagai jenis tanaman dan fasilitas yang ada di Kebun Raya Kuningan akan memukau semua orang dengan keindahannya.

Contoh koleksi yang dimiliki Kebun Raya Kuningan, terdiri dari pohon-pohon khas Kuningan lokal, khas Jawa Barat, nasional bahkan beberapa jenis tumbuhan khas sejumlah negara.

Dengan bertambahnya kebun raya di Indonesia, diharapkan pengembangan kelima fungsi kebun raya dapat lebih terwujud. Lima fungsi kebun raya meliputi fungsi pendidikan, penelitian, rekreasi, bisnis dan konservasi.

Keberadaan Kebun Raya Kuningan dengan berbagai fasilitas yang memadai tidak lepas dari fungsi kebun raya untuk memenuhi lima fungsi kebun raya.

Masuk ke Kebun Raya Kuningan

Destinasi wisata Kebun Raya Kuningan di Jawa Barat ini terletak di desa Padabeunghar kecamatan Pasawahan yang hanya berjarak satu jam perjalanan dari pusat kota Kuningan. Untuk mengakses wisata ini bisa dikatakan cukup mudah karena terdapat beberapa penunjuk jalan menuju Kebun Raya Kuningan di beberapa tempat.

Sayangnya, bagi Anda yang berencana ke sana menggunakan bus bersama rombongan besar harus mengatakan dengan berat hati bahwa jalan pedesaan di kawasan wisata ini tidak bisa diakses kendaraan jenis bus.

Karena kondisi jalan pedesaan yang masih sempit, sulit untuk dilalui bus sendirian. Tapi jangan khawatir tentang mobil karena tersedia tempat parkir mobil.

Biaya masuk ke Kebun Raya Kuningan

  • Biaya masuk untuk anak-anak: Rp 4.000/orang
  • Tiket masuk untuk dewasa: Rp 6.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 3.000
  • Biaya parkir: Rp 6.000
  • Biaya parkir bus: Rp 11.000

(Diperbarui Agustus 2023)

Jam buka Kebun Raya Kuningan

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi sampai jam 4 sore

Tips Liburan di Kebun Raya Kuningan

Sebelum menuju ke tempat wisata di kebun raya ini, ada baiknya Anda mempersiapkan hal-hal yang akan Anda perlukan selama menginap. Tak ketinggalan “senjata perang” berupa kamera: Anda harus selalu siap menembak ketika sudah menemukan motif foto yang bagus. Abadikan setiap jengkal yang ada bersama keluarga atau teman.

Jangan lupa siapkan perlengkapan kesehatan ya teman-teman. Karena perjalanan yang jauh, kita tidak tahu kapan penyakit itu akan menyerang. Kesenangan berkurang ketika rasa sakit muncul. hehehe, bener gak? Untuk mencegah rasa sakit yang parah terjadi. Anda perlu mempersiapkan diri secara fisik agar selalu fit dan selalu menjaga diri serta selalu berhati-hati.

Setelah membaca rincian tentang hal itu Kebun Raya KuninganTentu saja, kunjungan awal ke sana diragukan. Apalagi bagi masyarakat Jawa Barat sendiri, jika tidak mengunjungi salah satu destinasi wisata yang sedang populer saat ini, rasanya kurang afdol.

Jika Anda punya banyak waktu (luangkan waktu Anda dari kesibukan kerja). Anda bisa menghabiskan waktu di sana dan menikmati berbagai keindahan yang dihadirkan di Bumi Kuningan yang sayang untuk dilewatkan.

Galeri foto Kebun Raya Kuningan

Selamat datang di Kebun Raya Kuningan
Potret udara Kebun Raya Kuningan
Tempat foto di rumput taman
Berburu foto romantis
Potret Menara Kebun Raya Kuningan
Tempat foto di atas menara

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button