Tempat Wisata

Kebun Teh Jamus: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Negara kita, Indonesia, sebenarnya sangat beruntung dengan bentuk negara kepulauannya. Karena letak geografis tersebut, terdapat banyak tempat yang berhubungan dengan wisata alam di Indonesia. Dari Sabang sampai Merauke, Indonesia dihiasi dengan tempat wisata yang sangat menarik. Banyak orang yang hanya menganggap Bali adalah tempat yang tepat untuk berlibur, namun nyatanya bagi mereka yang tinggal di Pulau Jawa, Jawa Timur juga merupakan surga tersendiri bagi para pecinta travel. Di sana Anda bisa menemukan berbagai jenis tempat wisata antara lain taman bermain, taman air, museum, candi, air terjun, pantai dan masih banyak lagi. Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk merencanakan liburan Anda ketika Anda dapat menemukan tempat-tempat menarik di dekat Anda. Seperti di Ngawi, ada satu tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan yaitu Perkebunan Teh Jamus.

Kebun Teh Jamus merupakan salah satu tempat wisata di Dusun Jamus, Desa Girikerto, Kecamatan Sine, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur. Meski Ngawi tidak sepopuler kabupaten lain di Jawa Timur seperti Surabaya, Malang, atau Banyuwangi, bukan berarti Anda tidak bisa menikmati wisata alam, sejarah, atau religi yang menarik. Tidak ada salahnya mengunjungi Ngawi jika Anda merencanakan liburan dalam waktu dekat. Pastikan Perkebunan Teh Jamus masuk dalam daftar tempat wisata yang akan Anda kunjungi.

Di jalan, sebelum memasuki area Kebun Teh Jamus, Anda akan melihat pohon-pohon besar di sepanjang jalan yang sangat rindang dan asri, kemudian area hijau dengan kebun teh. Selain pemandangan alam yang sangat indah dan menarik, tempat ini juga menawarkan agrowisata.

Pemerintah Kabupaten Ngawi juga semakin menitikberatkan pada peningkatan akses menuju kawasan wisata tersebut. Sayangnya tempat yang sudah dikenal sejak zaman penjajahan Belanda ini jarang diiklankan sehingga banyak yang tidak mengetahuinya, padahal tempat wisata ini menawarkan pemandangan yang tidak kalah menariknya dengan tempat rekreasi lainnya. Bila wisatawan sudah melintasi pohon kantil yang berumur dua abad, berarti sudah berada di lokasi kebun teh Jamus. Ada juga tempat perkemahan di dekat pohon Kantil yang disebut Bumi Perkemahan “KANTIL IDAMAN”.

Daya tarik lain yang menarik wisatawan ke tempat ini adalah Gunung Jamus Borobudur (Bukit Borobudur). Bukit setinggi 35,4 meter ini mungkin terlihat seperti kebun teh biasa, namun jika dilihat dari kejauhan, Anda bisa melihat bentuk Candi Borobudur. Di Kebun Teh Jamus pengunjung dapat mengajak keluarga atau sahabatnya untuk menikmati keindahan kebun teh yang masih alami, dan tempat ini dapat menjadi tempat edukasi bagi pelajar atau anak-anak yang ingin belajar tentang proses pembuatan teh mulai dari pemanenan ke Kemasan. . Selain pembuatan teh, pengunjung juga bisa melihat proses produksi air mineral kemasan merek “Jamus” di tempat ini.

Fasilitas di Perkebunan Teh Jamus

Di Perkebunan Teh Jamus Anda akan menemukan berbagai fasilitas seperti:

– Keluar

Kegiatan di kebun teh ini tidak hanya sekedar melihat pemandangan saja, tetapi Anda juga bisa menikmati bermain di wahana pulang pergi yang disediakan disana.

– taman bermain

Untuk anak-anak juga terdapat area di kebun teh ini dimana anak-anak bisa bersenang-senang sambil bermain.

– Area parkir

Untuk menuju objek wisata ini disarankan untuk membawa kendaraan sendiri, baik pribadi maupun sewaan, karena belum ada angkutan umum yang dapat langsung menuju tempat ini. Dengan tersedianya tempat parkir, Anda tidak perlu lagi bingung untuk memarkir kendaraan Anda di mana.

– Tempat peristirahatan umum

Meski tidak dibangun oleh pengelolanya melainkan oleh masyarakat sekitar, setidaknya Anda tidak perlu lagi bingung atau takut tidak bisa menemukan toilet untuk buang air kecil.

– Kantin

Jangan khawatir kelaparan karena di sini juga terdapat restoran yang menjual makanan dan minuman untuk pengunjung.

– Akomodasi

Jika ingin bermalam di sana, Anda bisa mencari penginapan di dekat perkebunan teh.

Berburu foto di perkebunan teh Jamus

Penggemar seni foto dapat melampiaskan keinginannya untuk memotret pemandangan indah di sekitar kebun teh. Tentu Anda bisa menggunakan areal tanaman teh hijau sebagai target jepretan kamera Anda. Dan saat anda bermain di wahana-wahana yang ada disana, anda bisa mengajak teman atau anggota keluarga anda untuk mengabadikan momen seru tersebut. Jika sudah puas bermain di area taman, Anda juga bisa pergi ke tempat lain yang juga menarik untuk Anda jadikan latar foto yaitu pabrik teh di sana, dan juga belajar tentang produksi teh di sana.

Baca juga: Agro Tawon, Berwisata Sambil Mencermati Produksi Madu

Akses jalan menuju Kebun Teh Jamus

Menuju ke sana tidak begitu sulit. Anda bisa mengakses tempat ini dengan kendaraan roda empat maupun roda dua. Setelah sekitar 1,5 jam perjalanan Anda akan sampai di kawasan pegunungan di kecamatan Ngrambe. Setibanya di Ngrambe, lanjutkan perjalanan menuju desa Giri Kerto. Dari Ngrambe dibutuhkan sekitar tujuh kilometer untuk mencapai kebun teh Jamus. Transportasi pedesaan hanya tersedia sesekali dari kota kecil ini. Namun pengunjung bisa menggunakan ojek dengan harga Rp 10.000.

Biaya masuk ke Kebun Teh Jamus

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

(Diperbarui Mei 2023)

Jam buka Perkebunan Teh Jamus

  • Buka setiap hari dari jam 7 pagi sampai jam 5 sore

Tips liburan di Kebun Teh Jamus

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Perkebunan Teh Jamus semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik untuk mengunjungi Perkebunan Teh Jamus adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Kebun Teh Jamus bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh Anda tetap prima selama berlibur di Perkebunan Teh Jamus.

Galeri Foto Kebun Teh Jamus

Perkebunan Teh Jamus
tempat foto
Gambar perkebunan teh Jamus
fasilitas istirahat
Kolam renang di perkebunan teh Jamus
Spot foto di kebun teh
Keindahan Kebun Teh Jamus

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button