Tempat Wisata

Kecantikan, Sejarah dan Penerimaan

Jawa Timur dengan tempat wisatanya yang beragam menjadi salah satu daerah yang selalu ramai dikunjungi wisatawan di Indonesia.

Semua jenis wisata bisa kita temukan di Jawa Timur, mulai dari wisata sejarah hingga wisata pantai.

Kalau bicara tentang wisata pantai, inilah salah satu pantai yang unik dan menarik di Jawa Timur Pantai Banyu Tibo.

Pantai Banyu Tibo Pacitan

Karena keindahan dan keunikannya, pantai ini selalu menarik pengunjung dari Jawa Timur atau provinsi lain di Jawa.

Sekilas tentang Pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo terletak di Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Pantai ini sudah lama dikenal dan menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur.

Satu hal yang membuat pantai ini unik dan berbeda dari pantai lainnya adalah adanya air terjun kecil di depan pantai.

Selain itu, seperti pantai lainnya, Pantai Banyu Tibo memiliki suasana yang sejuk dan menenangkan.

Bagi anda yang suka berburu Pekerjaan Foto: Pantai Banyu Tibo juga bisa menjadi tempat yang sangat cocok untuk fotografi.

Sejarah penamaan pantai Banyu Tibo

Pantai Banyu Tibo Wonogiriinstagram/toyfirmansyah9

Penamaan Pantai Banyu Tibo tidak ada hubungannya dengan sejarah menarik atau mitos seram. Dua kata yang membentuk namanya sebenarnya berasal dari bahasa yang digunakan orang Jawa untuk mengucapkannya “tumpah air”.

Kata pertama adalah kata “banyu”, sebuah kosa kata bahasa Jawa yang berarti “air” dalam bahasa Indonesia. Sedangkan kata tibo juga berasal dari bahasa Jawa yang berarti “tumpah” dalam bahasa Indonesia.

Jadi, dalam arti kata dapat disimpulkan bahwa pantai “Banyu Tibo” berarti pantai “air yang tumpah”. Mungkin ada yang bertanya-tanya: Mengapa pantai ini dinamakan Banyu Tibo atau Air Tumpah?

Maka jawabannya terletak pada adanya air terjun mini di pinggir pantai, yang airnya langsung jatuh ke pantai dan menyatu dengan air laut.

Air terjun ini menjadi daya tarik dan keunikan tersendiri yang mungkin hanya dimiliki oleh Pantai Banyu Tibo.

Air terjun mini ini tidak hanya menambah keesoterisan Pantai Banyu Tibo, tetapi juga memiliki air yang jernih dan bersih, sehingga tidak sedikit wisatawan yang langsung mandi di bawahnya saat datang ke Pantai Banyu Tibo.

Aktivitas menarik di Pantai Banyu Tibo Pacitan

Pantai Banyu Tibo sebenarnya tidak terlalu luas. Daerahnya juga agak tersembunyi, terutama daerah dimana air terjun itu berada.

Namun juga untuk kegiatan wisata banyak hal menarik yang bisa anda lakukan di pantai ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Berenang

Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa TimurInstagram/Ronnyta_f

Aktivitas pertama yang bisa Anda lakukan saat berkunjung ke Pantai Banyu Tibo adalah berenang.

Meski pantai ini berada di pesisir selatan, namun ombaknya tidak terlalu berbahaya sehingga pengunjung tetap diperbolehkan untuk berenang.

Namun, Anda harus waspada, terutama saat air pasang, karena pantai di sekitar air terjun biasanya penuh dengan air.

2. Snorkling

Pantai Banyu Tibo juga sering dijadikan lokasi snorkel oleh kekasih snorkel.

Berkat airnya yang bersih dan jernih, Anda bisa dengan mudah menikmati biota laut yang hidup di sana.

Tapi sayangnya z snorkel Sementara itu, Anda perlu menyiapkan peralatan dari rumah karena tidak memungkinkan untuk menyewa peralatan di pantai ini snorkel.

3. Memancing

Salah satu kegiatan yang tak kalah menarik saat berkunjung ke Pantai Banyu Tibo adalah memancing.

Di celah-celah pantai ini Anda bisa berburu ikan segar dan besar.

Tapi persis seperti itu snorkelUntuk memancing di pantai ini anda juga perlu menyiapkan alat tangkap dan umpan dari rumah karena tidak ada kesempatan untuk menyewa alat tangkap di pantai ini.

4. Menikmati keindahan Pantai Banyu Tibo

Keindahan Pantai Banyu Tiboinstagram/anike.pgbn

Jika Anda tidak ingin berenang snorkelatau memancing, maka kegiatan alternatif yang bisa anda lakukan di Pantai Banyu Tibo adalah bersantai menikmati keindahan yang ditawarkan pantai ini.

Dari atas pasir atau dari atas tebing, Anda bisa melihat keindahan Pantai Banyu Tibo yang tak terlukiskan dengan pasir putih, air laut yang biru dan bersih serta pemandangan air terjun yang menakjubkan.

5. Berburu foto

Banyak Pekerjaan Hal ini sangat menarik dan sangat cocok sebagai background foto di Pantai Banyu Tibo.

Pekerjaan Hal terpenting yang tidak boleh dilewatkan jika Anda sangat menyukai kegiatan ini adalah Pekerjaan Air terjun di Pantai Banyu Tibo.

Berfoto di depan air terjun setinggi dua meter ini tentunya akan membuat foto Anda terlihat lebih elegan dan unik.

Selain itu, jika ingin mendapatkan foto yang cantik dan menarik, pilihan ada di tangan Anda Pekerjaan di depan Pantai Banyu Tibo seperti air laut latar belakang-menjadi.

Cobalah beberapa pose Pekerjaan Ini untuk mendapatkan gambar yang benar-benar Anda inginkan.

Baca juga: Pantai Clung Up

Alamat Pantai Banyu Tibo

Cerita Pantai Banyu TiboInstagram/Tanahsurgawi

Pantai Banyu Tibo alamat lengkap di Desa Widoro, Kecamatan Donorojo, Pacitan, Jawa Timur.

Untuk menuju kota pantai ini dari pusat Kabupaten Pacitan, Anda harus menempuh jarak yang cukup jauh, yaitu sekitar 40 kilometer arah barat Kabupaten Pacitan, dengan perkiraan waktu tempuh sekitar satu jam perjalanan.

Pantai Banyu Tibo dapat ditempuh dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.

Namun menurut beberapa informasi, pengunjung yang akan ke Pantai Banyu Tibo sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena lebih memudahkan perjalanan.

Kemudian untuk Rute menuju Pantai Banyu Tibo Dari luar kota misalnya dari Solo, pilihan jalurnya bisa melalui jalur Wonogiri atau jalur Pracimantoro.

Jadi jika anda memilih jalur Wonogiri, silahkan memulai perjalanan anda dari Solo hingga menemukan belokan di dekat Masjid Raya Punung.

Dari sini lanjutkan perjalanan dengan belok kiri hingga tiba di pasar Kalak di kawasan Goa Gong.

Dari pasar Kalak ini, lanjutkan perjalanan hingga menemukan pertigaan lalu belok kanan hingga sampai di Desa Widoro.

Jadi, begitu Anda sudah sampai di Desa Widoro, perjalanan Anda sudah dekat dan Anda tinggal mengikuti beberapa rambu jalan yang akan memandu Anda sampai benar-benar tiba di Pantai Banyu Tibo.

Ini adalah rute yang bisa Anda gunakan jika datang dari Solo. Bagi Anda yang berasal dari daerah atau kota lain, Anda dapat dengan mudah menemukan rute menuju Pantai Banyu Tibo melalui aplikasi Peta Google.

Jam buka Pantai Banyu Tibo

banyu-tibo-buka-pantai-kaliinstagram/yudistirayan

Pantai Banyu Tibo buka 24 jam sehari. Selama ini belum ada aturan waktu khusus yang menjadi patokan buka tutup pantai ini.

Oleh karena itu, Anda bisa datang ke Pantai Banyu Tibo kapan saja. Namun, jika Anda pergi ke pantai untuk relaksasi, waktu terbaik untuk melakukannya adalah pagi atau sore hari.

Harga tiket Pantai Banyu Tibo

Biaya masuk ke Pantai Banyu Tibo Sangat murah. Harga tiketnya pun tidak sampai Rp 10.000 per orang.

jenis tiket Harga
Tiket masuk (hari kerja) Rp 3.000 (Dewasa) – Rp 2.000 (Anak)
Tiket masuk (hari libur) Rp 5.000 (Dewasa) – Rp 3.000 (Anak)
tiket parkir Rp 2.000 (motor) – Rp 5.000 (mobil)

Selain tiket masuk, Anda juga perlu membayar biaya parkir jika datang ke Pantai Banyu Tibo menggunakan kendaraan pribadi.

Fasilitas di Pantai Banyu Tibo

Fasilitas umum di Pantai Banyu Tibo juga cukup memadai. Meski pantai ini tidak terlalu lengkap, namun fasilitas yang ada cukup memberikan kenyamanan bagi pengunjung.

Adapun Fasilitas di Pantai Banyu Tibo Ini termasuk tempat parkir, toilet, musala, ruang ganti dan kios makanan.

harga tiket masuk pantai banyu tiboInstagram/Uppel

Baca juga: Tempat wisata di Malang

Pantai Banyu Tibo Pacitan dapat dijadikan alternatif tempat rekreasi bersama keluarga. Meskipun tidak ada wahana atau fasilitas yang sangat lengkap di sini, namun keindahan dan keunikan pantai ini cukup untuk membawa kebahagiaan dan kepuasan tersendiri bagi Anda dan keluarga.

Jika anda ingin melanjutkan perjalanan liburan anda ke Pacitan Jawa Timur dan tetap menikmati keindahan pantainya, anda bisa datang ke tempat kami Pantai SogaPantai Klayar atau Pantai Pangasan.

Informasi di atas telah kami rangkum dengan cermat dari berbagai sumbersahdata. Oleh karena itu, jika ada kesalahan atau kekeliruan dalam informasi, kami harap Anda tidak keberatan untuk memberi tahu kami.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button