Berita Wisata

Kedung Cinet Tour, Mini Green Canyon di Kota Jombang

Kedung Cinet merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Hingga saat ini Kedung Cinet semakin banyak dikunjungi wisatawan. Meski letaknya tersembunyi dan berada di tengah hutan, tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah.

kedung cinetkedung cinet. Peta Google. sumber: Dhé Valcharry

Kedung Cinet menawarkan pemandangan ngarai dengan dinding bebatuan yang sangat indah. Bebatuan dengan warna dan bentuk yang unik dan menawan. Sehingga menjadi satu kesatuan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Panorama alam Kedung Cinet memang luar biasa. Saat musim kemarau, aliran sungai pengendapan berwarna hijau kebiruan. Airnya terlihat jernih sehingga Anda bisa melihat dasar sungai. Pengunjung bisa berenang atau sekedar bermain air. Sekaligus menikmati keindahan alam sekitar yang masih asri dan alami.

Keindahan alam Kedung Cinet mengingatkan pada kemegahan tebing Grand Canyon di Colorado, Amerika Serikat. Banyak yang menyebut Kedung Cinet sebagai Green Canyon-nya Jombang.

Alamat Kedung Cinet

Desa Pojok Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

Jam buka

Buka setiap hari. 07.00 WIB – 16.00 WIB.

Biaya masuk

Tidak ada tarif khusus bagi pengunjung yang memasuki kawasan Kedung Cinet. Pengunjung hanya membayar biaya parkir.
Tiket masuk Rp 5.000

Jalan menuju Kedung Cinet

Kedung Cinet terletak di Desa Klitih, Kecamatan Plandaan, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. Berikut rute menuju Kedung Cinet dari arah kota Jombang.

  • Dari kota Jombang: Menuju Ploso melalui kecamatan Tembelang. Ikuti jalan hingga menemukan Jembatan Sungai Berantas. Di ujung jembatan, belok kiri ke arah Plandaan/Nganjuk/Kertosono. Ikuti terus jalan yang berdekatan dengan Sungai Berantas hingga sampai di Polsek Plandaan. Lalu belok kiri menuju Plandaan. Ikuti jalan lurus hingga memasuki desa Klitih.
  • Sesampainya di Desa Klitih, wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua bisa langsung menuju lokasi wisata. Bagi yang menggunakan roda empat bisa naik ojek atau menyewa sepeda motor yang disediakan warga setempat.
  • Untuk menuju lokasi wisata Kedung Cinet, wisatawan harus menempuh jalan setapak sepanjang kurang lebih 1,5 meter. jalan yang dilalui mulai kurang bagus, agak menanjak, bebatuan untuk masuk ke kawasan hutan. Setibanya di kawasan Kedung Cinet, Anda akan disambut dengan papan bertuliskan “Welcome to Cinet Adventure Forest”.

Wisatawan dapat menitipkan kendaraannya kepada penduduk setempat dengan menyumbangkan uang secara sukarela. Karena kondisi jalan yang licin, terjal dan berbatu. Wisatawan bisa menggunakan jasa warga setempat untuk memandu Anda ke Kedung Cinet Canyon.

Angkutan

Wisatawan bisa sampai di sana menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil. Sesampainya di Desa Klitih, wisatawan yang menggunakan kendaraan roda dua bisa langsung menuju lokasi wisata. Bagi yang menggunakan roda empat dapat menggunakan jasa ojek atau menyewa sepeda motor yang telah disediakan oleh warga setempat.

Yang Baru di Kedung Cinema

wisata kedung cinet jombangkunjungi kedung cinet jombang. Peta Google. sumber: udi adhahaska

Kedung Cinet merupakan destinasi wisata yang menawarkan pemandangan alam yang indah. Hingga saat ini Kedung Cinet semakin banyak dikunjungi wisatawan. Tidak sedikit yang menyebut Kedung Cinet adalah Green Canyon-nya Jombang.

Selain menikmati keindahan alamnya. Ada banyak kegiatan yang bisa Anda lakukan di tempat ini. Tentu, berswafoto menjadi kegiatan utama yang sering dilakukan wisatawan. Di sini juga Anda bisa menikmati kejernihan air sambil berenang atau sekedar bermain air.

Spot foto keren dengan alam yang menakjubkan

Kedung Cinet merupakan salah satu wisata di Kabupaten Jombang yang terkenal dengan spot selfie yang keren dan menarik. Dengan keindahan alamnya, banyak tempat yang bisa dijadikan spot foto.

wisata kedung cinet jombangwisata kedung cinet jombang. Peta Google. sumber: Julia Miranda

Wisatawan yang berkunjung ke tempat wisata ini tentunya berswafoto untuk mengabadikan momen tersebut. Pengunjung bisa berfoto di bebatuan rendah dekat aliran sungai. Berfoto selfie dengan latar belakang bebatuan ngarai, sungai, dan pepohonan di atas bebatuan. Jika cuaca sedang bagus dengan langit cerah, hasil foto akan semakin keren dan indah.

Berenang dan bermain air di sungai

naik perahu di kedung cinetperjalanan perahu ke kedung cinet. Peta Google. sumber: Adi Afifah

Aliran sungai yang mengendap di Kedung Cinet berwarna hijau kebiruan. Airnya jernih dan alami sehingga Anda bisa melihat dasar sungai. Jika pengunjung ingin berenang, bisa mencari tempat dengan aliran air yang tenang dan tidak terlalu dalam.

Kegiatan seru lainnya adalah menyusuri sungai. Pengunjung dapat membawa ban atau pelampung atau sampan untuk menyusuri sungai. Kegiatan canyoning dengan pelampung memang asyik sambil menikmati keindahan alam sekitar.

Fasilitas Kedung Cinet

Berikut beberapa fasilitas umum dan fasilitas yang tersedia di Kedung Cinet.

  • Parkir kendaraan penumpang
  • Spot Foto Instagrammable
  • kursi perjalanan
  • Belvedere
  • Kamar mandi
  • Area perkemahan
  • tempat-tempat untuk makan

Hotel di sekitar Kedung Cinet

Hotel, villa atau losmen yang lokasinya lebih dekat dengan lokasi wisata Kedung Cinet.

  • Hotel Dewi
  • Hotel netral di Jombang
  • HOTEL YUSRO JOMBANG
  • Fatma Hotel
  • Hotel di Pusat
  • Green Red Hotel Syariah Jombang

Tempat wisata di sekitar Kedung Cinet

  • Kedung Sewu
  • KALI PADAS TOUR
  • Ekowisata Gua Sigolo-Golo
  • Kampoeng Djawi

Video Kedung Cinema

Berikut video dikutip dari channel: ANDIKA TV Official

Penutupan

Tidak sedikit yang menyebut Kedung Cinet adalah Green Canyon-nya Jombang. Aliran yang mengendap di sana berwarna hijau kebiruan di musim kemarau, yang membuat tempat ini terlihat seperti Green Canyon.

Kedung Cinet menawarkan pemandangan ngarai dengan dinding bebatuan yang sangat indah. Bebatuan dengan warna dan bentuk yang unik dan menawan. Menjadi satu kesatuan pemandangan alam yang sangat mempesona.

Hingga saat ini, Kedung Cinet semakin banyak dikunjungi wisatawan setiap harinya. Meski lokasinya tersembunyi di tengah hutan, namun tempat wisata ini menawarkan pemandangan alam yang sangat indah dan asri.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button