Berita Wisata

Kedung Pedut, 4 Hal Menarik dan Unik Air Terjun Kulon Progo Yogyakarta Populer

PeekLifestyle Celebrities – Kedung Pedut adalah tempat wisata populer di Kulon Progo, Yogyakarta. Tempat wisata ini adalah air terjun yang juga dikenal dengan nama Curug Kedung Pedut.

Nama “Kedung” berarti genangan air atau kolam sedangkan “Pedut” berarti kabut. Tempat wisata ini terkenal dengan alun-alunnya yang indah dan asri. Belum lagi warna airnya yang indah membuat semua orang terpesona. Warna air terjun disini bahkan terbagi menjadi 2 warna yaitu putih dan hijau.

Bukan tanpa alasan, warna putih tersebut karena berasal dari derasnya aliran air dari air terjun. Selama ini, warna hijau air terjadi sebagai refleksi dari bebatuan dasar sungai yang dipancarkan oleh matahari.

Destinasi wisata ini terletak di Jl. Kutogiri Gunung Kelir, Kembang, Jatimulyo, Kec. Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta. Ingin tahu lebih jauh tentang daya tarik harga tiket masuk tempat wisata ini? Yuk simak informasi lengkapnya di bawah ini.

Tempat wisata Kedung Pedut

gmaps/Wisata Jogja

Foto: gmaps/Jogja Tour

Ada berbagai hal menarik yang menjadi daya tarik Air Terjun Kedung Pedut. Mari kita lihat baris berikutnya.

1. Berenang di air terjun

wisata gmaps/jogja21

Foto: wisata gmaps/jogja21

Mengunjungi wisata air terjun, rasanya kurang lengkap jika tidak bermain air. Di Kedung Pedut, Anda juga bisa berenang dan bermain air di lokasi. Airnya jernih dan dingin, Anda akan betah berlama-lama di sini. Jika tidak bisa berenang tidak perlu khawatir, ada juga yang menyewakan pelampung dan ban untuk Anda mainkan. Pelampung disewa mulai harga Rp 10 ribu saja.

Namun jika Anda membawa anak-anak, tentunya membutuhkan bantuan ekstra karena ada bagian kolam yang memiliki kedalaman yang cukup tinggi untuk anak-anak. Mungkin diundang untuk bermain di kawat dengan disk selalu disertai dan dibingkai.

Selain itu, air terjun ini ternyata bukan hanya satu lho, tapi ada beberapa. Anda akan bisa menjelajah satu per satu untuk merasakan sensasi berbeda dari masing-masing kolam.

2. Suasana alam yang segar

gmaps/Mumtaz Mahfud

Foto: gmaps/Mumtaz Mahfud

Layaknya air terjun wisata, tentunya akan dikelilingi pepohonan rindang di sebelah kanannya. Memberi kesan bahwa tempat ini tersembunyi di antara pohon-pohon tinggi yang menjulang tinggi. Oleh karena itu, tidak heran jika suasana di sekitar akan menjadi sejuk dan sejuk.

Sangat cocok bagi anda yang penat dengan aktivitas sehari-hari dan ingin bersantai sejenak dengan mengunjungi tempat wisata alam yang menawarkan keindahannya.

3. Tempat foto

gmaps/Haruyuki

Foto: gmaps/Haruyuki

Bepergian tidak pernah lengkap jika Anda tidak mengabadikannya dalam gambar. Disini kamu juga bisa mencari berbagai spot foto menarik untuk mengabadikan momen kamu saat mengunjungi salah satu wisata Kulon Progo yang populer.

Selain itu, pengelola juga telah menyediakan berbagai spot foto seru yang bisa dijadikan sebagai latar belakang saat mengambil foto. Bagi Anda yang menyukai fotografi, Anda juga bisa mengasah kemampuan Anda di sini dengan memotret keindahan alam di sekitar air terjun.

4. Kunjungan ke luar negeri

gmaps/Achmad Syaifudin

Foto: gmaps/Achmad Syaifudin

Keseruan tempat wisata ini sepertinya tidak ada habisnya. Karena ada juga wisata luar negeri yang bisa kamu coba. Ada flying fox yang bisa Anda coba untuk menguji adrenalin Anda. Terlepas dari itu semua, Anda akan dibuat takjub dengan keindahan alam sekitar yang bisa dilihat dari atas.

Anda akan dibawa melewati air terjun dan melihat sendiri seberapa rendah jatuhnya air terjun ke dalam kolam hingga akhirnya tenggelam ke dalam kolam.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Kedung Pedut dan Fasilitasnya

gmaps/Damayt

Foto: gmaps/Damayt

Jika Anda tertarik dengan wisata ini, Anda tidak perlu khawatir dengan harga tiket. Karena harga tiketnya relatif murah. Hanya dengan membayar 15.000 rupiah saja kamu sudah bisa masuk dan menikmati suasana alam di sekitar Kedung Pedut lho.

Sedangkan jika membawa kendaraan pribadi akan dikenakan biaya Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 3.000 untuk sepeda motor. Area parkir juga cukup memadai. Di sini, fasilitas yang disediakan cukup lengkap.

Dari beberapa ruang ganti, ada kantin yang menawarkan berbagai makanan khas daerah yang wajib dicoba, toilet bersih, hingga mushola yang bisa digunakan pengunjung muslim untuk beribadah.

Selain itu, ada juga kios-kios yang menjual berbagai oleh-oleh yang bisa Anda buat setelah mengunjungi Air Terjun Kedung Pedut.

Petunjuk arah ke lokasi

gmaps/Wisata Jogja

Foto: gmaps/Jogja Tour

Untuk mencapai tempat ini, dibutuhkan waktu sekitar 32 menit jika Anda datang dari kawasan Kota Kulon Progo. Jaraknya sekitar 13,3 km. Itu dekat dan cukup terjangkau. Sedangkan jika anda datang dari daerah Yogyakarta membutuhkan waktu sedikit lebih lama, sekitar 1 jam.

Dari Tugu Yogyakarta, Anda bisa menuju ke barat menuju perempatan jalan lingkar barat Demak Ijo. Setelah itu ambil jalan Godean sampai tiba di Pasar Godean. Ikuti jalan sampai Anda tiba di Pasar Kenteng.

Kemudian lanjutkan menuju Pendakian Menoreh sampai menemukan pertigaan dan ambil arah menuju Gua Kiskendo. Kemudian ada pertigaan dan belok kiri sejauh 4 km. Tidak jauh dari sana terdapat Gorjogan Mudal kemudian belok kiri hingga sampai di Air Terjun Kembang Soka. Nanti akan ada petunjuk arah yang mengantar anda ke tempat wisata Kedung Pedut

Atau bisa juga menggunakan Google Maps, lokasinya cukup akurat. Meski melewati berbagai daerah, pemandangan di sekitar air terjun akan mengobati penat Anda sepanjang perjalanan. Jika Anda membawa kendaraan sendiri, pastikan rem berfungsi dengan baik. Karena jalan menuju lokasi cukup tinggi dan rendah, sehingga perlu fokus dan mengerem kendaraan kerja agar tetap aman.

Tips Berkunjung ke Curug

gmaps/Syani Soeparno Putri

Foto: gmaps/Syani Soeparno Putri

Untuk mengunjungi air terjun alami, ada beberapa tips yang tim IntipSeleb rekomendasikan. Nuansa alamnya sejuk, ada baiknya kamu membawa pakaian tebal seperti jaket agar tidak kedinginan. Anda juga bisa membawa baju ganti jika memang ingin bermain air di sekitar air terjun.

Selain itu, area air terjun yang basah dapat membuat beberapa area menjadi licin karena berlumut. Ada baiknya memakai sandal gunung, sandal karet atau sepatu agar tidak terpeleset. Kemudian, jika Anda membawa bekal, ada baiknya Anda membawa kantong plastik besar yang bisa digunakan untuk menyimpan sampah.

Budayakan membuang sampah pada tempatnya agar tempat wisata ini tetap asri dan indah tanpa tercemar oleh sampah.

Demikian rangkaian informasi yang dihimpun Tim IntipCeleb terkait Kedung Pedut Kulon Progo, Yogyakarta. Untuk informasi lebih lanjut tentang harga tiket, dll., kami mengingatkan Anda bahwa harga tersebut dapat berubah seiring waktu.

Namun, kami berharap apa yang disajikan dalam artikel ini dapat menjadi referensi bagi Anda selama liburan di Kulon Progo. Akhir kata, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan selamat berlibur! (jra)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button