Tempat Wisata

Kedung Pengilon Bantul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Kedung Pengilon Bantul – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket
Harga tiket: Rp5.000; Map: Periksa lokasinya
Alamat: Petung, Kecamatan Bangunjiwo. Kasihan Kab.Bantul DI Yogyakarta.

Kabupaten Kendal di Jawa Tengah ternyata punya banyak destinasi wisata menarik. Salah satunya Kedung Pengilon atau biasa disebut Air Terjun Niagara mini. Tempat wisata di Bantul ini terletak di pelosok desa Jatirejo. Meski demikian, tempat wisata ini sangat berwarna dan selalu ramai dikunjungi orang.

Padahal, objek wisata yang banyak dibicarakan orang adalah sungai biasa. Namun keberadaan bendungan membuat destinasi wisata ini seolah memiliki air terjun seperti Air Terjun Niagara. Oleh karena itu tempat wisata ini sering disebut dengan Niagara mini karena memiliki panjang 50 meter dan tinggi 10 meter.

Pokwardis atau Kelompok Sadar Wisata menyulap objek wisata ini menjadi tempat wisata yang jauh lebih menarik. Jembatan tua di atas sungai itu kemudian diubah menjadi jembatan yang lebih berwarna. Selain itu, di Kedung Pengilon Anda juga bisa menemukan payung warna-warni yang menambah keindahan destinasi wisata ini.

Objek wisata yang ditawarkan Kedung Pengilon

Daya Tarik Kedung PengilonFoto oleh Asep Dwi Kurniawan / Shutterstock

✦ Air terjun setinggi 10 meter

Di Kedung Pengilon Anda akan menemukan berbagai atraksi. Salah satunya adalah air terjun yang tingginya sekitar 10 meter. Air terjun ini sangat indah karena dikelilingi perbukitan hijau yang sangat menyegarkan dipandang mata. Saat musim hujan tiba, Kedung di Kendal ini menawarkan pemandangan yang eksotis.

Wisatawan yang datang kesini akan melihat airnya meluap dan mengalir begitu deras hingga terciptalah air terjun mini. Namun lain halnya ketika musim kemarau tiba, air di sini justru akan menyusut sehingga yang terlihat hanya bebatuan atau bebatuan yang sebelumnya tidak terlihat karena tertutup air.

✦ Air jernih

Selain itu, daya tarik kedua yang bisa Anda rasakan di situs Kedung Pengilon adalah aliran airnya yang jernih dan indah. Jernihnya air tersebut membuat warna air di kolam tampak biru kehijauan. Air di sini sangat indah karena terdapat bebatuan kapur berwarna putih di bawah kolam.

Banyak wisatawan yang menghabiskan banyak waktunya untuk merenungkan keindahan air terjun dan pemandangan sekitarnya. Oleh karena itu, tidak heran jika saat ini banyak wisatawan dari luar daerah yang rela mengunjungi tempat wisata tersebut hanya untuk merasakan langsung pemandangan yang ditawarkan.

✦ Perasaan natural masih terasa

Keindahan air terjun di Kedung Pengilon semakin bertambah dengan hadirnya pepohonan hijau. Hal ini akan membantu Anda menemukan tempat wisata bernuansa alam yang masih terlihat jelas. Tempat ini juga menyuguhkan pemandangan yang sangat indah dipandang mata.

Selain itu udaranya yang sejuk dapat membuat wisatawan menjadi lebih rileks dan tenang. Oleh karena itu, orang-orang yang sedang berlibur biasanya pergi ke air terjun ini ketika ingin menenangkan diri. Hal ini tidak hanya akan membuat Anda lebih rileks dan rileks, namun wisatawan pun akan pulang dengan semangat.

Alamat dan rute ke Kedung

Alamat Kedung PengilonFoto oleh Asep Dwi Kurniawan / Shutterstock

Rute menuju lokasi Kedung Pengilon sebenarnya tidak sulit. Jadi jika kebetulan Anda berada di pusat Kota Kendal atau Alun-Alun Kendal, Anda harus mengikuti jalan tersebut untuk sampai ke tempat wisata yang berjarak sekitar 20 kilometer. Pergilah ke selatan yang sebagiannya sudah dibeton.

Pilihan transportasi menuju tempat wisata di Yogyakarta juga cukup lengkap. Jika anda tidak menggunakan kendaraan pribadi, anda dapat menggunakan angkutan umum seperti ojek, angkudes atau ojek. Silakan pilih salah satu yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun jika ingin menggunakan kendaraan pribadi sebaiknya hanya menggunakan kendaraan roda dua saja.

Agar perjalanan Anda lebih efektif dan cepat, Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua. Sebab jika menuju tempat wisata akan menjumpai jalan yang sempit. Jika Anda menggunakan kendaraan roda empat, Anda perlu memarkir kendaraan di tempat yang jaraknya cukup jauh dari tempat wisata. Karena itulah mengendarai sepeda motor adalah pilihan yang tepat.

Biaya masuk wisata alam

Jika ingin menikmati kesegaran dan kesejukan Kedung Pengilon, Anda perlu membayar harga tiket sebesar 5.000 rupiah per orang. Namun harga tersebut belum termasuk biaya parkir atau sewa peralatan di lokasi wisata.

Biaya parkir sepeda motor di air terjun ini adalah 3.000 rupiah sedangkan mobil seharga 5.000 rupiah. Jadi bagi yang mau sewa jaket pelampung atau ban pasti biayanya lebih mahal lagi yaitu 3.000 rupiah. Oleh karena itu, siapkan tas besar jika berencana berlibur ke tempat wisata populer ini.

Aktivitas yang menyenangkan

Kegiatan Kedung PengilonFoto oleh Asep Dwi Kurniawan / Shutterstock

1. Trekking di Kedung Pengilon

Jika ingin menuju lokasi Kedung Pengilon, wisatawan harus berjalan kaki terlebih dahulu menyusuri jalan setapak. Jaraknya sendiri kurang lebih 200 meter. Tempat wisata populer ini memiliki air terjun yang tingginya sekitar 10 meter. Ada kolam di lantai bawah yang bisa digunakan untuk berenang.

Kolam di dekat air terjun diperkirakan memiliki kedalaman 8 hingga 10 meter. Wisatawan yang ingin berenang di kolam tersebut diperbolehkan, namun dengan syarat boleh berenang. Berenang sendirian dilarang di dekat Kedung. Sebab dahulu kala ada yang meninggal di bawah air terjun tanpa diketahui masyarakat sekitar.

2. Melompat dari tebing

Selain itu, aktivitas kedua yang bisa Anda lakukan adalah melompat dari tebing. Jika Anda ingin menikmati jernihnya air terjun Kedung Pengilon, aktivitas kedua ini akan sangat menyenangkan. Selanjutnya, Anda bisa menguji adrenalin sambil menikmati kesegaran yang ditawarkan air terjun di sini.

Jadi jika Anda tidak bisa berenang dengan baik, silakan sewa tabung renang hanya dengan biaya 3.000 rupiah. Nah, agar lebih aman saat bermain air atau berenang di kolam renang, tidak ada salahnya untuk menyewa ban. Tempat ini memungkinkan Anda menikmati keseruan bermain air tanpa perlu khawatir dengan apa yang akan terjadi nantinya.

3. Kunjungi tempat wisata terdekat

Jika Anda punya banyak waktu, tidak ada salahnya untuk mengunjungi tempat wisata menarik lainnya yang tidak jauh dari Kedung Pengilon. Salah satunya adalah air terjun Banyunibo. Di air terjun ini Anda bisa melihat air yang sangat jernih dengan ketinggian sekitar 10 meter.

Jika tidak ingin bermain air, Anda bisa bersantai di pendopo administrasi pariwisata. Jadi, tidak ada salahnya mengunjungi beberapa tempat wisata lain di sekitar Kedung jika ingin mendapatkan pengalaman liburan yang menyenangkan.

4. Ambil foto

Aktivitas terakhir yang tidak boleh Anda lewatkan di tempat wisata ini adalah fotografi. Air terjun eksotis ini bisa Anda jadikan sebagai spot foto terbaik. Dengan harga yang terjangkau, banyak momen seru yang bisa Anda rasakan di tempat ini.

Selain itu, dengan memasuki musim kemarau, wisatawan akan menemukan spot foto menarik lainnya yaitu bebatuan yang terlihat jelas. Jadi anda bisa berfoto di bebatuan yang ada di tempat wisata. Pastinya hasil jepretan yang Anda ambil akan sangat indah dan mempesona.

Fasilitas yang tersedia di kawasan pantai

Fasilitas Kedung PengilonFoto oleh Asep Dwi Kurniawan / Shutterstock

Ada banyak fasilitas di Kedung Pengilon. Pengunjung yang datang dapat menikmati seluruh fasilitas yang tersedia di tempat wisata ini. dimulai dari tempat parkir yang cukup luas. Jadi jika Anda membawa kendaraan pribadi, Anda bisa memarkir kendaraan tersebut pada lahan yang tersedia.

Anda juga akan menemukan tempat duduk di sini yang dapat Anda gunakan untuk bersantai. Tempat duduknya terbuat dari bambu atau kayu. Sayangnya, fasilitas ini sudah hampir ketinggalan zaman seiring bertambahnya usia. Sementara itu, toilet yang dulunya bersih dan terawat kini menjadi kotor dan tidak terurus.

Banyak spot foto menarik di tempat wisata ini yang membuat pengunjung betah dan nyaman. Salah satunya adalah jembatan warna-warni yang dianggap sebagai simbol tempat wisata ini.

Kedung Pengilon menjadi salah satu destinasi wisata di Yogyakarta yang sedang ramai diperbincangkan banyak orang. Banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di tempat ini. Tidak hanya bisa bermain, berenang, dan bersantai di dalam air, Anda juga bisa mengambil foto-foto seru dengan harga yang sangat terjangkau.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button