Tempat Wisata

Keindahan Air Terjun Kali yang dingin, surga alam yang tersembunyi di Luwu Timur

Air Terjun Kali Dingin di Luwu Timur menawarkan nuansa liburan yang berbeda dengan pemandangan hutan hijau dan desain eksotis air terjun buatan yang unik.

harga tiket: Rp 10.000 Waktu aktif: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Tabarano, Kec. Wasuponda, Cab.Luwu Timur, Sulawesi Selatan; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Masih banyak objek wisata di Indonesia yang masuk kategori tersembunyi atau belum banyak diketahui orang. Alhasil, kondisinya masih sangat bersih dan asri, jauh dari kerusakan. Di Luwu Timur, Sulawesi Selatan, ada Air Terjun Dingin Kali yang disebut demikian harta karun dengan keindahannya yang tak terbantahkan.

Bagi Anda yang membutuhkan tempat untuk sejenak melepaskan diri dari hiruk pikuk kota, ditemani keindahan alam dan suara air terjun yang menyejukkan hati, berwisata ke salah satu ikon baru Luwu Timur sepertinya tak terelakkan.

Apa saja daya tarik tempat wisata ini, dimana lokasinya, berapa harga tiket yang perlu disiapkan untuk fasilitas disana? Bagi yang penasaran, berikut informasi lengkapnya agar bisa mempersiapkan segala sesuatunya sebelum ke sana.

Daya tarik air terjun Kali yang dingin

Daya tarik air terjun dingin KaliKredit foto: Google Maps Ikhwan Mahmud

Air terjun ini bersumber dari sungai yang berada di atas bukit, bentuknya sangat eksotik dan tentunya berbeda dengan air terjun biasa di daerah lain. Berikut beberapa objek wisata air terjun Kali dingin yang akan memukau pengunjung.

1. Pemandangan alam yang hijau

Lanskap hijau dari berbagai spesies pohon yang telah ada sejak lama terbentang di sekitar wisata menawan ini. Tempat ini dulunya merupakan perkebunan yang pemiliknya “mengubahnya” menjadi tempat wisata dengan tampilan yang berbeda, terutama di bagian air terjun.

2. Air terjun bertingkat

Pada Pekerjaan Air Terjun Kali Dingin terlihat seperti bebatuan yang dipenuhi lumut yang sengaja dirancang untuk mewakili aliran air terjun yang indah. Bebatuannya tersusun berlapis-lapis seperti tudung jamur, kemudian air mengalir dengan kecepatan yang cukup tinggi dari sungai di atasnya.

Aliran air terjun tersebut kemudian membentuk pemandangan yang menakjubkan ditambah dengan suara gemericik air yang menenangkan.

Ketinggian air terjun buatan ini sangat bervariasi, biasanya hanya sekitar 0,5 hingga 1 meter, yang kemudian menyatu dengan kolam di bawahnya.

3. Air jernih

Air terjun yang mengalir masih sangat jernih, bahkan di kolam yang lebih rendah pengunjung dapat melihat dengan jelas dasar kolam.

4. Tur Keluarga

Di tempat ini terdapat banyak tempat menarik untuk dicoba bersama keluarga, apalagi bagi yang memiliki anak kecil terdapat kolam khusus yang dapat digunakan untuk berbagai aktivitas bermain.

5. Penyembuhan Wasuponda

Air Terjun Kali Dingin tidak sulit dijangkau, jadi cocok untuk masyarakat Luwu Timur yang menginginkannya menyegarkan bisa datang kapan saja tanpa harus mencari liburan panjang.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Dingin KaliSumber gambar: Google Maps Angler Boncosan

Tempat di Desa Tabarano, Wasuponda, Kabupaten Luwu Timur, Provinsi Sulawesi Selatan ini menjadi sorotan wisatawan. Pasalnya, letaknya tidak terlalu jauh dari ibu kota Luwu Timur, yakni Malili.

Jika dihitung-hitung, hanya membutuhkan waktu 52 menit untuk sampai ke tempat ini, atau sekitar 37,4 km. Anda bisa menggunakan kendaraan roda dua jika ingin berkendara sendiri, bisa juga mengendarai mobil.

Benar-benar dibutuhkan sesuatu untuk mencapai air terjun Kali yang dingin itu upaya karena ada bagian jalan yang berbatu, dan ada hutan di kiri dan kanan jalan. Namun semuanya akan terbayar setelah Anda tiba dan melihat langsung betapa indahnya air terjun tersebut.

Berkendara dari Malili, wisatawan bisa melewati jalan utama dari Wewang Riu Malili menuju Sorowako. Lalu belok kanan menuju Jalan H Abdullah sekitar 1 km, lalu belok kanan lagi menuju Jalan Dr. Sam Ratulangi atau Jalan Poros yang menghubungkan Malili ke Tabarano.

Setelah menempuh jarak 31 km, cukup belok kiri dan ikuti jalan lurus sekitar 2,1 km sebelum sampai di air terjun cantik ini. Jangan lupa untuk menikmati pemandangan di sepanjang jalan yang tentunya sangat mengesankan dan tentunya masih alami.

Biaya masuk untuk wisata air terjun

Satu hal yang selalu menjadi pertanyaan sebelum datang ke tempat wisata manapun adalah berapa harga tiketnya. Khusus kawasan wisata air terjun ini, tiket masuk untuk dewasa sekitar Rp 10.000 sedangkan untuk anak-anak sekitar Rp 5.000.

Harga ini dapat berubah sesuai kebijaksanaan pengelola situs, jadi yakinlah Memperbarui Siapkan harga tiket terbaru agar uang Anda cukup untuk menginap di sana.

Aktivitas menarik di Air Terjun Dingin Kali

Aktivitas menarik di Air Terjun Dingin KaliKredit Foto: Google Maps Sita Hadilang

Beragam aktivitas bisa dilakukan saat Anda tiba di imersif tour ini, sehingga sering disebut sebagai full-package hidden tour. Dimulai dengan relaksasi, hingga menikmati pemandangan kenaikan Jelajahi objek wisata dari pintu masuk hingga ujung dalam tempat air terjun Kali yang dingin berada.

1. Nikmati pemandangannya

Kegiatan ini gratis dimana pengunjung dapat menikmati pemandangan alam hingga puas. Dimulai dengan mengamati hamparan pepohonan hijau dan bunga warna-warni. Hingga terlihat keunikan dan nilai seni yang tinggi dari pemandangan air terjun tersebut.

Semua orang akan bosan setelah menjelajahi air terjun dan berbagai hal Pekerjaan besar di daerah itu. Seperti pemandangan bebatuan berlumut yang menjadi media mengalirnya air hingga membentuk air terjun.

2. Berenang

Pihak pengelola menyediakan beberapa kolam renang mulai dari ukuran dangkal untuk anak-anak hingga ukuran besar untuk pengunjung dewasa. Di kolam dangkal, orang tua dapat menggunakannya untuk mengajari anak gaya berenang dan mencegah anak berenang fobi Air.

Uniknya, kolam ini tidak menggunakan keramik modern melainkan berlapis semen agar lebih menyatu dengan alam. Aliran air sungai yang keluar masuk area kolam juga sangat terlihat, sehingga kebersihan air kolam selalu terjaga.

3. Foto selfie

Salah satu kegiatan wajib di kawasan wisata Air Terjun Dingin Kali adalah fotografi, selain mengabadikan momen juga merupakan cara eksis di media sosial. Jangan khawatir, di tempat wisata banyak terdapat tempat menarik untuk selfie, wefie atau sekedar untuk memotret pemandangan alam.

Beberapa dari mereka sedang dalam perjalanan ke tempat yang dibuat khusus gaya Street di Drama Romantis Korea. Taman bunga di kiri dan kanan melengkapi suasana penuh cinta.

ada juga Pekerjaan terbaik di bawah air terjun, dengan latar belakang formasi batu berlumut hijau yang indah.

Jika Anda menginginkan pemandangan hutan yang hijau, Anda dapat menemukannya Pekerjaan di beberapa paviliun yang tersedia. Sehingga memberikan perasaan unik saat memotret di kamera.

4. Istirahat di gazebo

Usai menjelajahi tempat-tempat wisata, berenang dan berfoto-foto, saatnya beristirahat di pendopo kecil dengan desain alami. Terdapat beberapa paviliun yang tersebar di lokasi-lokasi strategis di kawasan wisata air terjun. Pilih saja yang diinginkan selama belum diisi oleh pengunjung lain.

5. Mendaki

Jika ingin merasakan sensasinya kenaikan Tidak terlalu jauh, Anda bisa mencoba mengikuti jalan menuju destinasi wisata Air Terjun Dingin Kali dengan berjalan kaki Kamu tahu. Hitung olahraga sebelum Anda membiarkan jiwa Anda bergelantungan di pemandangan air terjun yang mempesona.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Tanaman air terjun kalium dinginSumber Gambar: Google Maps Air Terjun Dingin Kali

Di tempat wisata harta karun yang dimiliki Luwu Timur juga menyediakan beberapa fasilitas untuk meningkatkan kepuasan wisatawan, seperti:

1. Kafe

Terdapat kedai kopi yang menawarkan berbagai jenis makanan dan minuman bagi pengunjung yang tidak membawa perbekalan sendiri.

2. Toilet

Toilet juga tersedia bagi pengunjung, terutama yang ingin membersihkan badan sebelum dan sesudah berenang

3. Tempat parkir

Tempat parkir yang cukup tersedia bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan sendiri atau rombongan.

Karena Air Terjun Dingin Kali merupakan salah satu destinasi utama di Luwu Timur, tidak ada salahnya untuk menambahkannya ke dalam daftar destinasi liburan Sulawesi Selatan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button