Tempat Wisata

Keindahan Bendung Katulampa, destinasi wisata populer di Kota Bogor

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.30-21.00 WIB, Alamat: J L. Pemuda 2 No. 32 Sindangrasa, Katulampa, Kec. Bogor Timur, Kota Bogor, Jawa Barat; map: pemeriksaan situs

Liburan di pegunungan, air terjun, kebun binatang bisa menjadi hal yang lumrah. Bagaimana jika liburan dilakukan di bendungan? Beberapa dari Anda mungkin belum pernah mencobanya. Silahkan sesekali datang ke Bendungan Katulampa Bogor untuk merasakan sensasi berbeda saat berlibur. Layaknya bendungan, fungsi utamanya adalah mengairi sawah-sawah di sekitarnya. Di Bogor, bendungan ini juga berfungsi sebagai alat peringatan dini banjir.

Struktur bendungan ini sangat kokoh, meskipun air deras terkadang mengalir melalui beberapa dinding yang dibangun. Banyak pengunjung yang datang pada pagi dan sore hari untuk menikmati suasana berbeda di waktu senggang. Memang tidak seramai tempat wisata yang menawarkan pemandangan alam dan wahana lainnya. Namun, ke depan mungkin akan berbeda karena sekarang hanya trend dan banyak dibicarakan.

Selain bendungan, beberapa destinasi wisata juga dibangun di kawasan Katulampa yang dibangun di atas lahan seluas 2 hektar. Seperti kawasan Bandung pada umumnya, Katulampa dikelilingi perkebunan dan persawahan dengan pemandangan khas pedesaan. Jika Anda sedang berada di Bogor, jangan lewatkan tempat wisata baru ini untuk menambah rangkaian liburan Anda.

Atraksi Bendungan Katulampa

Atraksi Bendungan KatulampaKredit foto: Google Maps dewina sinaga

Dari segi daya tarik Bendungan Katulampa tidak kalah dengan tempat wisata di Bogor lainnya. Hal itu membuat kepadatan pengunjung saat liburan tiba. Buat kamu yang penasaran dan ingin tahu apa saja objek wisata Bendungan Katulampa, berikut sudah kami rangkum dengan penjelasan singkatnya!

1. Keindahan Bendungan Katulampa

Menikmati keindahan bendungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Padahal, sepintas terlihat seperti bendungan pada umumnya, pintu air dibangun sangat kokoh untuk mencegah masuknya air saat tidak dibutuhkan. Saat air surut, banyak bebatuan tak beraturan menghiasi dasar bendungan. Daya tarik utamanya juga arus airnya yang cukup kuat dan menimbulkan ombak yang cukup besar. Selain bendungan, tidak mungkin Anda memiliki pemandangan yang begitu indah.

Bendungan Katulampa juga dilengkapi dengan jembatan dengan bangunan yang unik dan tua. Pengunjung diperbolehkan menaiki jembatan untuk menikmati keindahan bendungan atau mengambil foto. Liburan semakin lengkap ketika udara sejuk khas pedesaan menyelimuti pemandangan.

2. Kampung Penuh Warna

Di dekat Bendung Katulampa yang juga berada di kecamatan yang sama, terdapat sebuah desa unik dengan warna berbeda menghiasi bangunannya. Disebut kampung warna-warni karena setiap rumah dan tembok di tempat ini dicat dengan warna yang berbeda-beda. Salam selamat datang juga menghiasi keindahannya, menyambut kedatangan Anda.

Ada sebuah sungai di desa yang menjadi tujuan wisata utama saat Anda berkunjung. Bukan sungai kotor penuh bebatuan dan banyak pepohonan di sekitarnya, melainkan sungai dari sungai bendungan yang berubah menjadi seluncuran air mini. Kalaupun airnya berwarna coklat, kebersihannya terjamin karena tidak ditemukan sampah sedikitpun.

3. Tebing Gricil Katulampa

Atraksi berikutnya adalah Tebing Gricil yang baru diresmikan tahun 2020 kemarin. Tebing ini dibangun bekerjasama dengan warga sekitar, lengkap dengan jogging track sepanjang 1,7 km. Ada pula kebun organik bernama One Home Farm dengan berbagai jenis tanaman yang dibudidayakan langsung oleh para petani muda di kawasan Katulampa.

Alamat lokasi dan rute

Alamat Bendungan KatulampaKredit foto: Google Maps Eko Budi Utomo

Sesuai dengan nama Bendung Katulampa, alamat lengkapnya berada di Kecamatan Katulampa, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Mencari lokasinya pun tidak sulit karena tidak jauh dari kota. Hanya berjarak sekitar 8,4 km dari pusat kota Bogor, Anda bisa mencapai lokasi dalam waktu kurang dari 30 menit dengan kendaraan bermotor.

Anda bisa menggunakan terminal kota Bogor sebagai patokan rute yang tepat. Baik dengan kendaraan umum maupun pribadi, ambil arah ke Jalan Raya Tajur Bogor. Tidak jauh dari tempat ini terdapat desa yang penuh warna. Berjalan sedikit lebih jauh ke dinding bendungan. Namun, jika Anda ingin menikmati permainan di desa tersebut, harap memarkir kendaraan Anda di tempat yang telah disediakan.

Biaya masuk

Biaya masuk ke Bendungan KatulampaSumber gambar: Google Maps dadi maskar

Lokasi bendungan tidak mengharuskan Anda membayar biaya atau gratis. Namun jika ingin menikmati keseruan bermain di kampung warna warni atau kampung air, anda perlu membayar tiket masuk sebesar 10.000 rupiah per orang. Cukup murah untuk perasaan liburan yang bisa dicapai.

Tempat wisata ini buka setiap hari mulai pukul 06:00 hingga 17:00. Pastikan Anda tidak melebihi waktu tutup saat Anda berkunjung.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Bendungan KatulampaKredit foto: Google Maps Anggieta Santoso Edi

Tempat wisata Bendungan Katulampa sebenarnya bukanlah bendungan utama melainkan kawasan lain di Kecamatan Katulampa. Seperti di Desa Tebing Gricil yang penuh warna dan juga di Desa Air. Bagi yang belum pernah mengunjungi tempat tersebut, berikut aktivitas menarik yang biasa dilakukan pengunjung saat berlibur di tempat tersebut!

1. Memancing

Kegiatan memancing tidak hanya bisa dilakukan di laut atau sungai, tetapi juga di tambak-tambak ikan di kawasan Katulampa yang tak kalah seru. Jenis ikan yang dapat dipancing antara lain ikan mas, gurame, lele, nila dan lain-lain. Tidak perlu membawa alat pancing sendiri, ada persewaan alat pancing lengkap dengan umpannya. Menariknya, hasil tangkapan bisa dibawa pulang, dengan biaya tambahan tentunya.

Jika Anda merasa lapar saat memancing, Anda bisa langsung memasaknya di tempat dengan bantuan pengelola. Ada tarif tersendiri untuk ini, yang juga harus Anda persiapkan. Tidak hanya itu, jika Anda kurang beruntung dan tidak menangkap ikan sama sekali, Anda masih bisa menikmati segala jenis ikan di kolam dengan membelinya dari pengelola.

2. Arung jeram

Bahkan selama wisata desa air, Anda bisa melakukan aktivitas yang bisa memacu adrenalin. Apalagi kalau bukan soal rafting dengan arus Sungai Ciliwung yang juga mengarah ke bendungan utama. Arusnya cukup deras dengan tipikal bebatuan sungai menghadirkan tantangan terbesar. Dari kegiatan ini Anda tidak hanya akan mendapat manfaat dari olahraga, tetapi juga dari petualangan dan kerja sama tim di atas perahu karet.

Jangan khawatir tentang keselamatan, helm dan jaket pelampung adalah alat keselamatan paling penting yang bisa Anda dapatkan. Selain itu, ada pengawas tersendiri dalam perahu yang juga bertindak sebagai instruktur. Bagi Anda yang mabuk laut, olahraga arung jeram ini tidak disarankan karena arus dan ombak yang ditimbulkan oleh benturan bebatuan dan permukaan yang tidak rata cukup tinggi.

3. Perkemahan

Lokasinya yang berada di perkampungan dengan pemandangan khas tumbuhan hijau menjadi alasan lain untuk dijadikan tempat perkemahan. Pengelola juga menyediakan perlengkapan camping seperti tenda dan sleeping bag. Jadi tidak perlu bawa dari rumah atau kalau tidak mau menginap dari awal. Perkemahan ini masih berada di kawasan desa air Bending Katulampa.

Kegiatan ini cukup menyenangkan baik untuk orang dewasa maupun anak-anak. Tidak hanya bisa menikmati pemandangan alam, tapi juga bisa mengambil pelajaran untuk lebih mengenal alam. Sebut saja kegiatan ini sebagai media parenting. Jika tak ingin membeku saat menikmati keindahan alam tempat wisata tersebut, terdapat shelter khusus yang dibangun di atas kolam ikan. Biayanya cukup murah dengan fasilitas yang cukup lengkap antara lain wifi, kamar mandi dan kamar tidur yang nyaman juga.

4. Kegiatan Keluar

Aktivitas menarik di Bendungan KatulampaKredit foto: Google Maps Fairiko S

Mengenal alam tidak harus dilakukan saat camping, jalan-jalan ke luar negeri juga merupakan bagian darinya. Namun kali ini bukan outbond biasa, melainkan dengan fitur air yang cukup seru. Anak-anak pasti akan menyukai aktivitas yang dilakukan di sungai yang bersambung dari bendungan ini. Ada tempat-tempat yang bisa disewakan hoop agar lebih aman dan tentunya tertarik untuk bermain lebih lama di dalam air.

Kedalaman airnya cukup lumayan, sekitar perut orang dewasa. Sayangnya tidak tersedia pelampung untuk disewa, tetapi ban karet cukup untuk menjaga keselamatan anak-anak. Arusnya cukup tenang, Anda tidak perlu khawatir akan bahayanya. Setiap pengunjung yang datang ke tempat ini pasti ingin bermain air. Kali ini bukan di desa air tempatnya berada, melainkan di desa warna-warni. Jadi Anda tidak hanya bisa bermain air, tetapi juga menikmati keindahan desa unik yang dicat dengan warna berbeda. Ada gambar karakter kartun yang mungkin disukai anak-anak.

5. Joging

Mungkin tidak umum saat berkunjung ke Bendungan Katulampa. Namun jika Anda menginginkan olahraga ringan, jogging bisa menjadi pilihan pertama yang bisa Anda lakukan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, jogging track ini berada di atas tebing Gricil dengan panjang track 1,7 km. Ketiga spot tersebut tidak jauh, baik Kampung Air, Kampung Warna Warni, maupun Tebing Gricil. Sehingga Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru dalam satu kabupaten atau tempat wisata.

6. Cat bola

Dengan luas sekitar 2 hektar, Bendungan Katulampa juga menawarkan aktivitas yang tak kalah menarik dari tempat wisata lainnya. Paint Ball adalah kegiatan paling menyenangkan bagi pengunjung tertentu. Kegiatan ini membutuhkan kerjasama tim untuk memenangkan permainan.

Paintball, juga dikenal sebagai Air Soft Gun, adalah olahraga baru yang sangat populer. Seperti dalam perang, Anda menggunakan senjata api untuk menembak lawan. Namun jangan khawatir, bola yang digunakan bukanlah bola asli, melainkan bola karet yang diisi dengan cat berwarna cerah.

Peralatan tersedia

Benteng KatulampaKredit foto: Google Maps K Jericho

Meski digagas terutama oleh pemuda dan warga sekitar, fasilitas yang disediakan terbilang lengkap. Di bawahnya ada mushola, toilet, juga ada tempat parkir yang luas dan aman. Ada juga warung di dekat tempat wisata sehingga Anda tidak perlu membawanya dari rumah jika ingin mengisi perut lapar setelah beraktivitas. Saung dapat digunakan sebagai tempat istirahat dan juga salah satu fasilitas untuk dinikmati. Selain itu, ada pula WiFi yang tersedia di beberapa sudut lokasi.

Bendungan Katulampa Memang tidak menyuguhkan pemandangan alam seperti tempat wisata lain seperti pegunungan. Namun permainan yang ada di tempat ini cukup banyak dan bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, tempat ini masih dalam tahap pengembangan hingga saat ini, jadi sangat memungkinkan untuk ditambahkan ke dalam game yang sudah ada. Destinasi wisata ini mulai dilirik pemerintah sehingga sangat mungkin terjadi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button