Tempat Wisata

Keindahan Curug Bayan, air terjun tersembunyi di lereng Gunung Slamet Banyumas

Curug Bayan di Banyumas merupakan air terjun tersembunyi di lereng Gunung Slamet yang mempesona dengan keindahan alamnya yang masih alami dan suasana tenang yang mengundang istirahat.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Dusun II Ketenger, Ketenger, Kec. Baturaden, Cab.Banyumas, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Terletak di Kecamatan Baturraden Kabupaten Banyumas, Curug Bayan menjadi destinasi wisata keluarga yang menarik. Kawasan wisata ini juga cocok untuk menyegarkan diri dan melupakan sejenak kehidupan sehari-hari.

Air terjun ini mempunyai ketinggian air terjun yang relatif rendah. Adanya banyak batu di sekitar air terjun membuat aliran airnya seperti berundak.

Meski ketinggian air tidak mencapai tinggi, namun suasana di tempat wisata di Banyumas ini tetap sejuk dan suhu airnya sangat dingin. Selain itu, kepopuleran destinasi alam ini juga karena aksesibilitasnya yang mudah bagi pengunjung.

Daya tarik Curug Bayan

Objek Wisata Curug Bayanfoto dari Menyalakan di Twitter

Curug atau air terjun ini mempunyai beragam pesona yang selalu menarik perhatian pengunjung. Berikut beberapa daya tarik objek wisata alam di lereng Gunung Slamet ini :

1. Mudah dijangkau

Air terjun umumnya terletak di daerah dataran tinggi yang sulit diakses. Dibutuhkan tenaga ekstra untuk mencapainya karena kondisi jalan yang sebagian besar menanjak, berkelok-kelok, berada di pinggir tebing dan licin sehingga membahayakan pengendaraan kendaraan.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Namun lain halnya dengan air terjun yang ada di provinsi Jawa Tengah ini. Akses menuju objek wisata ini mudah dilakukan dengan menggunakan sepeda motor maupun mobil.

Anda tidak perlu khawatir dengan jalanan terjal atau rusak karena akses menuju Curug Bayan sudah optimal dengan permukaan aspal halus. Tidak perlu berjalan terlalu jauh dari tempat parkir atau jalan masuk karena lokasinya dekat dengan pinggir jalan raya.

2. Air jernih dan bersih

Air terjun ini menampilkan keindahan alam dengan mengalirkan air dari ketinggian sekitar 7 meter. Tangki penampung ini memiliki luas antara 200 hingga 300 meter persegi dan kedalaman sekitar 2 hingga 5 meter.

Air Curug Bayan terkenal jernih sehingga dasar kolam terlihat sangat jelas. Air terjun ini bersumber dari mata air Gunung Slamet yang mengalir melalui Sungai Banjaran.

Terletak di lereng Gunung Slamet, air terjun yang dipenuhi pepohonan memberikan suasana rindang dan menyegarkan.

Kecemerlangan air dan irama alirannya menimbulkan suara yang menenangkan, mirip irama musik, menenangkan hati dan pikiran.

3. Panorama alam yang menakjubkan

Selama perjalanan Anda akan ditemani pepohonan rindang karena tempatnya jauh dari pemukiman warga. Namun setelah perjalanan ini Anda tidak akan kecewa saat memasuki kawasan wisata.

Suara gemuruh air terjun memberikan relaksasi pikiran dan ketenangan dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari. Perpaduan warna hijau tanaman, suara air mengalir dan sejuknya udara menjadi paket total yang bisa Anda nikmati di air terjun Banyumas ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun BayanFoto oleh Tomi di Instagram

Untuk mencapai Curug Bayan dari Baturraden jaraknya sekitar 2,7 km. Dari Purwokerto Anda dapat menempuh jarak sekitar 13,6 km dalam waktu sekitar 30 menit.

Mulailah perjalanan di Mandala Wisata Baturaden, ikuti jalan lurus hingga pertigaan di Ketenger lalu belok kiri.

Perlu diketahui bahwa jalur ini sempit dan berkelok-kelok. Setelah pertigaan berikutnya belok kanan dan kembali ke jalan utama.

Tak lama kemudian, di pertigaan berikutnya, belok kiri menuju Desa Ketenger, Jawa Tengah. Anda melewati jalan yang naik turun dan berkelok-kelok, namun kondisinya beraspal dan mulus.

Saat memasuki area air terjun, lingkungan berubah. Bangunan tempat tinggal berkurang dan digantikan oleh hutan lebat. Anda mencapai kawasan wisata melalui jembatan.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati keindahan Curug Bayan Banyumas, pengunjung dikenakan biaya masuk yang terjangkau sebesar 10.000 rupiah. Selain itu pengunjung juga harus membayar biaya parkir yaitu 2.000 rupiah untuk sepeda motor dan 5.000 rupiah untuk mobil.

Harap dicatat bahwa biaya parkir dapat berubah tergantung kebijakan manajemen. Di sekitar air terjun tersedia persewaan tikar dengan harga bervariasi sehingga pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun sambil duduk di atas tikar.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Air Terjun Bayanfoto dari Mungkin di Twitter

Saat berwisata, Anda tidak hanya ingin beristirahat saja, namun Anda juga pasti ingin menikmati berbagai aktivitas menarik selama berada di sana. Begitu pula dengan destinasi wisata alam yang menawarkan sejumlah aktivitas menarik untuk dinikmati di sana.

Bermain di air

Saat anda berkunjung ke destinasi wisata Curug Bayan anda bisa menikmati kesegaran air terjun yang terus mengalir dari pegunungan memberikan rasa sejuk dan sejuk. Permainan air dan aktivitas berenang merupakan pengalaman yang sangat menyenangkan.

Di dekat tempat air terjun terdapat sebuah kolam kecil yang cocok untuk berenang. Banyak wisatawan yang memanfaatkan kolam tersebut untuk menikmati kesegaran airnya yang jernih, yang tentunya memberikan efek positif bagi kesehatan tubuh.

Mencari tempat untuk mengambil foto di Curug Bayan

Berwisata ke destinasi wisata ini merupakan salah satu momen tak terlupakan dimana seseorang bisa mengabadikan momen tersebut melalui foto. Kenangan tersebut bisa Anda bagikan kepada teman atau keluarga melalui media sosial.

ada banyak noda Foto yang bagus menjadi sebuah tujuan, terutama di area sekitar air terjun, yang patut Anda abadikan dalam bentuk foto atau video. Tersedia meja lantai atau area berbatu di dekat air terjun yang bisa dijadikan tempat duduk untuk fotografi.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun BayanFoto oleh Hernawati Soekarseno di Facebook

Saat Anda mengunjungi destinasi di Curug Bayan Banyumas ini, terdapat banyak fasilitas yang dapat Anda gunakan yang dapat menambah kenyamanan perjalanan. Fasilitas tersebut antara lain tempat parkir, musala, toilet, kabin, noda Foto dan tempat makan.

Fasilitas lengkap tersebut memberikan kenyamanan bagi pengunjung sehingga dapat menikmati liburan secara maksimal. Wisata air terjun ini merupakan tempat yang ideal untuk menenangkan pikiran berkat alam sekitar yang alami dan mempesona.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button