Tempat Wisata

Keindahan CURUG MUARA JAYA di lereng Gunung Cereme Desember 2022

Biaya Masuk Air Terjun Muara Jaya: Rp 5.000 – Rp 20.000. Jam buka: 08.00 – 17.00. Nomor telepon : -. Alamat : Kampung Apuy, Argamukti, Argapura, Majalengka, Jawa Barat, Indonesia, 45462.

Kawasan Majalengka mulai banyak mendapat perhatian sebagai tujuan liburan para wisatawan. Hal ini dikarenakan Majalengka memiliki banyak potensi keindahan alam sebagai obyek wisata. Salah satu yang sudah populer di kalangan penduduk setempat Air Terjun Muara Jaya.

Air terjun ini terletak di Desa Argamukti, Kabupaten Majalengka. Ini memiliki tiga tingkat dan berada di tengah lembah. Meski berada di tengah hutan, tempat wisata ini ramah anak dan cocok untuk rekreasi keluarga.

Tiket masuk Air Terjun Muara Jaya

Ada dua tiket yang berlaku untuk memasuki kawasan wisata air terjun. Tiket pertama untuk air terjun di tingkat paling bawah, sedangkan tiket kedua untuk masuk ke area air terjun di tingkat paling atas.

Biaya masuk
Tiket dewasa Rp 15.000
Tiket masuk untuk anak-anak Rp5.000
tiket berkemah Rp 20.000 per orang

Baca: Tiket Masuk TERASERING Panyaweuyan Majalengka dan Ragam Pesonanya

jam buka

Obyek wisata air terjun ini bisa dikunjungi dari pagi hingga sore hari. Waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini adalah saat musim kemarau karena air yang mengalir sangat jernih dan tidak becek.

jam operasi
Setiap hari 08.00 – 17.00 WIB

Keindahan air terjun Muara Jaya

Air Terjun Muara Jaya dari jauhBagian air terjun yang dikelilingi hutan alam – Foto: Google Maps/Ambia Aditama

Baca: Tiket Masuk Curug Cipeuy Majalengka dan Aneka Kegiatannya

Curug Muara Jaya adalah sebuah air terjun yang merupakan bagian dari Sungai Muara Jaya. Air terjun ini terletak di lereng Gunung Ciremai. Jaraknya hanya sekitar 20 kilometer dari kota Majalengka.

Meski terletak di lembah dan membutuhkan sedikit tenaga untuk mencapainya, air terjun ini tetap menjadi tempat piknik yang populer. Aliran airnya cukup deras dan meluncur di permukaan bebatuan sehingga menonjolkan lekukan dan menambah keindahan air terjun ini.

Dikelilingi oleh hutan

ratusan anak tanggaJumlah anak tangga yang harus didaki untuk menuju lokasi air terjun lebih dari 350 ke arah lembah – Foto: Google Maps/Faiz Falsahadi

Baca: Tiket dan Aktivitas Taman Dinosaurus Majalengka

Ada banyak alasan mengapa Air Terjun Muara Jaya menjadi tujuan wisata populer bagi warga Majalengka dan sekitarnya. Salah satunya adalah lokasinya yang meski berada di tengah lembah hutan, namun mudah dijangkau.

Pasalnya, pengelola membuat akses jalan berupa ratusan anak tangga. Dengan begitu, pengunjung tidak perlu khawatir dengan masalah kontur jalan meski harus melewati hutan. Posisi air terjun di bawahnya mengharuskan pengunjung untuk menuruni tak kurang dari 350 anak tangga.

Air terjun di dua tingkatAliran air terjun terlihat di balik lebatnya hutan alam – Foto: Google Maps/upi lutfi

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas Batu Gantung Majalengka

Dalam perjalanan turun, pengunjung memasuki halaman dalam. Pada akhir pekan atau hari libur, pengunjung akan disuguhi oleh hiburan yang disajikan di atas panggung yang tersedia. Ada juga toilet, mushola, sarana bermain dan tempat istirahat.

Menuruni anak tangga, pengunjung disuguhi panorama segar. Hamparan hijau hutan di Gunung Ciremai berpadu dengan sejuknya udara pegunungan. Selain menyegarkan mata, lelah dan pegal-pegal tergantikan dengan rasa tenang dan rileks.

Air Terjun Cascade

Air terjun Muara Jaya dari dekatJatuhnya air terjun Muara Jaya yang disorot matahari terlihat indah dihiasi bebatuan sungai di sekelilingnya – Foto: Google Maps/Fitria Natasya Putri

Baca: Tiket Kolam Renang Tirta Indah Majalengka dan Berbagai Wahana Seru

Jauh sebelum Anda tiba di lokasi air terjun, Anda akan mendengar gemericik airnya. Curug Muara Jaya sudah terlihat dari tangga, mengintip dari balik rimbunnya pepohonan. Air terjun setinggi kurang lebih 70 meter ini menjadi focal point panorama sekitar.

Suasana sejuk di sekitar air terjun akan menyambut Anda saat tiba di lokasi. Air terjun setinggi 20 meter ini bermuara di danau dan sungai yang bertabur bebatuan. Air terjun ini merupakan tingkatan terendah dari seluruh air terjun Muara Jaya.

Melanjutkan jalan setapak, pengunjung akan menemukan saklar lain. Loket ini menjual tiket terusan bagi pengunjung yang ingin menuju air terjun tingkat atas. Air terjun ini mengalir di tebing yang lebih tinggi. Danau di sekitarnya dangkal, jadi tempat yang aman untuk bermain air.

rekreasi di alam

Curug tingkat terendahJembatan melintasi sungai dan menghubungkan tangga ke lokasi air terjun Muara Jaya, terlihat wisatawan bermain air di sekitar air terjun – Foto: Google Maps/fajar buana

Baca: Tiket Masuk Jembar Waterpark Majalengka dan Aneka Wahananya

Mengelilingi tingkat bawah air terjun adalah area kering terbuka. Area ini bisa digunakan sebagai area piknik. Sambil menikmati makan siang dan bersantai, pengunjung dapat melihat keindahan air terjun dari dekat.

Bagi yang ingin bermalam, pihak pengelola juga menyediakan tempat perkemahan. Dengan 20.000 per orang, pengunjung dapat mendirikan tenda dan berkemah di sekitar air terjun. Tak perlu khawatir karena fasilitas dan keamanan terjamin di sini.

perabot

Sarana dan prasarana yang tersedia di Air Terjun Muara Jaya sudah lengkap dan memadai. Tempat parkir yang luas, toilet, mushola, dan warung makan mudah ditemukan di sini. Jalur menuju air terjun terdiri dari anak tangga dengan pegangan tangan, sehingga aman untuk semua kalangan. Manajemen juga menyediakan beberapa fasilitas bermain anak dan panggung untuk pentas seni atau berkumpulnya perlengkapan acara.

Baca: 6 Tempat Wisata Unggulan di Majalengka

Lokasi Air Terjun Muara Jaya

Kawasan wisata air terjun ini terletak di Desa Argamukti, Kecamatan Argapura, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. Minimnya transportasi umum membuat lokasi objek wisata ini lebih mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi seperti mobil atau sepeda motor.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button