Tempat Wisata

Keindahan Curug Rahong, air terjun unik di Bogor dikelilingi mitos

Temukan keindahan tersembunyi Curug Rahong di Bogor, air terjun unik menawan dengan pesona alamnya dan kaya akan mitos yang menambah daya tariknya.

Harga tiket: Rp10.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Rengasjajar, Kec. Cigudeg, Cab.Bogor, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Curug Rahong merupakan salah satu destinasi wisata alam yang bisa Anda jelajahi di Bogor. Air terjun ini tetap menjaga keaslian alamnya dengan pesona air terjun yang sangat cocok untuk bersantai dan melepas penat dalam kehidupan sehari-hari.

Karena lokasinya yang dekat dengan kawasan penambangan pasir yang tandus, air terjun ini terasa seperti oase.

Sesampainya di kawasan air terjun, Anda akan terpesona dengan keindahannya yang mempesona. Penasaran seperti apa bentuknya? Mari kita lihat lebih dekat.

Objek wisata yang ditawarkan Curug Rahong

Daya Tarik Air Terjun RahongFoto: Google Maps/Fadlun Azka

Bentuk air terjun yang unik

Berbeda dengan air terjun yang biasanya mengalir secara vertikal, air terjun ini menawarkan pemandangan yang unik. Pasalnya, air yang mengalir dari ketinggian sekitar 15 meter ini berbentuk cembung.

Pasalnya, tebing batu tempat mengalirnya air terjun memiliki kontur yang khas. Alhasil, aliran air terjun mengikuti kontur tebing batu dan tidak mengalir lurus seperti air terjun pada umumnya.

Selain itu, air terjun ini terbagi menjadi beberapa aliran sungai yang ketinggiannya berbeda-beda, sehingga aliran airnya memiliki cakupan yang luas. Meski tidak langsung berada di bawah air terjun, namun tetesan dan kesejukan air bisa Anda rasakan jika berdiri di dekatnya.

Jalur trekking yang penuh petualangan

Selain keunikan dan keindahan air terjunnya, wisata Curug Rahong mempunyai daya tarik yang terletak pada jalur pendakiannya.

Jalur trekking menuju air terjun pasti bisa dikatakan menantang dan menawarkan banyak petualangan. Anda yang menyukai wisata alam pasti akan mendapat suguhan selama berwisata.

Sebelum menjelajahi pemandangan hijau di sekitar air terjun, Anda terlebih dahulu melewati area penambangan pasir. Oleh karena itu, jalanan biasanya kering dan berdebu serta banyak kendaraan yang melintas dengan pasir.

Setelah melintasi area pertambangan, perjalanan trekking diawali dengan jalan di kedua sisinya yang ditumbuhi pepohonan hijau yang menyegarkan mata. Terlihat lebih indah lagi jika Anda menyusuri jalan setapak di sepanjang sungai.

Mitos yang diyakini banyak orang

Ada mitos yang diyakini masyarakat tentang Curug Rahong Bogor dan sangat menarik bagi wisatawan untuk mengetahuinya.

Sebab mitos ini berkaitan dengan nama air terjun tersebut. Dinamakan demikian bukan hanya karena Jembatan Cirahong berada tak jauh dari air terjun.

Namun kata Rahong dalam bahasa setempat berarti kebohongan atau kepalsuan. Menurut mitos yang ada, masyarakat di kawasan air terjun ini tidak bisa berbohong.

Ketika terjadi pelanggaran, banyak orang beranggapan akan terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terlepas dari mitos tersebut, berbohong bukanlah hal yang baik dan tidak boleh dilakukan.

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Curug RahongFoto: Google Maps/Joko Kusnandi

Kawasan Wisata Curug Rahong terletak di Desa Kedaung, Desa Rengasjajar, Kecamatan Cigudeg, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Dari pusat kota jaraknya sekitar 35 kilometer atau waktu tempuh sekitar 1 jam 35 menit.

Jika Anda dari Tangerang, Anda bisa mengambil jalur Tangerang menuju BSD Serpong lalu Kelapa Nunggal-Rumpin-Sudamanik-Kampung Kedaung.

Sedangkan dari Jakarta bisa menuju Ciampea lalu dilanjutkan ke Cigudeg-Gua Gudawang-Sudamanik-Kampung Kedaung. Setibanya di kawasan wisata, kendaraan dapat diparkir di area yang telah ditentukan.

Perjalanan kemudian dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh 1,5 kilometer. Selama pendakian Anda akan melewati jembatan, pemukiman penduduk, jalan sepanjang persawahan dan jalan tepi sungai.

Biaya masuk wisata alam

Biaya masuk Curug Rahong Bogor hanya Rp 10.000 per orang. Biaya ini memungkinkan Anda untuk menikmati semua keindahan yang ditawarkan air terjun. Selain itu dikenakan biaya parkir sebesar Rp 15.000 per sepeda motor.

Perlu diketahui, pengelolaan wisata ini masih dilakukan secara gotong royong warga sekitar dan belum resmi dilakukan oleh pemerintah setempat. Mohon maklum jika biaya parkir lebih mahal dari tiket masuk.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas di Air Terjun RahongFoto: Google Maps/Ben7amen Lubis

1. Bermain air dan berenang

Setelah menempuh perjalanan panjang, Anda akan terkesima dengan suasana sejuk dan sejuk di sekitar air terjun. Saat melihat aliran air terjun dengan kolam alami di bawahnya, Anda pasti ingin segera merasakan kesegarannya.

Namun, sebaiknya berhati-hati jika ingin bermain atau berenang di air di Curug Rahong. Pasalnya, kolam di bawah air terjun ini memiliki kedalaman sekitar 2 hingga 3 meter. Jika tidak bisa berenang, sebaiknya bermain air di pinggir saja.

Perlu diketahui bahwa kedalaman air ini juga dipengaruhi oleh aliran air terjun. Saat air terjun sedang kering, Anda bisa bermain di kolam dengan lebih leluasa. Namun air terjun tersebut terlihat semakin indah bila airnya mengalir deras.

2. Menyelam tebing di Curug Rahong

Karena di sekitar Curug Rahong banyak terdapat tebing, biasanya ada pengunjung yang memanfaatkannya untuk melakukan cliff jump atau melompat dari atas tebing ke kolam di bawah air terjun.

Aktivitas ini sangat menantang karena tebingnya tingginya mencapai tiga meter. Jika Anda menyukai adrenalin dan pandai berenang, lompat tebing patut dicoba.

Setelah merasakan adrenalin yang terpacu, Anda bisa bersantai di air kolam air terjun yang menyegarkan.

3. Piknik dan nikmati udara segar

Setelah puas bermain air Curug Rahong Bogor, Anda bisa berjemur, piknik sambil menikmati segarnya udara di sekitar Anda. Kawasan air terjun yang masih alami membuat udara di sini sangat sejuk, hal sederhana yang jarang dirasakan di tengah kota.

Mereka bisa melepas penat dari hiruk pikuk perkotaan yang penuh kemacetan. Dengan duduk dan bersantai, Anda bisa menghilangkan kepenatan yang Anda rasakan selama berjalan jauh menuju air terjun.

4. Wisata kuliner

Apakah Anda lapar setelah bermain air atau berenang di kolam Curug Rahong? Anda bisa mengisi perut di warung makan terdekat.

Warung makan ini didirikan atas inisiatif dan kolaborasi masyarakat setempat. Oleh karena itu, menu yang ditawarkan biasanya merupakan masakan tradisional.

Di sinilah letak daya tariknya: Anda bisa menikmati makanan tradisional sambil menikmati pemandangan air terjun alami.

Sepertinya Anda benar-benar menyatu dengan alam, bukan? Selain makanan mengenyangkan, tersedia juga snack dan aneka minuman panas dan dingin.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun RahongFoto: Google Maps/Анастасия Полуянова

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, wisata alam ini masih dikelola bersama oleh masyarakat setempat. Maka tidak heran jika fasilitas yang diberikan masih terbatas.

Namun tidak perlu khawatir karena kawasan wisata Curug Rahong memiliki fasilitas yang cukup untuk memenuhi kebutuhan pengunjung.

Misalnya saja terdapat tempat parkir kendaraan dan toilet yang merupakan perlengkapan standar dan dapat digunakan oleh pengunjung.

Pihak pengelola pariwisata bahkan telah menyediakan bangku dan gubuk agar pengunjung dapat beristirahat dengan nyaman.

Warung makan juga telah didirikan di kawasan wisata, menawarkan berbagai macam makanan dan minuman yang mengundang Anda untuk mengisi bahan bakar.

Sementara pilihan orientasi masih terbatas dan kondisi jalan menuju lokasi juga kurang baik.

Dari sekian banyak tempat wisata alam indah di Bogor, Curug Rahong wajib masuk dalam daftarnya. Keunikan air terjun ini memberikan daya tarik tersendiri yang membedakannya dengan air terjun lainnya.

Selain itu, masih banyak aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di air terjun ini. Ayo rencanakan liburanmu sekarang!

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button