Berita Wisata

Keindahan Gunung Geureudong jarang terjamah

KBA.ONE, Redelong – Berada di ketinggian 2.885 meter di atas permukaan laut (mdpl), Gunung Geureudong di Kabupaten Bener Meriah, Aceh, merupakan salah satu tempat wisata alam yang masih alami karena jarang dijamah oleh para pendaki.

Berbeda dengan “teman-temannya”, Gunung Burni Telong selalu ramai dengan pendakian wisatawan, baik dari dalam maupun luar daerah. Padahal letaknya bersebelahan dan memiliki keindahan yang tak kalah menarik.

Biasanya masyarakat Gayo menyebut Gunung Geureudong dengan namanya “Burni Geureudong”.

Informasi Dikumpulkan KBA.ONE, Sebelumnya, kawasan ini sempat menjadi perbincangan, setelah ditemukannya bebatuan yang diyakini sebagai peninggalan kehidupan purba, yakni situs pemukiman megalitikum.

Gunung Burni Telong, Kabupaten Bener Meriah. | Foto: st.

Penasaran dengan keindahan Gunung Geureudong?

Jika ingin mendaki Gunung Geureudong, Anda bisa melewati Desa Bukit Mulie, Kecamatan Timang Gajah, Kabupaten Bener Meriah. Di sini, wisatawan akan dipandu menuju puncak oleh Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Bukit Mulie.

kata Presiden LPHD Bukit Mulia Yulia Indra trek Hingga Gunung Geureudong mencapai 10 kilometer, sepanjang perjalanan pendaki akan melihat hutan tropis sambil melihat berbagai tanaman, seperti anggrek dan pohon-pohon unik, salah satunya adalah berbagai bonsai lumut yang tumbuh di sekitar pepohonan dan tanah.

“Tentu itu menjadi nilai plus dan daya tarik tersendiri yang dimiliki Gunung Geureudong,” kata Yulia, Jumat, 2 Desember 2022.

Berdasarkan hasil investigasi kolaboratif yang dilakukan KLH Gayo dan LPHK Bukit Mulie, ditemukan data terkait beberapa satwa yang menghuni Gunung Geureudong, salah satunya satwa kunci yaitu gajah Sumatera. (Elephas Maximus Sumatranus) yang banyak terdapat di kawasan Gunung Geureudong.

Padang Savannah di Gunung Geureudong. | Foto: Instagram @zakiy_ruzty

Setelah lewat trek Panjangnya, tiba di ketinggian 2.400 mdpl, mata para pendaki akan disegarkan oleh padang savana yang terbentang seluas kurang lebih 4,8 hektar. Tempat ini sangat cocok sebagai spot foto yang menarik instagrammable.

“Tempat ini biasanya menjadi tujuan wisata untuk melihat langsung keberadaan gajah sumatera,” kata Yulia.

Jadi tunggu apalagi, ayo berwisata ke Gunung Geureudong, Bener Meriah! | SUCIKontributor Bener Meriah

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button